Katolikpedia.id

Ini Deretan Aktor Pemeran Tokoh Yesus. Ada Juga yang Muslim

film-tentang-yesus

Katolikpedia.id – Ada beberapa aktor Hollywood yang pernah memerankan sosok Yesus dalam sebuah film. Tak hanya memerankan sosok Yesus sederet aktor ini juga ikut menorehkan pesan-pesan positif  lewat karya-karya mereka yang bisa menguatkan iman kita sebagai umat Katolik.

Berikut adalah 5 aktor pemeran tokoh Yesus dalam film rohani Katolik yang cukup menginspirasi sejak kemunculannya hingga hari ini.

#Brian Deacon – The Jesus (1979)

Brian Deacon adalah aktor berkebangsaan Inggris yang sukses memerankan tokoh Yesus dalam film yang berjudul The Jesus. Film yang diadopsi dari injil Lukas ini dirilis pada tahun 1979.

aktor-pemeran-yesus
(Foto : imdb.com)

Kesempatan Brian Deacon untuk memerankan sosok Yesus dalam film yang diproduseri oleh John Heyman tersebut, harus melalui proses yang cukup panjang.

Aktor kelahiran 13 Februari 1949 ini harus melewati proses casting, di mana ia mesti bersaing dengan 263 aktor lainnya. Wow, sebuah perjuangan sulit juga ya.

Lolos casting bukan berarti proses selanjutnya mulus-mulus saja. Dalam sebuah wawancara, Brian mengakui bahwa selama masa persiapan, kesehariannya lebih banyak ia gunakan untuk membaca injil. Bahkan ia membaca Injil Lukas lebih dari 20 kali.

Brian mengaku dirinya bukan seorang pengikut Kristus yang taat. Namun, melalui perannya itu ia berusaha semaksimal mungkin untuk ikut merasakan apa yang dirasakan Yesus, ketika Ia menjalani hukuman mati.

Ternyata, usaha dan kerja kerasnya berbuah manis. Bisa dibilang Brian adalah salah satu aktor yang sukses memerankan tokoh Yesus.

Film The Jesus ini sudah ditonton jutaan kali dan bisa dikategorikan sebagai salah satu film tentang Yesus paling fenomenal. Meski tergolong film lama buktinya film tersebut masih menarik untuk ditonton.

Potongan-potongan dari film ini pun lebih sering digunakan oleh umat Katolik untuk katekese rohani, seperti ilustrasi untuk lagu rohani, renungan dan sebagainya.

#Jim Caviezel – The Passion of The Christ (2004)

Aktor berikutnya adalah Jim Caviezel. Berbeda dengan Brian Deacon, Jim Caviezel tak mengikuti proses casting dan tidak kesulitan untuk mendapatkan peran tersebut. Ia justru mendapatkan tawaran langsung dari sang sutradara, Mel Gibson.

Ya, Mel Gibson sendiri yang menawarkan peran tersebut, karena ia dinilai cocok untuk memerankan tokoh Yesus dalam konsep film yang dirancangnya. Tapi selang sehari, usai ditawari peran luar biasa itu, Mel Gibson meminta Jim Caviezel untuk menolak tawarannya itu.

Alasannya, karena menurut Mel Gibson jika ia memerankan sosok Yesus maka karirnya ke depan akan anjlok dan redup. Sebab, pasti banyak pihak tidak menyukainya.

aktor-pemeran-yesus
(Foto : vanityfair.com)

Namun, Jim Caviezel tetap pada pendiriannya dan tetap memantapkan hati untuk melanjutkan projek tersebut. Baginya, ini adalah bagian dari dirinya untuk memanggul salib sebagai seorang Katolik.

“Kita semua dipanggil untuk memikul salib. Jika kita tidak mengambil dan memikulnya, maka kita akan disalibkan dengan beban itu,” ujar pria yang juga pernah berperan dalam film Paul, Apostle of Christ itu.

Sejak pertama kali ditawari untuk membintangi film The Passion of The Christ, Mel Gibson sama sekali tak menyangka jika usia Jim Caviezel saat itu adalah 33 tahun. Catatan usia ini mirip dengan usia Yesus ketika wafat di kayu salib.

