Katolikpedia.id

Doa Malam yang Indah. Yuk, Mohon Ampun dari Yesus Sebelum Tidur

doa-malam-katolik

Katolikpedia.id – Meski terkadang kita tak suka mengakuinya, tapi sadar atau tidak, kita selalu melakukan kesalahan setiap hari.

Beberapa dari kita dengan jelas menyadarinya, sementara yang lain jarang menyadari kesalahan atau kelalaian mereka.

Apapun masalahnya, kunci dari kehidupan spiritual yang baik adalah kemauan untuk mengakui kesalahan kita dan meminta pengampunan dari Tuhan.

Salah satu cara efektif untuk mengawasi diri kita sendiri adalah, berefleksi dan memeriksa batin kita setiap malam, di mana kita mengakhiri hari kita dengan merenungkan apa yang terjadi sepanjang satu hari penuh.

Ini merupakan latihan spiritual sederhana yang bisa kita dilakukan setiap hari, jelang tidur malam atau kala kita tak lagi disibukan dengan aktivitas yang padat.  

Mari, mewarnai rutinitas malam kita dengan doa malam ini, sebagai salah satu bentuk refleksi singkat agar bisa memupuk kehidupan kita sebagai pengikut Kristus ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Doa Malam Suami Istri, Bersyukur Bersama Pasangan Sebelum Tidur

Doa Malam Katolik

Ya Tuhan, aku sungguh percaya bahwa Engkau hadir di sini, dan melihatku dengan sempurna. Bahwa Engkau mengamati semua tindakan, pikiran, dan gejolak di hatiku yang paling rahasia.

Anugerahilah aku rahmat untuk menyadari segala dosa-dosa yang telah kulakukan hari ini. Bantu aku untuk menyesali semuanya dengan pertobatan yang tulus dari hati.

Ya Yesus, terangi aku, dan beri aku hati yang rendah hati dan penuh penyesalan, agar aku dapat melihat dan menyadari setiap perilaku yang telah menyinggung hati-Mu yang kudus.

(Hening sejenak, dan renungkan dosa apa saja yang sudah dilakukan hari ini, baik melalui pikiran, perkataan dan perbuatan.)

Ya Tuhanku, aku menyesali semua dosa-dosaku. Aku tahu dengan segala kelalaian ini, aku telah melukai hati-Mu. Aku sungguh-sungguh menyesal telah menyakiti hati-Mu yang mencintaiku tanpa batas.

Tuhan, aku mencintaimu dengan segenap hatiku.  Dengan niat yang kuat, dan dengan bantuan kasih karunia dari-Mu, aku tak ingin melukai hati-Mu lagi.

Aku mau menghindari segala perbuatan burukku ini. Dengan rendah hati, aku mengakui segala kesalahanku.

Aku berusaha untuk memperbaikinya dan menyenangkan hati-Mu.  Kasihanilah aku, ya Tuhan, ampunilah dan maafkan aku, orang yang berdosa ini.

Ya Yesus Kristus, aku datang dengan segala kelemahanku memohon kepada-Mu agar Engkau sudi membasuhku dengan darah-Mu yang berharga itu, agar dosa-dosaku dihapuskan dan aku layak di hadapan Bapa di surga. Amin

Sumber: Aleteia.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Apa Itu Doa Syafaat dan Bagaimana Gereja Katolik Menjalankannya?

Admin

Tinggalkan Profesi Guru dan Masuk Biara, Suster ini Setia Melayani Para Tahanan yang Dihukum Mati

Edeltrudizh

Renungkan Mazmur Ini di Saat Beban Masa Lalu Menghantuimu

Tiwie Pert

Leave a Comment