Katolikpedia.id

3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik

penampakan-bunda-maria-di-mesir

Katolikpedia.id – Tak terasa kita sudah memasuki pekan ketiga Bulan Mei, yang oleh Gereja Katolik ditetapkan sebagai Bulan Maria.

Tapi, Bulan Maria kali ini jauh berbeda. Kalau tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Maria seperti ini kita biasanya berdoa Rosario di rumah-rumah sesama umat Katolik, tahun ini kita tidak bisa melakukannya.

Meski demikian tak berarti kita berhenti berdoa Rosario. Devosi tersebut harus tetap kita lakukan, baik secara pribadi maupun bersama keluarga kecil kita, di rumah masing-masing. Karena kita percaya, Bunda yang terberkati selalu mendampingi kita.

Berbicara soal Bunda Maria memang tak ada habisnya. Ada banyak hal, mulai dari kisahnya dan kelahiran Yesus hingga penampakannya yang terjadi di dunia ini.

Beberapa mukjizat penampakkan Bunda Maria ini disinyalir sejalan dengan kondisi tempat di mana ia menampakan diri.  Beberapa di antaranya malah terjadi di negara di mana agama Katolik adalah minoritas.

Berikut adalah 3 penampakan Bunda Maria di negara minoritas Katolik:

Baca Juga: Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario

#1 Penampakan Bunda Maria di Zeitoun – Mesir

Pada sebuah petang 2 April 1968, ribuan pasang mata di kota kecil Zeitoun, Kairo, Mesir, terpaku ke kubah Gereja Koptik Ortodoks Perawan Maria di kota itu. Tepat di atas kubah, tampak sesosok perempuan berpakaian putih berkilauan.

Sebuah lingkaran putih mengelilingi kepalanya dan tampak beberapa ekor merpati terbang di sekitarnya saat ia bergerak. Dan asap berwarna ungu sangat harum tercium oleh orang-orang yang menyaksikan pemandangan langka petang itu.

penampakan-bunda-maria-di-mesir
Penampakan Bunda Maria di Mesir (Foto: egyptindependent.com)

Tiga jam lamanya orang-orang menyaksikan sosok rupawan tersebut dan banyak mukjizat penyembuhan terjadi di antara orang-orang yang menyaksikan. Peristiwa petang itu merupakan penampakan pertama dari sekian banyak peristiwa serupa selama empat tahun.

Pengunjung yang melihat peristiwa itu beragam, mulai dari orang yang tidak beragama sampai orang dari macam-macam agama, seperti Ortodoks, Katolik, Protestan, Islam dan Yahudi.

Mesir memiliki populasi penduduk sekitar 80 juta jiwa. Dari jumlah tersebut 88 persen di antaranya beragama Islam.

Sekarang, di dekat gereja tempat Bunda Maria menampakkan diri, telah dibangun sebuah Gereja Katedral. Dan setiap tahun ribuan peziarah dari seluruh dunia datang ke sana untuk mengikuti Misa dan berdoa.

#2 Penampakan Bunda Maria di Dong Lu, China

Tahun 1900, Dong Lu merupakan sebuah desa kecil miskin di  bagian utara China. Di daerah tersebut, berdiam sekitar seribu umat Kristiani.

Saat pemberotakan Boxer, Dong Lu jadi salah satu sasaran serangan karena para prajurit mau menghapus jejak-jejak kebudayaan Barat termasuk para pengikut Kristus.

Suatu petang pada April tahun itu, para prajurit datang untuk menyerang Dong Lu. Sekonyong-koyong tampak sesosok perempuan cantik berjubah putih muncul di langit. Cahaya terang mengelilingi perempuan itu.

Para prajurit mencoba menembaknya, tapi tak satu pun yang mengenainya. Tak lama berselang, seorang penunggang kuda berselubungkan lidah api turun mengusir mereka dari Dong Lu.

Penduduk desa yang luput dari serangan itu, ramai-ramai mengucap syukur dengan membangun sebuah gereja sederhana di tempat Bunda Maria menampakan diri.

Di situ ada seorang imam bernama Romo Wu. Ia meminta seorang pelukis untuk melukis Bunda Maria dan bayi Yesus. Gambar tersebut disimpan di gereja yang baru dibangun itu.

Pada tahun 1924, Santa Perawan Maria dari Dong Lu secara resmi diakui sebagai Santa Perawan Maria dari China dan tanggal 6 Mei dipilih sebagai hari peringatannya.

