Katolikpedia.id

Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia Memanas, Nasib Perayaan Ekaristi Belum Jelas

Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia

Katolikpedia.id – Dalam beberapa hari terakhir, hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia memanas. Bahkan para uskup mengancam pemerintah bahwa mereka bisa mengambil langkah sendiri terkait perayaan Ekaristi di seluruh Italia.

Ketegangan ini bermula, ketika Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan kebijakan untuk membuka lockdown yang selama ini diterapkan di Italia.

Pada 26 Arpil 2020, seperti diberitakan oleh Cruxnow.com, Conte mengumumkan pedoman baru untuk masa pemulihan Italia, setelah wabah covid-19.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa mulai Senin kemarin, perusahaan pertanian dan industri yang mengirimkan produk ke luar negeri sudah boleh beroperasi.

BACA: Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu!

Selanjutnya, pada 4 Mei 2020, serangkaian kegiatan publik dibuka. Di antaranya, taman, pantai, dan pegunungan. Puncak dari pemulihan ini diproyeksikan berlangsung pada 1 Juni 2020, ditandai dengan pembukaan kembali restoran, bar, dan usaha mikro lainnya.

Yang membuat para Uskup Italia berang adalah Conte tidak menyebutkan kapan Gereja Katolik boleh mengadakan perayaan Ekaristi di gereja. Padahal, jauh sebelum langkah pemulihan ini diambil, Gereja Katolik Italia sudah mengadakan pendekatan ke pihak pemerintah terkait hal ini.

Aktivitas Gereja yang baru diperbolehkan oleh Pemerintah Italia adalah upacara pemakaman. Itu pun keluarga yang hadir dalam Misa pemakaman tidak lebih dari 15 orang dan diawasi ketat.

Konferensi Para Uskup Italia atau Conferenza Episcopale Italiana (CEI) sangat menyayangkan kebijakan yang diambil oleh Conte dan jajarannya. Karena itu, mereka sudah melayangkan protes keras kepada Pemerintah Italia. Para uskup meminta kepastian, kapan perayaan Ekaristi boleh kembali diadakan di gereja-gereja.

BACA JUGA: Doa yang Wajib Kamu Daraskan sebagai Pengganti Komuni Saat Ikut Misa Online

CEI mengeluarkan peringatan keras kepada Presiden Dewan Menteri dan Komite Teknis-Ilmiah Italia bahwa “tugas utama mereka adalah untuk memberikan indikasi yang tepat dari sifat sanitasi. Sedangkan Gereja dipanggil untuk mengatur kehidupan komunitas Katolik, sesuai dengan langkah-langkah pemerintah, tetapi dalam kepenuhan otonomi sendiri”.

Para uskup juga mengancam, jika pemerintah tidak menggubris maka para uskup bertekad mengambil langkah sendiri terkait Misa publik di gereja-gereja.

Protes keras ini kemudian ditanggapi oleh Dewan Menteri Italia dengan merilis pernyataan yang mengakui posisi para Uskup, dengan mengatakan bahwa ada kemungkinan dalam beberapa hari mendatang, akan ada aturan (protokol), yang memungkinkan umat Katolik bisa kembali melaksanakan Misa di gereja, tapi dengan pengamanan maksimum. Tapi itu pun belum jelas.

Kita berharap agar hubungan para uskup dan pemerintah Italia kembali membaik sehingga memungkinkan Misa kembali diadakan di gereja-gereja, sembari memperhatikan aturan penyebaran virus corona bisa teratasi.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Lewat Sr. Faustina, Yesus Berpesan : Berharaplah Kepada-Ku

Edeltrudizh

Doa Penyerahan Diri kepada Tuhan. Berserahlah pada Kehendak Tuhan

Admin

Doa Saat Kamu Dikhianati Teman Kerja dan Disingkirkan dari Tempat Kerja

Steve Elu

1 comment

Kabar Gembira! Di Italia, Misa di Gereja Sudah Diperbolehkan | Katolikpedia.id May 8, 2020 at 8:32 am

[…] BACA: Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia Memanas, Nasib Perayaan Ekaristi Belum Jelas […]

Reply

Leave a Comment