Katolikpedia.id

Mantan Pimpinan Umum Jesuit Sedunia Tutup Usia. Mari Kita Doakan!

Mantan Pimpinan Umum SJ Romo Adolfo Nicolás SJ

Katolikpedia.id – Superior Jenderal Serikat Jesus (SJ) Romo Arturo Sosa SJ mengumumkan pada Rabu, 20 Mei 2020 bahwa Romo Adolfo Nicolás SJ tutup usia. Mantan Pimpinan Umum Jesuit sedunia itu meninggal di usia 84 tahun.

Romo Adolfo Nicolás SJ meninggal di Tokyo, Jepang, pada 20 Mei 2020, setelah sakit selama beberapa tahun terakhir.

“Dengan kesedihan, tetapi pada saat yang sama penuh rasa syukur, saya ingin memberi tahu Anda bahwa hari ini Tuhan memanggilnya sendiri, Romo Adolfo Nicolás, mantan Pemimpin Umum kita,” kata Romo Arturo Sosa SJ, Superior Jenderal SJ saat ini, dalam sebuah pesan kepada para Jesuit, seperti dilansir dari vaticannews.va (21/5/2020).

Panggilan dan karya Romo Adolfo Nicolás SJ

Romo Adolfo Nicolás SJ lahir di Palencia, Spanyol, pada 29 April 1936, dari pasangan Adolfo Nicolás Rico dan Modesta Pachón. Masa kecil ia habiskan di Barcelona.

Ketertarikannya untuk bergabung dengan Serikat Jesus berkat ajakan seorang saudara laki-lakinya. Ia bergabung pada 14 September 1953 dan menjalani studi filsafat hingga Master di Universitas Alaca, Spanyol. Pada 17 Maret 1967 ia ditahbiskan menjadi imam Jesuit.

Saat sedang menjalani studi filsafat, Adolfo muda menanggapi undangan dari Pimpinan Jesuit saat itu, Romo Jansens, untuk menjadi misionaris ke luar negeri. Jepang adalah negara yang akan jadi ladang misinya.

Maka usai menyelesaikan studi filsafatnya, ia pun berangkat ke Jepang. Dari 1968 hingga 1971, ia melanjutkan studi doktor di bidang teologi di Universitas Kepausan Gregorian Roma, Italia.

BACA: Paus Fransiskus Diserang Gara-gara Ikutan Puasa dan Doa Bersama

Setelah itu, ia kembali ke Jepang dan mengajar teologi sistematik di Sophia University Jepang selama 30 tahun.

Beberapa jabatan penting yang sempat dipercayakan kepadanya sebelum terpilih menjadi Superior Jenderal Serikat Jesus adalah:

  • Profesor Teologi Sistematik
  • Rektor Sekolah Jesuit di Jepang
  • Provinsial SJ Jepang
  • Direktur Institut Pastoral Asia Timur dan menetap di Filipina
  • Presiden Konferensi Provinsial di Asia Timur dan Oseania.

Pada 19 Januari 2008, Romo Adolfo Nicolás SJ terpilih menjadi Superior Jenderal SJ sedunia ke-30 dalam sidang umum para pimpinan SJ yang ke-35.

Delapan tahun kemudian, tepatnya pada 3 Oktober 2016, Romo Adolfo Nicolás SJ mengajukan pengunduran diri dalam Sidang Umum Pimpinan SJ yang ke-36 dengan alasan kesehatan.

Setelah pengunduran dirinya itu, rupanya mantan Pimpinan Umum Jesuit sedunia itu kembali ke Jepang, tempat tugasnya yang pertama ketika ia menerima tawaran misi berpuluh tahun silam.

Akhirnya di tanah misinya yang pertama itu pula, mantan Pimpinan Umum Jesuit tersebut tutup usia.

Romo Arturo Sosa SJ mengenang pendahulunya itu sebagai “hadiah untuk Umat Allah dan untuk masa depan, cahaya bagi mereka yang berhasrat untuk melayani Tuhan yang sama dalam Serikat Jesus.”

Ia menggambarkan Pastor Adolfo sebagai “orang yang bijaksana, rendah hati dan bebas; sepenuhnya dan murah hati diberikan kepada tugas pelayanan; tergerak oleh mereka yang menderita di dunia, tetapi pada saat yang sama dipenuhi dengan harapan yang diambil dari imannya kepada Tuhan yang Bangkit.”

Lantas, Romo Arturo Sosa SJ pun mengajak kita semua untuk mendoakan keselamatan jiwa Romo Adolfo Nicolás SJ. Kita juga bersyukur untuk pelayanan yang sudah ia berikan untuk Gereja Katolik sedunia melalui tarekat religius, Serikat Jesus.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Mgr Martinus Dogma Situmorang OMFCap Butuh Doa-Doamu. Dia Sedang Sakit

Admin

Terkenal Pintar dan Sudah Bekerja di Amerika, Pria Ini Malah Memilih Menjadi Imam. Ini Kisahnya!

Steve Elu

Mujizat! Suster Ini Sembuh Setelah Berziarah ke Lourdes

Edeltrudizh

Leave a Comment