Katolikpedia.id

Ucapkan Doa Singkat yang Diajarkan Yesus ini, Kala Kamu Kehilangan Harapan

doa-katolik-saat-kehilangan-harapan

Katolikpedia.id – Tingkat kesulitan dalam hidup memang berbeda-beda. Ada yang sedang, ada yang sangat berat. Dan ketika kita dihadapkan dengan kesulitan hidup yang berat, rasanya segala sesuatu suram dan tak ada jalan keluar, bahkan tidak pasti dan kita juga tidak tahu harus berbuat apa.

Dalam situasi tertekan seperti itu, kita harus berjuang keras memotivasi diri sendiri untuk percaya bahwa masih ada harapan di balik setiap kesedihan. Apakah kita berjuang sendiri? Tentu saja tidak!

Ada Tuhan Yesus yang selalu menemani kita. Lewat penampakan-Nya kepada Sr. Faustina, Yesus berpesan agar kita selalu percaya dan berharap kepada-Nya.

Kepada biarawati yang lahir pada 25 Agustus 1905 ini, Yesus berpesan: “Aku adalah cinta dan kerahiman. Kalau jiwa-jiwa datang mendekati Aku dengan harapan, Aku akan memenuhinya dengan rahmat berlimpah sampai ia sendiri tak dapat menampungnya dalam hatinya dan akan berlimpah pada jiwa-jiwa yang lain.”

St. Faustina adalah seorang biarawati asal Polandia yang hidup pada awal abad ke-20. Suster cantik ini banyak kali mendapat penampakan dan wahyu dari Yesus. Yesus juga sering kali mengajarkan doa-doa singkat kepadanya.

Nah, doa-doa singkat ini bisa diucapkan dalam waktu yang singkat di tengah padatnya aktivitas kita. Salah satu doa singkat yang Yesus ajarkan kepada St. Faustina adalah:

Baca Juga: Meski Sedang Kesulitan, Mari Mengucap Syukur melalui Doa Ini

“Yesus, aku percaya pada-Mu!”

Sebenarnya ini adalah salah satu doa yang paling sederhana, tapi seringkali yang paling sulit untuk didoakan di saat-saat sulit.

Jika diucapkan dengan sungguh-sungguh, maka meskipun singkat doa ini mampu menguatkan dan menenangkan ketakutan yang ada dalam diri kita.

Ingat! ketika mengucapkan doa singkat ini, kita harus benar-benar melakukannya dari hati dan disertai dengan rasa percaya, bahwa Allah yang memegang kendali atas hidup kita.

Melalui doa sederhana “Yesus, aku percaya pada-Mu,” Yesus mengingatkan kita bahwa esensi yang perlu dimiliki pengikut-Nya adalah, percaya pada Tuhan, percaya pada rahmat dan kasih-Nya, dan yakin  bahwa Tuhan akan merawat dan menyediakan apa yang kita butuhkan.

Yesus ingin agar hidup kita tak perlu dihantui dengan rasa khawatir yang berlebihan. Dalam Alkitab, Yesus juga pernah berpesan kepada murid-murid-Nya untuk tidak khawatir secara berlebihan tentang segala kebutuhan hidup di dunia ini.

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah khawatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah khawatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

quotes-katolik-jangan-sedih
(Foto: Katolikpedia.id)

Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?”

(Bdk. Matius 6: 25-27)

Maka, setiap kali kamu merasa khawatir, kehilangan harapan, ragu atau cemas tentang apa yang terjadi dalam hidupmu, cobalah untuk mengontrolnya sebaik mungkin, lalu ucapkanlah doa yang diajarkan Yesus kepada St. Faustina ini berulang kali, “Yesus, aku percaya pada-Mu!”

Sumber: Aleteia.org

NB: Ikuti berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya…

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Paus Fransiskus : Hanya Orang Munafik yang Ketika Berdoa, Ia Ingin Dilihat dan Dikagumi

Edeltrudizh

Tempatkan Dirimu dalam Pelukan Bunda Maria Melalui Doa Ini

Edeltrudizh

Doa Kepada Malaikat Pelindung yang Bisa Kamu Doakan Setiap Hari

Steve Elu

Leave a Comment