Katolikpedia.id

Ada Banyak Sebutan untuk Bunda Maria. Bagaimana Cara Berdoa Sesuai Sebutan Itu?

Resensi Buku Hendak Berlindung 40 Ibadat Doa Rosario

Katolikpedia.id – Dalam Gereja Katolik, kita mengenal banyak sekali sebutan untuk Bunda Maria. Sebutan-sebutan itu menyasar sikap iman yang ditunjukkan oleh Bunda Maria.

Beberapa sebutan untuk Bunda Maria cukup populer seperti Ratu Rosario, Maria Perawan dan Bunda Allah, Bunda yang Berbelaskasih, Bunda Pemersatu, dan masih banyak lagi.

Setiap sebutan itu mempunyai maknanya sendiri. Kadangkala sebutan itu datang dari komunitas tertentu, yang mencoba menghayati salah satu keutamaan dalam hidup Bunda Maria.

Dengan begitu banyak sebutan untuk Bunda Maria itu, kita harus harus bersikap seperti apa? Apakah cukup kita simak sebagai pengetahuan iman?

BACA: Menyelami Sosok Bunda Maria dan Keistimewaannya dalam Gereja Katolik

Buku “Hendak Berlindung; 40 Ibadat Doa Rosario” karya RD. Fransiskus Emanuel da Santo menawarkan pendekatan yang berbeda. Buku kecil ini justru menunjukan kepada kita cara berdoa sesuai dengan sebutan-sebutan untuk Bunda Maria yang kita kenal itu.

Dalam buku ini terdapat 40 sebutan untuk Bunda Maria, lengkap dengan panduan Ibadat Doa Rosario. Ini tentu sangat membantu kita untuk menghayati sapaan-sapaan untuk Bunda Maria, sekaligus merenungkannya dalam doa-doa kita.

Resensi Buku Katolikpedia Terbitan Kanisius

Dalam setiap panduan ibadat, sudah dilengkapi dengan doa pembuka, pengantar, renungan setelah bacaan, doa umat, dan doa penutup.

Hemat saya, buku ini sangat membantu kita yang sedikit kikuk ketika harus menyusun doa sendiri. Atau, doa dan renungan yang ada dalam buku ini dapat kita gunakan sebagai acuan untuk kita kembangkan sesuai kebutuhan kita.

Bagi pengurus lingkungan, prodiakon, dan pengurus wilayah dalam Gereja Katolik, sangat perlu untuk memiliki buku ini. Setidaknya buku ini dapat menjadi referensi ketika kita harus memimpin doa atau ibadat di lingkungan atau wilayah.

BACA JUGA: Daya Pikat Kitab Suci sebagai Cerita yang Enak Dibaca dan Mudah Dipahami

Kelompok-kelompok kategorial, apalagi kelompok yang mengemban spirit Bunda Maria, perlu menjadikan buku ini sebagai panduan doa bagi kelompok atau komunitasnya.

Renungan-renungan singkat yang disajikan dalam buku ini juga disampaikan dengan bahasa yang sangat lugas dan sederhana, sehingga mudah untuk kita pahami.

Prinsipnya adalah melalui doa-doa dan sapaan untuk Bunda Maria tersebut, kita belajar untuk semakin memahami kemuridan Bunda Maria dan menjadikan spirit hidupnya sebagai terang hidup kita juga.

Seperti kata Mgr Gabriel Manek SVD, Uskup pribumi pertama dari Nusa Tenggara Timur dan Pendiri Kongregasi Suster Putri Renha Rosari (PRR), “MARIA sungguh ibu kita, ia memahami rahasia hidup dan dambaan hati kita untuk mengikuti jejak Yesus, Putranya, secara sempurna. Pada diri Maria, ada jalan terbaik untuk pergi kepada Yesus”.

Silakan dukung Katolikpedia.id dengan SHARE video berikut ini:

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario

Tiwie Pert

Mengerti Karakter Kegembalaan Kardinal Suharyo Melalui Pesan-pesan Ini

Steve Elu

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua

Edeltrudizh

Leave a Comment