Katolikpedia.id

Daya Pikat Kitab Suci sebagai Cerita yang Enak Dibaca dan Mudah Dipahami

Resensi Buku Hortensius F Andaru

Katolikpedia.id – Tidak sedikit dari umat Katolik yang merasa berat ketika disuruh membaca Kitab Suci. Itu karena kita terbebani dengan isi Kitab Suci sebelum membacanya. Tapi bagaimana jadinya kalau yang kita tanam dalam benak adalah membaca Kitab Suci sebagai cerita.

Kita tumbuh dalam kultur masyarakat lisan. Sejak kecil kita banyak mendengarkan cerita, bahkan nilai-nilai tentang hidup sampai ke telinga kita dalam bentuk cerita.

Maka sudah pasti kita sangat akrab dengan yang namanya cerita. Daya ingat kita akan lebih mudah menyimpan cerita dari pada pengajaran serius dan kaku.

BACA : Mengerti Karakter Kegembalaan Kardinal Suharyo Melalui Pesan-pesan Ini

Sebetulnya, Kitab Suci juga merupakan sebuah cerita. Pengajaran, peneguhan, dan petunjuk dalam keseluruhan Kitab Suci banyak diantaranya disampaikan dalam bentuk cerita.

Tapi, bagaimana memahaminya? Buku “Daya Pikat & Daya Ubah Cerita Alkitab” sangat membantu kita untuk memahami Kitab Suci sebagai cerita. Buku ini menuntun kita untuk menelusuri isi Alkitab dengan frame berpikir cerita.

Dalam bahasa eksegese, pendekatan ini disebut tafsir naratif. Buku yang ditulis oleh Hortensius F. Mandaru ini disusun untuk membantu kita dalam membaca cerita-cerita Kitab Suci dan bagaimana kita secara aktif dan kreatif memahami cerita-cerita tersebut.

Buku ini dalam hemat saya menyajikan bukan hanya sebuah penjelasan bagaimana membaca Kitab Suci sebagai sebuah cerita saja, tapi juga mengarahkan kita untuk terlibat dalam cerita itu sendiri.

Hal itu tampak dari cara pembaca dituntun untuk memahami konteks narator, aktor, peristiwa, adegan, dan reaksi pendengar. Penjelasan tentang hal ini disertai contoh-contoh perikop Kitab Suci sehingga memudahkan kita untuk mencerna apa yang dimaksud oleh penulis.

Di akhir setiap bab juga disediakan lembaran latihan, di mana kita bisa memilih ayat Kitab Suci tertentu kemudian melakukan pendekatan tafsir naratif terhadap teks tersebut.

BACA JUGA: Tinggalkan Profesi Guru dan Masuk Biara, Suster ini Setia Melayani Para Tahanan yang Dihukum Mati

Jika kita bisa membaca dan memahami dengan baik penjelasan dalam buku ini, maka kita akan mudah untuk mengidentifikasi pesan-pesan yang ada dalam Kitab Suci.

Dengan demikian, Kitab Suci bukan lagi sebuah bacaan berat dan membebani tapi sebuah cerita yang dengan mudah kita timba nilai-nilainya untuk kehidupan kita.

Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh komunitas-komunitas kecil yang mencoba untuk memahami Kitab Suci sebagai Kabar Gembira yang membawa kita kepada sukacita surgawi.

Daya Pikat & Daya Ubah Cerita Alkitab

Judul: Daya Pikat & Daya Ubah Cerita Alkitab
Penulis: Hortensius F. Mandaru
Penerbit: PT Kanisius, 2019
Tebal: 143 halaman

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Berdoalah Mohon Penyembuhan Allah dengan Mazmur Ini

Tiwie Pert

Pesan Paus Fransiskus : Maafkanlah dan Kasihi Musuhmu

Edeltrudizh

Mengapa Umat Katolik Percaya Salib? Jawaban untuk Mereka yang Belum Percaya

Admin

1 comment

Apa Itu Doa Syafaat dan Bagaimana Gereja Katolik Menjalankannya? | Katolikpedia.id April 22, 2020 at 2:27 am

[…] BACA: Daya Pikat Kitab Suci sebagai Cerita yang Enak Dibaca dan Mudah Dipahami […]

Reply

Leave a Comment