Katolikpedia.id

Mari Amalkan Kerja Sama Antarumat Beragama pada Masa Pandemi

gereja-katolik-di-tengah-pandemi

Katolikpedia.id – Sudah lebih dari lima bulan pandemi Covid-19 berlangsung. Selama itu juga, pemerintah telah memberlakukan Work from Home atau bekerja dari rumah sebagai salah satu cara untuk  mengurangi angka penularannya.

Semua pekerjaan yang semula dilakukan di luar rumah, harus dilakukan hanya dari rumah. Hal ini tentu berdampak bagi banyak orang, khususnya pada bidang ekonomi dan kesehatan.

Orang-orang yang bekerja di jalanan dan beberapa pekerja kantoran mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit dari biasanya. Bahkan sebagain di antaranya kehilangan pekerjaan. Situasi seperti juga bisa menyebabkan stres dan daya imunitas menurun.

Di saat banyak orang membutuhkan bantuan inilah, umat Katolik dipanggil untuk menerapkan dialog antarumat beragama, khususnya dialog kehidupan dan dialog tindakan.

Dialog kehidupan dan dialog tindakan adalah beberapa aspek perwujudan dialog antarumat beragama yang disebutkan di dalam Sidang Uskup se-Asia Federasi Konferensi Waligereja Asia (FABC).

Baca Juga: Kardinal Tagle Positif Covid-19. Mohon Dukungan Doa dari Umat

Tujuan dari dialog ini adalah umat Katolik diminta untuk membantu sesama tanpa mempersoalkan latar belakang suku, adat, maupun agama, terutama dalam masa krisis seperti ini.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menerapkan dialog kehidupan di lingkungan sekitar. Beberapa contoh yang selama ini sudah dilakukan gereja adalah, mengadakan penggalangan dana, rapid test masal, dan membagi sembako. Hal-hal seperti ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ini. 

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Kita, sebagai umat Katolik dapat berkontribusi dengan cara, tidak menyebarkan berita bohong atau teori konspirasi yang belum tentu benar adanya. Ini dapat memperparah kondisi mental masyarakat.

Ada baiknya, sebelum mempercayai berita yang beredar, kita wajib untuk mengecek kebenarannya terlebih dulu dengan sumber yang valid. Dengan cara ini, umat Katolik sudah berkontribusi untuk mewujudkan salah satu bentuk dari dialog tindakan.

Baca Juga: Jumpa Kardinal yang Terpapar Covid, Paus Fransiskus Ikutan Positif?

Selain dialog-dialog yang sudah disebutkan, melakukan karantina mandiri juga salah satu bentuk kerja sama antarumat. Dengan melakukan karantina mandiri, kita sudah ikut ambil bagian dalam menurunkan angka penularan Covid-19. Jika angka penularan menurun, beban tenaga kesehatan juga ikut berkurang.

Bagi umat Katolik yang hidupnya pas-pasan, tak perlu terbebani untuk memberi bantuan dengan jumlah yang besar. Jika dirasa belum mampu, berbagilah seadanya dan sebisanya, karena bantuan kecil juga akan berdampak besar jika kita melakukannya dengan niat baik dan penuh rasa syukur.

(Ditulis oleh Yovita Kristiani Widiyatno, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga 2020)

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Mari Doakan Negara Kita dengan Doa Singkat Ini

Edeltrudizh

Pelaku Bom Gereja Katolik di Filipina Dipastikan Orang Indonesia

Edeltrudizh

Jadwal Misa Requiem dan Pemakaman Mgr Dogma Situmorang OFMCap. Mari Doakan!

Admin

Leave a Comment