Katolikpedia.id

Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus

fakta-tentang-paus-benediktus-dan-kakaknya-georg-ratzinger

Katolikpedia.id – Teman-teman pembaca Katolikpedia, kalian masih ingat Paus Emeritus Benediktus XVI? Seharusnya masih ingat ya.

Soalnya, bisa dibilang dia adalah Paus pertama yang mengundurkan diri sebelum masa kepausan berakhir. Sekarang ia menjalani masa tuanya, di Biara Mater Ecclesia di Taman Vatikan.

Beberapa hari lalu, Paus Emeritus yang kini berusia 93 tahun itu pulang ke negeri asalnya, Jerman. Dia pulang untuk menjenguk Kakaknya yang sedang sakit. Paus Emeritus yang sudah setua itu punya seorang kakak yang masih hidup. Kira-kira berapa usianya ya?

MOHON DUKUNGAN:

Nama kakak Paus Emeritus Benediktus XVI adalah monsinyur Georg Ratzinger. Sebutan monsinyur di sini adalah gelar kehormatan. monsinyur Georg Ratzinger lahir di Jerman, pada 15 Januari 1924. Jadi sekarang ia berusia 96 tahun.

Nah, mengingat kunjungan ini adalah sebuah momen spesial, maka saya ingin mengajak teman-teman untuk kepoin fakta-fakta tentang dua Ratzinger ini.

Baca Juga: 5 Kisah Masa Kecil Paus Fransiskus yang Jarang Diketahui; Diungkap oleh Sepupunya

7 fakta tentang Paus Emeritus Benediktus XVI dan kakaknya ini, unik dan menarik. Jarang juga diketahui publik.

#1 Berbagi kasih sayang

Kakak beradik ini terkenal akrab dan terus berbagi kasih sayang hingga sekarang. Waktu Paus Emeritus Benediktus XVI merayakan ulang tahunnya yang ke-93 pada April lalu, monsinyur Georg menelpon untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada sang adik.

Ucapan selamat ulang tahun tersebut hanya tersampaikan melalui telpon karena mereka tak bisa saling jumpa. Covid-19 yang melanda hampir semua negara tidak memungkinkan bagi dua Ratsinger ini untuk bertemu.

Lebih dari itu, keduanya sudah sering saling kunjung. Sejak dulu, monsinyur Georg selalu datang ke Vatikan untuk merayakan natal dan menghabiskan musim panas bersama adiknya itu.

#2 Mungkin pertemuan terakhir

Website Keuskupan Regensburg merilis sebuah pernyataan yang cukup menyentuh hati. Pernyataan itu menyebutkan, pertemuan ini bisa jadi sangat spesial lantaran mungkin mereka bertemu untuk terakhir kalinya.

Karena itu, pihak keuskupan minta agar perjumpaan ini tetap bersifat personal dan privat. Pernyataan ini bisa jadi ada benarnya.

Mengingat usia keduanya yang sudah sangat sepuh, apa pun bisa terjadi. Meski demikian, kita sama-sama mendoakan yang terbaik untuk dua saudara ini ya.

#3 Ditahbiskan bersamaan

Georg Ratzinger dan Joseph Ratzinger masuk seminari secara bersamaan di Seminari Santo Michael Traunstein, pada November 1945. Lalu, dua saudara ini menempuh studi persiapan imamat di Universitas Ludwig-Maximilian Munich, Jerman.

Enam tahun kemudian tepat pada 27 Juni 1951, keduanya ditahbiskan menjadi imam secara bersamaan. Yang menerimakan Sakramen imamat kepada dua saudara ini adalah uskup Agung Keuskupan Agung Munich, Kardinal Michael von Faulhaber.

fakta-tentang-paus-benediktus-dan-kakaknya-yang-sedang-sakit

Di kemudian hari sebelum terpilih menjadi Paus, Joseph Ratzinger juga menjadi Uskup untuk Keuskupan Agung Munich, mulai dari 28 Mei 1977 hingga 15 Februari 1982.

#4 Dua musisi hebat

Baik Georg maupun Joseph, punya kemampuan mumpuni di bidang musik. Bahkan ketika sudah menjadi Paus pun Joseph Ratzinger atau Paus Benediktus XVI, masih mengisi waktu luangnya dengan bermain piano.

Sementara sang kakak adalah musikus ternama di Jerman. Ia pernah menjabat conductor of the Regensburger Domspatzen, the cathedral choir of Regensburg, Jerman.

Bahkan ia dipercaya sebagai konduktor saat adiknya Mgr Joseph Ratzinger, dilantik menjadi kardinal pada 1977 dan ketika Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Munich, Jerman, pada 1980.

#5 Punya seorang adik perempuan

Georg dan Joseph juga punya seorang saudari, namanya Maria Theogona Ratzinger. Jadi, dalam keluarga Ratzinger, mereka tiga bersaudara.

Maria lahir pada 7 Desember 1921 dan meninggal dunia pada 2 November 1991. Jadi, Georg adalah anak pertama, Maria kedua, dan Joseph adalah yang terakhir, atau bungsu.

fakta-tentang-paus-benediktus-dan-kakaknya-maria-ratzinger
Masa kecil Paus Benediktus dan kakaknya

Uniknya, Maria juga tidak menikah hingga akhir hidupnya. Meski tidak menjadi biarawati atau suster seperti kakaknya Georg dan adiknya Joseph, Maria memilih hidup selibat.

#6 Memakai nama orangtua

Ada yang sangat unik dalam keluarga Ratzinger. Dari mereka bertiga, dua di antaranya menggunakan nama orangtuanya. Sementara yang satu menggunakan nama seorang pamannya.

Georg, nama yang dipakai oleh kakak sulung Paus Emeritus Benediktus VXI, sama dengan nama adik bungsu dari ayah mereka, George Ratzinger.

Sedangkan Maria, nama yang dipakai oleh saudari mereka, sama dengan nama ibu mereka, Maria Peintner. Lalu, Joseph nama kecil Paus Emeritus Benediktus XVI sama dengan nama sang ayah, Joseph Ratzinger.

fakta-tentang-paus-benediktus-dan-keluarganya
(Foto: cardinalsblog.adw.org/)

Baca Juga: Inspiratif! Ratu Kecantikan Ini Tinggalkan Popularitasnya Demi Menjadi Biarawati

#7 Keluarga berusia panjang

Keluarga Ratzinger juga rata-rata memiliki usia panjang. Georg Ratzinger kini berusia 96 tahun. Paus Emeritus Benediktus XVI saat ini berusia 93 tahun. Sementara saudari mereka, Maria Ratzinger meninggal di usia 70 tahun.

Ayah mereka, Joseph Ratzinger senior meninggal pada 25 Agustus 1959 di usia 82 tahun. Sementara sang ibu, Maria Peintner Ratzinger, meninggal dunia di usia 79 tahun, pada 16 Desember 1963.

Demikian 7 fakta unik tentang keluarga Ratzinger, khususnya kakak beradik, monsinyur Georg Ratzinger dan Joseph Ratzinger atau Paus Emertius Benediktus XVI, yang masih hidup sampai sekarang.

Kita berdoa agar monsinyur Georg sembuh dari sakitnya dan mohon kesehatan prima untuk Paus Emeritus Benediktus XVI.

NB: Ikuti update berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Puji Tuhan! Inilah Kondisi Terkini Mgr Kornelius Sipayung OFMCap

Steve Elu

5 Kisah Masa Kecil Paus Fransiskus yang Jarang Diketahui; Diungkap oleh Sepupunya

Steve Elu

Yuk, Renungkan Ayat Alkitab ini Saat Minggu Palma!

Admin

3 comments

Kakak Kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, Monsinyur Georg Ratzinger, Meninggal Dunia | Katolikpedia.id July 2, 2020 at 5:08 am

[…] BACA: Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus […]

Reply
Tanggapan: Benarkah Ada “Injil Vatican School” di Vatikan? | Katolikpedia.id July 3, 2020 at 10:11 am

[…] BACA JUGA: Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus […]

Reply
Kejutan Kecil ala Paus Fransiskus yang Menyentuh Hati July 17, 2020 at 7:52 pm

[…] Baca Juga: Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus […]

Reply

Leave a Comment