Baca Juga: Mujizat! Suster Ini Sembuh Setelah Berziarah ke Lourdes

penampakan-bunda-maria-di-dong-lu-china
Santa Perawan Maria dari China (Foto: miraclehunter.com)

Tahun 1951, gereja itu dihancurkan bersama dengan lukisan Bunda Maria dari China oleh pemerintah komunis China. Hingga sekarang, Gereja Katolik di China melakukan aktivitasnya dengan sangat terbatas bahkan bersembunyi.

Mei 1995, umat Katolik dari seluruh China datang ke Dong Lu untuk merayakan pesta Bunda Maria Penolong Umat Kristiani.

Sekitar 30.000 peziarah berkumpul di “Bukit Bunda Teberkati”. Misa itu dirayakan secara koselebrasi, dihadiri empat uskup dan 100 romo.

Setelah peringatan itu, pemerintah Cina menghancurkan tempat ziarah tersebut. Namun, setiap tahun tetap ada umat yang datang ke sana untuk ziarah dan berdoa.

#3 Penampakan Bunda Maria di Velankanni – India

Di India, jumlah penduduk yang memeluk agama Kristen hanya sekitar 2,3 persen. Itu pun terbagi lagi menjadi tiga yakni Katolik Kristen Siria dan Protestan. Mayoritas penduduk India memeluk agama Hindu, sekitar 79,8 persen.

Meski demikian,  salah satu penampakan Bunda Maria yang terkenal, berasal dari India. Gereja Katolik mengenalnya dengan perkataan, Annai Velankanni. Annai dalam bahasa Tamil berarti Bunda. Sementara Velankanni adalah nama sebuah desa.

penampakan-bunda-maria-di-velankannie
Bunda Maria Velankanni (Foto: velankanni.com)

Desa ini terletak di daerah Tamil Nadu, India Selatan. Nama Annai Velankanni merujuk pada peristiwa penamapan Bunda Maria, di desa Velankanni. Peristiwa ini terjadi pada abad-16.

Bunda Maria menampakkan diri kepada seorang anak beragama Hindu, yang sehari-hari bekerja sebagai gembala. Peristiwa itu terjadi di jalan Anna Pillai di Velankanni. Penampakan ini dicatat sebagai penampakan Bunda Maria yang pertama.

Penampakan kedua terjadi beberapa tahun kemudian. Ketika itu Bunda Maria menampakkan diri kepada seorang janda miskin dan anak laki-lakinya yang lumpuh,  masih di desa Velankanni.

Sementara penampakan ketiga terjadi pada abad ke-17. Waktu itu, sebuah kapal dagang Portugis terperangkap badai besar di teluk Bengal, dalam pelayaran mereka dari Macao di China menuju Colombo di Ceylon.

Karena tak kuat menghadapi badai, mereka berdoa mohon bantuan Perawan Suci di bawah nama Stella Maris atau Bintang Lautan untuk menyelamakan mereka. Mereka berjanji bakal membangun gereja dengan namanya, di tempat mereka berhasil mendarat.

Tak lama berselang, lautan yang bergelora mulai tenang. Kapal mereka kemudian mendarat di dekat pantai Vailankanni pada 8 September, tepat pada Pesta Kelahiran Bunda Maria.

Memenuhi janji, para pelaut portugis tersebut, merenovasi kapel jerami yang dibuat oleh orang katolik di Nagapattinam menjadi sebuah kapel dengan susunan batu yang indah.

Inilah tiga penampakan Bunda Maria di Negara, di mana agama Katolik adalah agama minoritas. Umumnya, penampakan Bunda Maria terkait dengan situasi umat Katolik, yang sedang mengalami kesulitan atau tertindas.

Di bulan Mei ini mari kita sama-sama giat mendaraskan doa Rosario, mohon penyembuhan dari Tuhan melalui Bunda Maria, agar pandemi covid-19 segera berakhir.

NB: Ikuti update berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya. Jangan lupa Like, Share, Comment dan Subsribe ya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Sadis! Pria Ini Menyiram Minuman ke Altar Saat Konsekrasi

Edeltrudizh

Panduan Novena Santa Anna untuk Mohon Keturunan dan Keselamatan Bayi dalam Kandungan

Tiwie Pert

Ini Deretan Aktor Pemeran Tokoh Yesus. Ada Juga yang Muslim

Edeltrudizh

2 comments

Doa bukan sekadar Teriakan dan Nyanyian. Doa adalah Jiwa dari Relasi kita dengan Tuhan | Katolikpedia.id May 28, 2020 at 4:33 pm

[…] BACA: 3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik […]

Reply
Sejumlah Tempat Mukjizat Ekaristi Ini Bisa Menjadi Tujuan Ziarah Rohanimu. Dimana Saja? July 8, 2020 at 2:12 pm

[…] Baca Juga: 3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik […]

Reply

Leave a Comment