Katolikpedia.id

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Merayakan Hari Arwah – 2 November

2-november-doa-untuk-arwah

Katolikpedia.id – Dalam kalender liturgi, setiap 2 November dikenal sebagai peringatan arwah semua orang beriman, atau yang sering kita sebut, hari arwah.

Bagi umat Katolik, ini adalah salah satu momen untuk mengenang mereka yang telah meninggal dunia. Mengenang di sini artinya mendoakan mereka yang sudah meninggal agar jiwa-jiwa mereka boleh mendapat pengampunan dari Allah dan dibebaskan dari api penyucian.

Mengutip penjelasan Rm. M. Purwatma Pr: “Api penyucian bukanlah neraka, tapi digambarkan sebagai keadaan antara sorga dan neraka.

MOHON DUKUNGAN:

Orang-orang yang berada dalam api penyucian belum masuk surga, karena mereka masih harus dimurnikan dari dosa-dosanya. Karena itu, mereka yang berada dalam api penyucian ini membutuhkan doa dari umat yang masih hidup.”

Inilah salah satu alasan, mengapa setiap 2 November, kita perlu mendoakan arwah sanak saudara kita yang telah meninggal.

Penjelasan tentang api penyucian juga tertuang dalam Ketekismus Gereja Katolik (KGK, 1030): “Siapa yang mati dalam rahmat dan dalam persahabatan dengan Allah, namun belum disucikan sepenuhnya, memang sudah pasti akan keselamatan abadinya, tetapi ia masih harus menjalankan satu penyucian untuk memperoleh kekudusan yang perlu, supaya dapat masuk ke dalam kegembiraan surga.”

Berikut ini ada 5 hal yang bisa dilakukan umat Katolik untuk membantu jiwa-jiwa di api penyucian:

#Buat resolusi selama bulan November

Adalah hal yang lumrah ketika kita membuat resolusi saat memasuki tahun baru di bulan Januari. Misalnya, memutuskan untuk mengubah sifat yang buruk ke arah yang lebih baik.

Resolusi seperti ini juga bisa dilakukan pada bulan November ini, dengan rutin mendoakan keselamatan jiwa orang-orang yang kita cintai.

Kita bisa mendoakan doa Rosario setiap hari untuk jiwa kita sendiri dan juga mendoakan doa “Peristirahatan Kekal” bagi jiwa-jiwa di api penyucian.

Ini adalah salah satu doa singkat untuk jiwa-jiwa di api penyucian:

Berikan istirahat kekal kepada mereka, ya Bapa. Dan biarkan cahaya abadi menyinari mereka. Semoga jiwa mereka, dan jiwa semua orang beriman memperoleh belas kasih-Mu, sehingga mereka boleh beristirahat dengan damai. Amin.

#Mendoakan doa Rosario khusus

Doa Rosario ini khusus didoakan untuk keselamatan jiwa-jiwa di api penyucian. Sebelum berdoa, kamu bisa membuat list terlebihi dahulu nama-nama keluarga yang ingin didoakan.

Baca Juga: Doa Rosario Bagi Jiwa-jiwa di Api Penyucian. Doakan Orang yang Kamu Cintai

#Mendoakan Doa untuk Jiwa-Jiwa di Api Penyucian oleh St. Gertrudis

Doa ini diajarkan oleh St. Gertrudis. Ia adalah salah satu orang kudus yang sangat mencintai jiwa-jiwa di api penyucian dan rutin mendoakan mereka.

Ya Bapa yang kekal, aku mempersembahkan kepada-Mu Darah tersuci dari Putra ilahi-Mu Tuhan kami Yesus Kristus, dalam kesatuan dengan misa yang dipersembahkan di seluruh dunia hari ini, untuk semua jiwa di api penyucian, untuk pendosa dimana saja, untuk pendosa di gereja universal, pendosa dalam rumahku dan dalam keluargaku (sebut nama arwah yang didoakan). Amin.

St. Gertrudis

Baca Juga: Mengapa Orang Katolik Mendoakan Arwah Setiap 2 November?

#Memasukan intensi di Gereja

Setiap 2 November, selalu ada Misa khusus di gereja untuk mendoakan arwah-arwah. Nah, kita bisa juga memasukan intensi agar didoakan oleh Imam saat Misa.

#Ziarah ke makam

Ziarah ke makam juga salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memperingati arwah semua orang beriman. Ziarah ini bisa dilakukan bareng keluarga besar.

Selain lilin, kamu juga bisa membawa bunga, makanan atau minuman untuk merayakan momen ini bersama mereka yang sudah tiada. Karena kita percaya, bahwa meski wujud mereka tidak terlihat namun mereka selalu ada di sekitar kita.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan umat Katolik saat 2 November nanti. Mari, kita doakan semua jiwa-jiwa orang beriman di manapun agar mereka boleh mendapatkan kebahagiaan surgawi.

Sumber: aleteia.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Ini Tanggapan Kardinal Suharyo tentang Rencana Paus Fransiskus Datang Ke Indonesia

Steve Elu

Tiago Varanda, Imam Tunanetra dengan Kesaksian Iman yang Tangguh

Edeltrudizh

Doa Katolik untuk Masalah Finansial atau Keuangan

Admin

Leave a Comment