Katolikpedia.id

Ini Doa yang Sangat Cocok Kita Doakan di Depan Gua Natal Setelah Misa

Katolikpedia.id – Perayaan Natal yang kita siapkan selama sebulan terakhir melalui Masa Adven akhirnya tiba. Malam ini kita merayakan Malam Natal. Setelah ikut Misa, pastilah kita ingin berdoa di depan gua Natal. Tapi bingung, doa apa yang harus kamu daraskan?

Kandang Natal adalah simbol anamnesis (menghadirkan kembali) akan peristiwa kelahiran Yesus di kandang Betlehem yang terjadi beribu tahun silam. Kandang Natal adalah simbol kedatangan Kristus di masa lalu, sekarang dan yang akan datang.

Jika kandang Natal adalah anamnesis akan peristiwa iman, maka ia bukan sekadar hiasan di sudut gereja dengan lampu gemerlap lalu ditinggal begitu saja seusai Misa.

Tiap-tiap umat hendaknya menyisihkan waktu untuk berdoa di depan gua Natal. Doa itu sebagai perjumpaan antara kedangan Kristus dan kesiapan kita untuk memberi tempat kepada-Nya di dalam hati kita.

BACA JUGA: Jadwal Misa Natal dan Tahun Baru Paroki-paroki di Jakarta Selatan dan Tangerang

Nah, bagi kamu yang besok malam ingin berdoa di depan kandang Natal, doakan saja doa ini yang lengkap dengan permohonan pribadi.

Doa atau Novena Kanak-Kanak Yesus (1)

Yesus terkasih, Kanak-kanak Kudus dari Praha, betapa Engkau mengasihi kami dengan lemah lembut. Sukacita-Mu yang terbesar adalah tinggal di antara kami dan melimpahkan berkat-Mu atas kami. Meski aku tak pantas mendapatkan pertolongan-Mu, aku merasa terpikat kepada-Mu oleh kasih, sebab Engkau baik hati dan penuh belas kasihan.

Begitu banyak yang berpaling kepada-Mu dengan penuh kepercayaan telah menerima dan mendapati permohonan-permohonan mereka dikabulkan. Pandanglah aku sementara aku datang di hadapan-Mu, membuka hatiku kepada-Mu dengan doa-doa dan pengharapan. Aku haturkan kepada-Mu secara istimewa permohonan ini, yang aku percayakan kepada Hati-mu yang penuh belas kasih: (sebutkan permohonan).

Merajalah atasku, ya Kanak-kanak Yesus terkasih, dan lakukanlah kepadaku dan kepada milik kepunyaanku seturut kehendak-Mu yang kudus, sebab aku tahu bahwa dalam kebijaksanaan dan kasih ilahi-Mu, Engkau akan mengatur segala sesuatunya demi yang terbaik. Janganlah kiranya Engkau menarik tangan-Mu daripadaku, melainkan lindungilah dan berkatilah aku selamanya.

Aku berdoa kepada-Mu, ya Kanak-kanak Yesus yang mahakuasa dan pengasih, demi masa kanak-kanak-Mu yang kudus, dalam nama BundaMu Maria yang Tersuci, yang merawat-Mu dengan kelemah lembutan begitu rupa, dan dengan penghormatan mendalam kepada St Yosef yang menggendong-Mu dalam pelukannya, sudi tolonglah aku dalam kesulitanku. Ijinkanlah aku mengecap bahagia sejati bersama Engkau, ya Kanak-kanak Kudus terkasih, sekarang dan dalam keabadian, dan aku akan mengucap syukur kepada-Mu untuk selama-lamanya dengan segenap hatiku. Amin.

Doa atau Novena Kanak-Kanak Yesus (2)

Yesus, Engkau bersabda, “Mintalah maka kamu akan menerimanya, carilah maka kamu akan menemukan, ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu”. Dengan perantara Bunda Maria, Bunda-Mu yang tersuci, aku mengetuk, aku mencari, aku memohon kabulkanlah doaku.

(Ujud permohonan …….)

Yesus, Engkau bersabda, “Semua yang kau mohon atas nama-Ku Bapa akan mengabulkan-Nya”. Dengan perantara Bunda Maria, Bunda-Mu yang tersuci, dengan rendah hati, dengan sangat aku memohon kepada Bapa-Mu demi nama-Mu, kabulkanlah doaku.

(Ujud permohonan …….)

BACA: Membuat Pohon Natal di Rumah: Enaknya Beli atau Bikin Sendiri?

Yesus, Engkau bersabda, “surga dan bumi akan lenyap,tetapi sabda-Ku tidak akan lenyap”. Dengan perantara Bunda Maria, Bunda-Mu yang suci, aku yakin bahwa doaku akan dikabulkan.

(Ujud permohonan …….).

Inilah doa yang bisa kamu doakan di depan gua Natal. Semoga Natal kali ini membawa perubahan dalam hidup kita dan membawa berkat buat hari-hari kita nanti.

NB: Katolikpedia.id sedang menjalankan Program TravelRohani yakni mendokumentasikan arsitektur gereja dan kegiatan-kegiatan keagamaan. Mohon dukungan Anda dengan cara SUBSCRIBE, LIKE, SHARE, dan COMMENT video berikut ini.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Semua Agama Mengajarkan Umatnya Hidup Rukun dan Damai

Fr Andreas Anggit W.

Gereja dan Booming Live Streaming

Pastor Doddy Sasi CMF

Mau Punya Motivasi Berdoa Rosario? Inilah Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh

Tiwie Pert

Leave a Comment