Ini 5 Mazmur Berisi Doa Mohon Kesembuhan untuk Pribadi dan Sesama yang Sakit

Katolikpedia.id – Sakit adalah pengalaman yang tidak mengenakan sama sekali; entah sakit itu menimpa diri sendiri atau sanak keluarga dan kenalan. Campur tangan Tuhan lewat doa mohon kesembuhan bisa jadi bagian dari usaha kita untuk sembuh.

Di bulan September ini, dimana Gereja Katolik merayakannya sebagai Bulan Kitab Suci Nasional, kita perlu menjadikan Kitab Suci sebagai pedoman hidup kita.

Kitab Suci adalah inspirasi iman baik untuk doa-doa seperti doa mohon kesembuhan, maupun sebagai terang untuk arah langkah hidup kita. Kitab Mazmur adalah salah satu bagian dari Kitab Suci yang menawarkan permenungan-permenungan yang sangat sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan bahasa yang lugas dan penuh ekspresif, Mazmur dapat mewakili perasaan mereka yang sedang sakit untuk berdoa mohon kesembuhan kepada Tuhan.

BACA: Saat Cemas Melanda, 7 Ayat Alkitab Tentang Kecemasan Ini Bisa Kamu Renungkan

Sebetulnya, dalam ayat-ayat Alkitab ada banyak sekali yang berbicara tentang doa mohon kesembuhan.

Tapi di sini Katolikpedia cantumkan 5 Mazmur yang menurut kami dapat mewakili perasaan kita semua untuk doa mohon kesembuhan ketika kita sedang sakit dan minta pertolongan Tuhan.

1. Mazmur 13:2-6

Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus. Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku? Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?

Pandanglah kiranya, jawablah aku, ya TUHAN, Allahku! Buatlah mataku bercahaya, supaya jangan aku tertidur dan mati, supaya musuhku jangan berkata: “Aku telah mengalahkan dia, dan lawan-lawanku bersorak-sorak, apabila aku goyah.

Tetapi aku, kepada kasih d setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

2. Mazmur 16:1-16

Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung. Aku berkata kepada TUHAN: “Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!” Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.

Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku.

Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku.

Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

3. Mazmur 28:1-9

Kepada-Mu, ya TUHAN, gunung batuku, aku berseru, janganlah berdiam diri terhadap aku, sebab, jika Engkau tetap membisu terhadap aku, aku menjadi seperti orang yang turun ke dalam liang kubur.

Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong, dan mengangkat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus. Janganlah menyeret aku bersama-sama dengan orang fasik ataupun dengan orang yang melakukan kejahatan, yang ramah dengan teman-temannya, tetapi yang hatinya penuh kejahatan.

Ganjarilah mereka menurut perbuatan mereka dan menurut kelakuan mereka yang jahat; ganjarilah mereka setimpal dengan perbuatan tangan mereka, balaslah kepada mereka apa yang mereka lakukan.

Karena mereka tidak mengindahkan pekerjaan TUHAN dan perbuatan tangan-Nya; Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi. Terpujilah TUHAN, karena Ia telah mendengar suara permohonanku.

TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya. TUHAN adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi orang yang diurapi-Nya!

Selamatkanlah kiranya umat-Mu dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka untuk selama-lamanya.

4. Mazmur 119: 159-176

Lihatlah, betapa aku mencintai titah-titah-Mu! Ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu. Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

Pembesar-pembesar mengejar u aku tanpa alasan, tetapi hanya terhadap firman-Mu hatiku gemetar. Aku gembira w atas janji-Mu, seperti orang yang mendapat banyak jarahan. Aku benci dan merasa jijik terhadap dusta, tetapi Taurat-Mu kucintai.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu a yang adil. Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka. Aku menantikan keselamatan d dari pada-Mu, ya TUHAN, dan aku melakukan perintah-perintah-Mu.

Aku berpegang pada peringatan-peringatan-Mu, dan aku amat mencintainya. Aku berpegang pada titah-titah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu, sebab seluruh hidupku terbuka di hadapan-Mu.

Biarlah teriakku sampai ke hadapan-Mu, ya TUHAN; berilah aku pengertian sesuai dengan firman-Mu. Biarlah permohonanku datang ke hadapan-Mu; lepaskanlah aku sesuai dengan janji-Mu. Biarlah bibirku mengucapkan puji-pujian, sebab Engkau mengajarkan ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Biarlah lidahku menyanyikan janji-Mu, sebab segala perintah-Mu benar. Biarlah tangan-Mu menjadi penolongku, sebab aku memilih titah-titah-Mu.

Aku rindu kepada keselamatan u dari pada-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku. Biarlah jiwaku hidup, supaya memuji-muji Engkau, dan biarlah hukum-hukum-Mu menolong aku. Aku sesat seperti domba yang hilang 25 , carilah hamba-Mu ini, sebab perintah-perintah-Mu tidak kulupakan.

5. Mazmur 55:1-16

Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud. Berilah telinga, ya Allah, kepada doaku, janganlah bersembunyi terhadap permohonanku!

Perhatikanlah aku dan jawablah aku! Aku mengembara dan menangis karena cemas, karena teriakan musuh, karena aniaya orang fasik; sebab mereka menimpakan kemalangan kepadaku, dan dengan geramnya mereka memusuhi aku.

Hatiku gelisah, kengerian maut telah menimpa aku. Aku dirundung takut dan gentar, perasaan seram meliputi aku. Pikirku: “Sekiranya aku diberi sayap seperti merpati, aku akan terbang dan mencari tempat yang tenang, bahkan aku akan lari jauh-jauh dan bermalam di padang gurun. Aku akan segera mencari tempat perlindungan terhadap angin ribut dan badai.”

Bingungkanlah mereka, kacaukanlah percakapan mereka, ya Tuhan, sebab aku melihat kekerasan dan perbantahan dalam kota! Siang malam mereka mengelilingi kota itu di atas tembok-temboknya, dan di dalamnya ada kemalangan dan bencana; penghancuran ada di tengah-tengahnya, di tanah lapangnya tidak habis-habisnya ada penindasan dan tipu.

Kalau musuhku yang mencela aku, aku masih dapat menanggungnya; kalau pembenciku yang membesarkan diri terhadap aku, aku masih dapat menyembunyikan diri terhadap dia.

Tetapi engkau orang yang dekat dengan aku, temanku dan orang kepercayaanku: kami yang bersama-sama bergaul dengan baik, dan masuk rumah Allah di tengah-tengah keramaian.

Biarlah maut menyergap mereka, biarlah mereka turun hidup-hidup ke dalam dunia orang mati! Sebab kejahatan ada di kediaman mereka, ya dalam batin mereka. Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.

Inilah 5 Mazmur yang dapat membantu kita untuk menyampaikan ujud kita kepada Tuhan, terutama di saat kita sedang sakit atau kesulitan. Mazmur-mazmur ini juga bisa teman-teman gunakan untuk doa mohon kesembuhan ketika saudara atau kerabat sedang sakit.

Catatan: Katolikpedia.id mengadakan program #TravelRohani untuk mendokumentasikan arsitektur gereja dan kegiatan-kegiatan lintas iman. Silakan dukung program kami dengan SUBSCRIBE ke youtube Katolik Pedia. Berikut ini adalah salah satu vedeonya:

4,027 total views, 6 views today

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *