Katolikpedia.id

Gereja St. Joseph Karimun Didemo Berulang Kali, Jokowi : Negara Menjamin Kebebasan Beribadah

tanggapan-jokowi-soal-demo-gereja-st-joseph-karimun

Katolikpedia.id – Setelah beberapa kali bungkam soal kasus penolakan renovasi gereja Katolik St. Joseph Karimun, akhirnya Presiden Jokowi buka suara.

Kepada sejumlah media masa, mantan Gubernur DKI itu memberikan tanggapannya. Dari sejumlah penjelasan yang disampaikan Jokowi, ada beberapa poin penting  yang perlu kita simak.

Poin-poin ini tak hanya disampaikan Presiden RI ini kepada media, tapi ia juga turut mengungkapkannya lewat postingan di akun media sosial miliknya.

Berikut adalah beberapa poin penting dari tanggapan Jokowi atas kasus gereja Karimun :

#Kinerja pejabat daerah lamban

Presiden menilai bahwa kasus penolakan renovasi gereja ini masih terus berlangsung karena pemerintah daerah lamban dalam proses penanganan. Kualitas kinerja ini sangat disayangkan Jokowi.

“Mestinya daerah bisa menyelesaikan ini, tapi saya lihat karena tidak ada pergerakan di daerah,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

#Kasus ini harus diselesaikan

Dilansir dari detik.com, Presiden Jokowi dengan tegas menekankan bahwa kasus Gereja Katolik St. Joseph Karimun ini harus diusut tuntas.

gereja-katolik-st-joseph-karimun
(Foto : Binsar Lahuddin)

Orang nomor satu di Indonesia itu khawatir, jika keributan ini tidak segera diselesaikan, maka bentuk penolakan ini bisa terjadi lagi dan menjadi contoh buruk bagi daerah lain.  

“Harus dirampungkan. Karena jadi preseden yang tidak baik, bisa menjalar ke daerah lain,” tegasnya.

#Negara menjamin kebebasan beragama dan beribadah

Menangani kasus ini, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Kapolri dan Menko Polhukam untuk menyelesaikan masalah yang sudah memanas beberapa waktu terakhir ini.

Selain masalah renovasi gereja Katolik di Karimun, Jokowi turut menyinggung soal perusakan masjid di Minahasa Utara.

“Saya perintahkan Menko Polhukam dan Kapolri tegas, ini harus diselesaikan. Baik yang berkaitan dengan gereja yang ada Karimun Tanjung Balai, maupun masjid yang ada di Minahasa Utara,” tegas Jokowi.

Presiden Joko Widodo menghimbau kepada masyarakat agar jangan sampai terjadi tindakan-tindakan intoleransi di negeri ini.

“Ini masalah intoleransi, saya kira udah berkali kali saya sampaikan bahwa konstitusi kita itu menjamin kemerdekaan setiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya,” ujarnya.

#Tegas dengan kelompok penindas

Meski selama ini Jokowi sudah mengingatkan agar tak ada tindakan intoleransi, nyatanya masih ada kelompok-kelompok tertentu yang tidak menghiraukan pesan positif ini.

gereja-st-joseph-karimun
(Foto : batamnews.co.id)

Karena itu, Jokowi juga meminta Mahmud MD selaku Menko Polhukam dan Kapolri untuk menindas sejumlah kelompok yang masih memelihara sikap intoleransi di negeri ini.

Baca Juga : Puji Tuhan! Jokowi Akhirnya Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

“Tadi juga sudah saya perintahkan kepada Menko Polhukam, Kapolri, untuk menjamin terlaksananya kebebasan dalam beribadah dan menindak tegas kelompok-kelompok atau masyarakat yang mengganggu sesuai dengan jaminan konstitusi yang saya sampaikan. Jangan sampai intoleransi ada,” tegas Jokowi.

Mari, kita doakan agar tindakan yang diambil Jokowi ini mampu mereda keributan warga setempat atas renovasi Gereja di Paroki St. Joseph Tanjung Balai Karimun, Keuskupan Pangkal Pinang. Dan semoga, proses pembangunan Gereja kembali dilanjutkan tanpa ada permasalahan lagi.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Ini 5 Inner Beauty Seorang Gadis Katolik, Idaman Seorang Laki-Laki. Kamu Sudah Memilikinya?

Edeltrudizh

Membuat Pohon Natal di Rumah: Enaknya Beli atau Bikin Sendiri?

Steve Elu

Bareng Mgr John Philip Saklil Ke Korea Selatan dan Inilah Sosok Mgr John yang Sebenarnya

Steve Elu

2 comments

Sandra Dewi : “Jangan Putus Asa Jika Doamu Belum Dikabulkan Tuhan" February 13, 2020 at 6:32 pm

[…] Baca Juga : Gereja St. Joseph Karimun Didemo Berulang Kali, Jokowi : Negara Menjamin Kebebasan Beribadah […]

Reply
Puji Tuhan! Jokowi Akhirnya Undang Paus Fransiskus ke Indonesia March 4, 2020 at 1:41 am

[…] Baca Juga : Gereja St. Joseph Karimun Didemo Berulang Kali, Jokowi : Negara Menjamin Kebebasan Beribadah […]

Reply

Leave a Comment