Katolikpedia.id

Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario

7 hal penting tentang doa rosario

Katolikpedia.id – Kita sedang berada di bulan Mei, yang bagi umat Katolik ditetapkan sebagai bulan Maria. Maka sudah pasti kita akan berdoa Rosario selama bulan ini. Namun, sebagai umat Katolik kamu perlu tahu dulu 7 hal penting tentang doa Rosario berikut ini.

1. Kata Rosario

Kata Rosario berasal dari bahasa Latin, yakni rosarium, yang artinya mahkota mawar. Dalam praktiknya Rosario biasanya disematkan kepada bunda Maria karena Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus.

Di kalangan masyarakat kita, mawar sering digunakan sebagai keperawanan. Jadi, rosarium digunakan untuk menggambarkan keperawanan Maria, baik secara jasmani maupun rohani.

2. Pesan Bunda Maria

Doa Rosario makin populer dalam sejarah Gereja Katolik, terlebih sesudah penampakan Bunda Maria di Fatima, Portugal. Bunda Maria menjelaskan bahwa doa Rosario adalah senjata ampuh melawan iblis dan mengalahkan kejahatan.

Bunda Maria yang menampakkan diri kepada tiga anak kecil, Francisco, Lucia de Jesus dan Jacinta Marto, berpesan agar umat Katolik di seluruh dunia selalu mendoakan doa Rosario.

3. Sejak abad III

Rosario berbentuk kalung mulai digunakan oleh para biarawan/biarawati Timur sejak abad III. Tapi saat itu belum terlalu populer digunakan.

Rosario mulai umum digunakan di kalangan Gereja Katolik pada abad ke-12. Adalah kerja keras Santo Dominikus yang telah menerima pesan dari Bunda Maria untuk mengenalkan doa Rosario kepada umat Kristiani.

4. Paus Rosario

Dalam perkembangannya, penggunaan Rosario semakin populer di kalangan Gereja, terutama sejak St Paus Leo XIII (1878-1903) mendorong penyebaran doa Rosario kepada umat Katolik seluruh dunia. Atas jasanya itu, Paus yang sudah diangkat menjadi santo ini diberi gelar Paus Rosario.

Baca Juga: Sangat Inspiratif! Romo Ortiz Membuat Roti untuk Memberi Makan Umatnya

5. Peristiwa Terang

Selama berabad-abad lamanya, Gereja Katolik mengenal tiga rumpun peristiwa dalam doa Rosario yakni Peristiwa Gembira, Peristiwa Sedih, dan Peristiwa Mulia.

Pada Oktober 2002, Paus St Yohanes Paulus II menambahkan Peristiwa Terang ke dalam rumpun peristiwa Rosario hingga kita kenal sampai sekarang. Kebijakan ini tertuang dalam surat Apostolik Rosarium Virginis Mariae yang dikeluarkan Vatikan pada Oktober 2002.

Paus St Yohanes Paulus II juga dikenal sebagai salah satu paus yang sangat mencintai doa Rosario dan menghendaki umat Katolik selalu berdoa Rosario.

6. Senjata umat beriman

Doa devosi kepada Bunda Maria ini dipercaya sebagai senjata yang ampuh bagi umat beriman (Katolik) untuk menghalau kejahatan dan bertahan dalam mara bahaya.

Doa Rosario juga sering didaraskan oleh mereka yang sedang dalam kesulitan atau sakit. Dalam doa ini, kita meminta perlindungan dari Bunda Maria.

7. Merenungkan hidup Yesus

Kalau kamu memperhatikan dengan seksama, semua peristiwa dalam doa Rosario menggambarkan kisah perjalanan hidup Yesus mulai dari kelahiran-Nya hingga kebangkitan-Nya.

Maka berdoa Rosario berarti ikut mengambil bagian dalam seluruh hidup Yesus, dan Bunda Maria. 7 fakta tentang doa Rosario ini mengajak kita untuk terus memperbaiki hidup kita untuk menyerupai Yesus dan Bunda Maria.

Inilah 7 hal penting tentang doa Rosario yang harus kita ketahui ketika kita ingin berdoa Rosario. Selama bulan Mei ini, kita rajin mendaraskan salah satu devosi ini.

NB: Ikuti berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya…

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

5 Rahasia Kekuatan Doa Rosario untuk Mereka yang Tekun Berdoa Rosario

Steve Elu

Cemas Karena Covid-19? Yuk, Coba Renungkan 10 Ayat Alkitab Ini!

Edeltrudizh

Jadwal Misa Natal dan Tahun Baru Paroki-paroki di Jakarta Selatan dan Tangerang

Tiwie Pert

2 comments

Siapa yang Pertama Kali Mendoakan Doa Rosario? Simak Faktanya! | Katolikpedia.id May 12, 2020 at 2:43 pm

[…] BACA: Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario […]

Reply
3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik May 20, 2020 at 1:34 pm

[…] Baca Juga: Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario […]

Reply

Leave a Comment