Katolikpedia.id

Kabar Gembira! Di Italia, Misa di Gereja Sudah Diperbolehkan

Misa di Gereja Diperbolehkan

Katolikpedia.id – Kabar gembira akhirnya diterima Gereja Katolik Italia. Misa di gereja sudah boleh dilaksanakan seperti sebelum lockdown akibat virus corona.

Pekan lalu, sempat terjadi ketegangan antara para uskup di Italia dan pemerintah setempat terkait hal ini. Ketika itu, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan bahwa sejumlah aktivitas di Italia sudah boleh dilakukan kembali.

Namun, dalam pengumuman tersebut Conte tidak menyinggung sama sekali kapan Misa di gereja boleh dilaksanakan kembali. Hal inilah yang membuat para uskup geram.

BACA: Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia Memanas, Nasib Perayaan Ekaristi Belum Jelas

Setelah diadakan pendekatan secara intens, akhirnya kebijakan terkait kembalinya perayaan Ekaristi bisa dilakukan di gereja, mendapat kepastian.

Mulai 18 Mei 2020, Misa di gereja sudah boleh dilaksanakan di seluruh Italia. Meski demikian, pihak gereja harus tetap memperhatikan beberapa aturan protokoler.

Di antaranya: posisi duduk umat satu dengan yang lain berjarak minimal satu meter, umat harus mengenakan masker, memakai hand sanitizer, dan gereja harus menyemprot disinfektan.

Saat komuni, imam yang membagikan komuni juga harus mengenakan masker dan sarung tangan. Ini dilakukan agar meminimalisir kontak fisik antara romo dan umat.

Tak hanya Misa, pelayanan sakramen juga mulai diperbolehkan. Pelayanan Sakramen Pembaptisan dan Sakramen Pernikahan sudah boleh dilakukan di gereja pada 18 Mei 2020 nanti. Tentu dengan tetap memperhatikan anjuran-anjuran pemerintah tadi.

BACA JUGA: Daraskan Novena Kepada St Peregrinus, Berdoalah Bagi Penderita Kanker

Sementara Misa requiem untuk umat yang meninggal, sudah boleh dilaksanakan sejak awal pekan ini.

Sejak pandemi merebak di Italia, Misa dan aktivitas kegerejaan di Italia sudah ditangguhkan sejak 8 Maret 2020. Wilayah Italia yang terkena dampak paling parah seperti Milan dan Venesia, aktivitas kegerejaan malah dihentikan sejak akhir Februari 2020.

Kita terus berdoa agar pandemi coronavirus di Indonesia juga lekas berkurang sehingga Misa di gereja diizinkan kembali. Tapi jangan hanya berdoa. Kita juga perlu menekan laju penyebaran virus ini dengan tidak bepergian bila tidak sangat diperlukan, dan tetap menjaga jarak.

Sumber: Catholicherald.co.uk

Saksikan video terbaru di YouTube #Katolikpedia:

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia Memanas, Nasib Perayaan Ekaristi Belum Jelas

Steve Elu

Romo Yos Bintoro, Pastor Tentara Berpangkat Letkol Kena Mild Stroke. Kita Doakan Kesembuhannya!

Admin

Mengapa Kita Umat Katolik Berdoa Melalui Perantaraan Orang yang Sudah Meninggal?

Admin

1 comment

Tiga Cara Ini Membantu Agar Doa Rosariomu Bervariasi, Tidak Monoton | Katolikpedia.id May 11, 2020 at 10:33 am

[…] BACA: Kabar Gembira! Di Italia, Misa di Gereja Sudah Diperbolehkan […]

Reply

Leave a Comment