Katolikpedia.id

Hari Ini, Empat Imam Baru Ditahbiskan di Tahan Papua. Selamat Kawan!

Tahbisan Imam Baru Keuskupan Jayapura

Katolikpedia.id – Bertepatan dengan Hari Minggu Misi Sedunia, empat imam baru ditahbiskan di tanah Papua. Keempat imam tersebut adalah Imam Dioses Keuskupan Jayapura.

Misa pentahbisan berlangsung di Gereja St Mikael, Paroki Keerom, Keuskupan Jayapura.

Empat orang yang menerima Sakramen imamat, masing-masing adalah:

Romo Yohanes Budianto Uttun
Imam Baru Keuskupan Jayapura - 1
Foto: Dok. Pribadi
Romo Fransiskus Wamfaga Hilapok
Imam Baru Keuskupan Jayapura - 4
Foto: Dok. Pribadi
Romo Yohanes Mangguwop
Imam Baru Keuskupan Jayapura - 3
Foto: Dok. Pribadi
Romo Vickyanus Bauntal
Imam Baru Keuskupan Jayapura - 2
Foto: Dok. Pribadi

Untuk mengetahui profil mereka secar singkat, silakan baca artikel berikut: Satu Imam dan Empat Diakon di Keuskupan Jayapura Akan Ditahbiskan Hari Minggu

Teman saya

Dari keempat diakon yang ditahbiskan menjadi imam tersebut, salah satu di antaranya adalah kawan saya, yakni Romo Yohanes Budianto Uttun.

Saya mengenal John, demikian saya memanggilnya dulu, waktu sama-sama di Serikat Xaverian (SX) di Jakarta, tahun 2005. Hampir setahun kami tinggal dalam satu biara, dan sama-sama punya keinginan untuk menjadi imam.

Setelah itu, John tidak lanjut. Sementara saya lanjut, yang akhirnya keluar juga di tahun terakhir Filsafat.

Setelah berpisah, kami tidak berkontak sama sekali. Saya juga tidak tahu persis kemana John melanjutkan hidup.

Tahun 2012, saat saya sedang tugas liputan di Yogyakarta, tiba-tiba saya berjumpa dengan John. Ia masih memegang cita-cita yang sama, ingin menjadi imam. Perjumpaan itu cuma sebentar karena ia terbatas waktu, sementara saya harus menjalankan tugas kantor.

Tahun 2017, kala saya ke Jayapura dan mampir di Seminari Menengah St. Fransiskus Asisi, Keuskupan Jayapura, John ada di sana. Kami berdua kaget bukan main kalau kami bisa jumpa lagi malam itu.

John masih pegang hasrat yang sama. Ketika itu ia adalah Fratar TOP (Tahun Orientasi Pastoral) di seminari. Saya kagum bukan main buat keinginan besar teman saya ini.

Setahun yang lalu, melalui media sosial saya mendapat kabar ia ditahbiskan menjadi Diakon. Dan hari ini, kembali kabar gembira itu saya terima. John ditahbiskan menjadi imam untuk Keuskupan Jayapura.

Peluk erat untukmu kawan. Saya tahu, dari dulu cita-citamu sangat kuat untuk menjadi imam. Setelah petualangan panjang, akhirnya impianmu tercapai hari ini.

Jadilah imam yang baik untuk bumi cendrawasih. Selamat dan peluk erat untukmu saudara. Salam dan proficiat untuk tiga temanmu yang sama-sama menerima Sakramen Imamat hari ini.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Gereja Harus Kekinian agar Dapat Berdamai dengan Pandemi

Michelle Grady

7 Renungan Paling Menyentuh untuk Persiapan Menyambut Natal. Nomor Berapa yang Cocok untukmu?

Tiwie Pert

Hargai Umat Nasrani yang ke Gereja, Waktu Pelantikan Presiden Diundur

Edeltrudizh

Leave a Comment