Tak hanya itu, inisial nama Jim Caviezel pun sama seperti inisial nama Yesus dalam bahasa Inggris, yakni Jesus Christ, JC.

Di luar kontroversi film The Passion of The Christ yang dibintanginya itu, Jim Caviezel tak hanya menghibur penonton dengan totalitas perannya tapi juga memperkokoh imannya.

Salah satu kejadian yang cukup menyentuh adalah saat ia dicambuk. Ketika diwawancarai Scott Ross, actor yang kini berusia 51 tahun ini mengatakan jika salah satu cambukan dalam adegan film tersebut benar-benar mengenai tubuhnya. Saat itu Jim benar-benar merasa kesakitan luar biasa.

Di momen itu pula terlintas di benaknya penyesalan atas segala kelalaiannya sebagai seorang manusia biasa.

“Ketika dicambuk itu, saya memikirkan segala dosa-dosa saya. Intinya adalah, saya tidak layak memerankan ini,” kata Jim Caviezel.

Kesungguhan pria kelahiran 26 September 1968 dalam memerankan tokoh Yesus dalam film The Passion of The Christ, bukan semata-mata ingin menaikan popularitasnya.

Ia hanya ingin agar penonton yang menikmati film tersebut tak melihatnya sebagai seorang Jim Caviezel tapi sebagai Yesus yang benar-benar menderita dan berkorban demi cinta-Nya yang luar biasa kepada kita.

Berkat film The Passion of The Christ, nama Jim Caviezel dikenang hingga kini. Pada tahun 2004, tahun yang sama ketika film tersebut dirilis, Jim Caviezel beserta istrinya berkesempatan untuk berjumpa dengan Paus Yohanes Paulus II.

Dalam pertemuan itu, Bapa Suci menanyakan Jim tentang film The Passion of The Christ yang dibintanginya itu. Jim juga mendapatkan berkat khusus dari Paus Yohanes Paulus II.

Baca Juga : 3 Film Katolik tentang Sejumlah Santo/a ini Harus Kamu Tonton

#Diogo Morgado – Son of God (2014)

Diogo Morgado adalah actor berkebangsaan Portugis yang juga memerankan sosok Yesus dalam film Son of God. Film ini dirilis pada tahun 2014 silam.

Kehadiran Diogo Morgado dalam film Son of God sempat menimbulkan kontroversi dari beberapa kritikus film dan juga netizen.

Aktor beparas tampan ini dinilai tak pantas memerankan sosok Yesus karena postur tubuhnya yang berisi dan seksi. Saat film Son of God dirilis, netizen ramai-ramai membanjiri twitter dengan hastag #HotJesus.

aktor-pemeran-yesus
(Foto : tempo.com)

Diogo Morgado dinilai terlalu tampan sehingga perannya itu justru menghilangkan nilai religius yang harusnya jadi pesan utama dalam film garapan Christopher Spencer ini.

Perhatian penonton justru dibuat lebih fokus pada wajah serta postur tubuh sang actor. Ini tentunya berbanding terbalik dengan sosok Yesus yang kita kenal selama ini.

Namun, ayah dua anak ini membantah semua kritikan pedas itu. Menurutnya, ia hanya ingin menampilkan sosok Yesus yang benar-benar menderita dan sama sekali tak ingin penampilannya itu mengalihkan perhatian penonton.

“Jika pesan Yesus adalah cinta, harapan, kasih, dan saya diberi kesempatan untuk menyampaikan hal itu kepada lebih banyak orang di luar sana, dengan menjadi Yesus yang lebih menarik, maka saya merasa senang dengan hal itu”

“Ada banyak orang dan lebih, khususnya anak-anak di luar sana, yang mungkin belum mengenal sosok Yesus dengan baik. Jadi, film Son of God adalah sarana bagi mereka untuk memahami siapa itu Yesus, mengapa Dia harus menderita, dan mengapa namanya selalu disebut dalam Alkitab.”

“Saya dibesarkan sebagai seorang Kristiani dan saya selalu memikirkan Yesus dalam setiap momen karena saya tahu Yesus selalu ada di samping saya.

