Hargai Umat Nasrani yang ke Gereja, Waktu Pelantikan Presiden Diundur

Katolikpedia.id – Hari Minggu adalah hari penting bagi umat Katolik. Karena itu, semua umat diwajibkan untuk menghadiri misa di gereja. Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan berat saat hari Minggu.

Mengingat hal ini, pemerintah setempat mengubah jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden yang semula dijadwalkan pada Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 10.00 pagi, menjadi pukul 16.00 sore.

Mungkin bagi sebagian umat yang tidak hadir dalam upacara pelantikan tersebut akan merasa baik-baik saja.

Tapi tidak bagi mereka yang punya kepentingan untuk hadir dalam event besar tersebut. Mereka dihadapkan dengan dua pilihan yang sama-sama penting.

Karena itulah pemerintah mengambil keputusan tersebut. Tak hanya itu, pemerintah juga ingin menunjukan tindakan nyata dari sikap toleransi bagi umat Katolik dan Kristen pada umumnya, yang beribadah pada hari Minggu.

“Kami ingin mengedepankan toleransi satu karena itu hari libur, hari Minggu maka harus tidak boleh ada rakyat kita yang terganggu dalam melakukan ibadahnya,” kata Bambang Soesatyo (9/10/2019) seperti dilansir Tirto.id.

Selain alasan di atas, mundurnya jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden ini karena tak ingin mengganggu kegiatan Car Free Day yang berlangsung setiap Minggu pagi di beberapa sudut jalan  Ibu Kota.

Bambang Soesatyo selaku ketua MPR juga tak lupa menitipkan harapannya agar proses pelantikan ini berjalan dengan baik dan tertib.

“Dan kami berharap pelantikan ini bisa berlangsung tertib, aman, dan damai sehingga menjadi citra bagi bangsa ini ke dunia internasional bahwa Indonesia secara politik aman dan stabil,” lanjut Bambang Soesatyo, Senin (14/10/2019) seperti dilansir Antara.

Nah, sebagai umat Katolik yang adalah bagian dari Negara Indonesia, sudah tugas kita untuk mendoakan acara ini agar apa yang direncakan oleh pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

NB : Tim Katolikpedia sedang menjalankan program #travelrohani di channel youtube Katolik Pedia. Mohon kesediaanya untuk mendukung program ini dengan cara klik Like, Share, Comment dan Subscribe channel Katolik Pedia ya.

23,810 total views, 1 views today

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *