Katolikpedia.id

Kardinal Vela Yang Murah Hati itu Tutup Usia. Mohon Doa dari Umat

kardinal-vela-Uskup-Agung-Emeritus-Quito-ekuador

Katolikpedia.id – Kardinal Raúl Eduardo Vela Chiriboga, yang pernah menjabat sebagai Uskup Agung Quito dari 2003-2010, meninggal dunia, Minggu 15 November 2020.

Kardinal Vela tutup usia setelah beberapa Minggu menjalani perawatan paliatif di rumah sakit. Perawatan paliatif adalah jenis pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bisa disembuhkan secara medis.

Dilansir dari Catholicnewsagency.com, Kardinal berusia 86 tahun itu meninggal karena penyakit komplikasi, di Rumah Sakit Santo Camillus di Quito, Ekuador. Kabar duka ini secara resmi dibenarkan oleh pihak Keuskupan Agung Quito.

MOHON DUKUNGAN:

Baca Juga: Sejumlah Luka Merenggut Nyawa Pastor yang Suka Membantu Orang Miskin

Dikelilingi Keluarga di sisa akhir hidupnya

Alberto Redaelli, Direktur Rumah Sakit Santo Camillus mengatakan, ”Kardinal Vela menghebuskan nafas terakhirnya di samping keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Orang-orang terdekatnya menemani masa-masa terakhir Kardinal Vela dengan melakukan doa Vesper atau ibadat sore.

Jenazah Kardinal Raúl Eduardo Vela Chiriboga dimakamkan pada 17 November 2020, usai Misa requiem di Gereja Katedral Quito.

kardinal-vela-Uskup-Agung-Emeritus-Quito-ekuador
(Foto: @MiParroquiaSanPedroDeAmaguana)

Kepergian Kardinal Vela tak hanya menimbulkan kesedihan bagi orang-orang terdekatnya. Konferensi Waligereja Ekuador juga merasakan kesedihan serupa.

“Kami meratapi kepergiannya, tapi kami tahu, bahwa sebagai hamba yang setia, Allah akan menerima dia dalam kemuliaan-Nya. Kami berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan seorang pemimpin yang penuh dedikasi dan murah hati dalam membimbing umat Katolik di Ekuador.”

Didoakan Paus Fransiskus

Wafatnya Kardinal Raúl Eduardo Vela Chiriboga yang juga adalah Uskup Agung Emeritus Quito ini menimbulkan luka kehilangan di hati Paus Fransiskus.

Melalui telegram yang dikirim kepada Uskup Agung Quito, Mgr. Alfredo José Espinoza Mateus, Paus mengungkapkan bahwa Kardinal Vela adalah sosok pemimpin yang penuh dedikasi. Paus juga mengirim doa-doanya untuk keselamatan jiwa Kardinal Vela.

Baca Juga: Pernyataan Paus Fransiskus tentang Perkawinan Homoseksual: Apa Kata Gereja?

kardinal-vela-Uskup-Agung-Emeritus-Quito-ekuador
(Foto: @MiParroquiaSanPedroDeAmaguana)

Profil singkat Kardinal Vela

Kardinal Raúl Eduardo Vela Chiriboga, lahir pada 1 Januari 1934. Ia menempuh studi Filsafat dan Teologi di Seminari Tinggi San José di Quito dan kemudian ditahbiskan menjadi Imam di Keuskupan Riobamba, pada 28 Juli 1957.

Berdasarkan www.catholic-hierarchy.org, pada tanggal 20 April 1972, Paus Paulus VI mengangkatnya sebagai Uskup Tituler Ausafa dan Uskup Auksilier Guayaquil. Ia menerima tahbisannya pada 21 Mei 1972. Jabatan ini diembannya dari tahun 1972 hingga 1975.

Pada 8 Juli 1989, Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai Uskup Tituler Keuskupan Pauzera dan mengangkatnya juga sebagai Uskup Militer Ekuador. Dan pada 21 Maret 2003, Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai Uskup Agung Quito.

Mgr. Vela menjabat sebagai Uskup Agung Quito hingga usianya memasuki 76 tahun. Paus Benediktus XVI menerima pengunduran dirinya sebagai Uskup Agung Quito pada 11 September 2010. Pada 20 November 2010 Uskup Emeritus itu diangkat Paus Benediktus sebagai Kardinal.

Mohon doa dari umat

Konferensi Waligereja Ekuador secara khusus meminta doa dari semua umat beriman untuk peristirahatan kekal Kardinal Vela. Mari, kita doakan kepergian salah satu pemimpin kita ini, agar ia boleh berbahagia bersama para Kudus di surga.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Paus Bikin Komisi Baru untuk Pelajari Kemungkinan Ada Diakon Perempuan

Steve Elu

Paus Fransiskus Umumkan Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal Baru Indonesia

Tiwie Pert

Paus Fransiskus : Saat Hidupmu Terasa Berat, Pergilah ke Bunda Maria

Steve Elu

Leave a Comment