“Yesus selalu bersama kita. Tapi saat ini saya jarang melihat sosok Yesus seperti itu dalam dunia digital. Jadi, lewat film tersebut saya merasa inilah kesempatan bagi saya untuk menunjukan sosok Yesus yang begitu dekat dengan kita sebagai umat-Nya” ujar sang aktor.

# Haaz Sleiman – Killing Jesus (2015)

Aktor Haaz Sleiman bisa dikatakan sebagai salah satu aktor yang mendapatkan protes paling banyak dari netizen. Hal ini karena ia seorang Muslim tapi justru dipercaya untuk  memainkan tokoh Yesus dalam film Killing Jesus, yang rilis pada 2015.

Lewat Killing Jesus, nama Haaz Sleiman makin dikenal di dunia Hollywood. Aktor berdarah Lebanon ini bersyukur karena ia diberi kesempatan untuk memerankan tokoh penting dalam ajaran umat Kristiani. Bagi Sleiman di dalam ajaran agama Islam, mereka pun mengenal Yesus sebagai seorang nabi.

 “Yesus adalah milik kita semua”. Dalam Islam kami percaya bahwa Yesus adalah seorang nabi dan kami pun menghormati dia”

“Banyak orang tidak tahu bahwa sebagai orang yang dibesarkan dalam ajaran Muslim, itu suatu kehormatan bagi saya untuk memerankan sosok Yesus dalam film ini”

aktor-hollywood-pemeran-yesus
(Foto : youtube.com)

“Secara pribadi, saya sangat bersyukur dibentuk oleh ajaran-Nya. Saya tidak bisa berbicara kepada Yesus  tetapi saya bisa mengutip ajarannya yakni ‘Cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri’”.

Pernyataan aktor yang lahir pada 1 Juli 1976 ini makin menuai kontroversi. Banyak pihak menentang pernyataannya yang mengatakan ‘Yesus adalah milik kita semua’. Nah, bagaimana pendapat sahabat Katolikpedia tentang pernyataan Haaz Sleiman ini?

Baca Juga : Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik

#Adam Greaves-Neal – The Young Messiah (2016)

Di tahun 2016, Adam Greaves-Neal hadir dalam film The Young Messiah. Seperti judulnya, film ini lebih mengulas tentang masa kecil Yesus bersama Yusuf dan Maria sebagai orangtuanya.

Aktor cilik asal Inggris ini memerankan sosok Yesus kecil yang menjalani keseharian sebagai anak-anak pada umumnya.

 Jadi, dalam The Young Messiah kita tidak menemukan fragmen ketika Yesus disalib. Tapi kita lebih menemukan sosok Maria yang diperankan oleh Sara Lazzaro dan Yosep yang diperankan oleh Vincent Walsh dalam mengasuh dan membesarkan Yesus.

adam-freaves-pemeran-tokoh-yesus-kecil
(Foto : cinemaclock.com)

Itulah sederet aktor yang pernah memerankan sosok Yesus. Apakah kamu sudah menonton film-film yang sudah kami sebutkan tadi?

Kalau belum, silakan luangkan waktumu di pekan suci 2020 ini untuk menonton film-film ini. Semoga lewat peran para tokoh ini bisa membantu kamu untuk semakin menghayati Paskah 2020 yang berlangsung di tengah ancaman wabah covid-19.

NB : Ikuti update berita Katolik lainnya di channel youtube Katolik Pedia ya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Buat Kamu yang Sedang Mencari Pekerjaan, Berdoalah Lewat Santo Ini

Tiwie Pert

Ini Kesaksian Iman tentang Kekuatan Rosario dari Pebasket Filipina, Jeff Chan. Simak Ceritanya!

Steve Elu

Sadis! Seseorang Merusak Patung Bunda Maria, dan Kepala Patung Hilang sampai Sekarang

Tiwie Pert

1 comment

Salib Corona harus Dipanggul Bersama | Katolikpedia.id April 10, 2020 at 4:44 pm

[…] BACA JUGA: Ini Deretan Aktor Pemeran Tokoh Yesus. Ada Juga yang Muslim […]

Reply

Leave a Comment