Katolikpedia.id

Memasuki Masa Adven, Youcat Indonesia Ajak OMK: “1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus”

masa-adven-2020-adventure-bersama-kristus

Katolikpedia.id – Minggu Adven pertama tahun ini jatuh pada 29 November 2020. Sayangnya, kali ini perayaannya sedikit berbeda, karena sebagian umat harus merayakan masa Adven secara online.

Faktor pandemi yang masih terus merajalela, menyebabkan sebagian Gereja Katolik masih ditutup hingga saat ini.

Pandemi memang membatasi aktivitas kita, tapi bukan iman kita. Semangat harus tetap ada dan hati kita perlu dipolesi sebaik mungkin sebelum menyongsong kelahiran Yesus.

MOHON DUKUNGAN:

Nah, selama masa Adven ini, Youcat Indonesia punya program khusus namanya ADVENTure†. Program ini ditujukkan untuk Orang Muda Katolik (OMK).

Tapi sebelum kita memahami apa itu ADVENTure†, kamu sudah tahu belum apa itu Youcat Indonesia?

YOUCAT adalah Gerakan Anak Muda Kristiani yang cinta akan ajaran iman Gereja yang benar, demi menjadi saksi iman di dalam Gereja dan masyarakat. Salah satu misinya adalah untuk mendampingi anak muda dalam pengembangan iman Katolik.

ADVENTure†: Berpetualang bersama Kristus

ADVENTure† artinya “Adventure, in this Advent, you are with Christ! Melalui program ini OMK diajak untuk berpetualangan bersama Kristus selama masa Adven.

Petualangan ini isinya berupa challenge. Orang Muda Katolik diajak untuk menantang diri sendiri dengan aksi-aksi nyata tapi sederhana, konkrit, jelas, dan tentunya berakar dari Kitab Suci.

Sejumlah aksi nyata tersebut adalah retret rohani, untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran Kristus.

Baca Juga: Ini 5 Hal Penting Tentang Sejarah Masa Adven Agama Katolik. Kamu Harus Tahu

ADVENTure† 2020: “1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus”

“1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus” merupakan tema dari program ADVENTure† 2020. Kita diajak untuk menyatukan hati dan perasaan bersama Kristus. Baik itu Perasaan bahagia, sedih, takut ataupun khawatir, karena kita percaya bahwa bersama Kristus kita bisa menimba semangat dan keberanian.

Nah, untuk menjalankan program ADVENTure†, orang muda Katolik perlu menerapkan beberapa tahap ini dalam aktivitas sehari-hari.

#1 KNOW & SHARE”

Bacalah Kitab Suci sesuai kalender liturgi Gereja pada hari itu, bacalah pula YOUCAT maupun DOCAT untuk merefleksikannya. YOUCAT Indonesia sudah menyiapkan refleksi singkat buatmu pada bagian caption postingan Instagram harian di akun @youcatid setiap harinya untuk membantumu, Sobat YOUCAT

#2 “MEET”

Tidak hanya membaca dan merefleksikannya, tetapi kita juga diundang untuk menjaga relasi dengan Allah melalui “Meet”, yakni perjumpaan dengan Allah sendiri.

Pada caption postingan Instagram, kamu akan menemukan doa singkat yang refleksinya berangkat dari renungan singkat sebelumnya.

#3 “EXPRESS”

Tahap terakhir adalah express, yaitu aksi nyata sederhana yang kita lakukan berdasarkan refleksi dari bacaan harian.

Kamu akan dengan mudah melihat aksi nyata yang perlu kamu lakukan setiap harinya ketika melihat postingan Instagram harian di akun @youcatid.

Semoga melalui tahap “Know, Share, Meet, Express” pada program ADVENTure† 2020 ini, orang muda untuk lebih menghayati Masa Adven dalam mempersiapkan kelahiran Yesus Kristus, Sang Imanuel pada Hari Raya Natal nanti, serta lebih memaknai “1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus”.

Untuk lebih memahami makna dari program  ADVENTure† ini, sahabat Katolikpedia bisa simak di beberapa link di bawah ini ya

  • Penjelasan tentang “Apa itu ADVENTure†? Silakan simak di sini
  • Penjelasan detail tentang tema ADVENTure† 2020 “1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus”, bisa disimak di link ini
  • Dan bagaimana  menjalankan program ADVENTure† 2020 itu, bisa klik di link ini
  • Untuk Mengunduh Kalender ADVENTure† 2020, bisa klik di sini
Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Paus: Kita Semua adalah Pribadi Terindah untuk Tuhan yang Mencintai Kita

Steve Elu

Sedih! Dalam Sehari, Umat Katolik Kehilangan Seorang Imam dan Seorang Bruder

Edeltrudizh

Mohon Doa, Pebulu Tangkis Kevin Sanjaya Positif Covid-19

Edeltrudizh

Leave a Comment