Katolikpedia.id

Tips Merayakan Masa Adven bagi Umat Katolik. Kamu Bisa Praktekan di Rumahmu!

masa-adven-katolik

Katolikpedia.id – Bagi gereja Katolik, sebelum merayakan Natal kita akan memasuki masa Adven. Nah, masa Adven ini berlangsung selama empat pekan.

Sebagai umat Katolik, ini merupakan momen yang sangat berharga, karena dengan memasuki masa Adven pertanda kita akan segera menyambut kelahiran Sang Juruselamat.

Mungkin sebagian umat Katolik ada yang bertanya, selain menghadiri misa di Gereja, kira-kira hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk merayakan momen penting ini?

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan dipraktekan di rumah :

1. Membuat kreasi lilin adven di rumah

Sahabat Katolikpedia mungkin sudah tidak asing lagi dengan kreasi lilin adven yang sering dipajang saat masa Adven di gereja.

Desain itu terdiri dari empat lilin, tiga diantaranya berwarna ungu dan sisanya berwarna pink yang disusun berbentuk lingkaran. (Penjelasan tentang makna keempat lilin ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya).

Desain serupa bisa juga kok dipraktekan di rumah. Berkreasilah sekreatif mungkin agar desain yang dihasilkan pun mirip dengan dekorasi yang sering kita temui di Gereja.

contoh-dekorasi-adven-katolik
(Foto : Jani_Indrawati)

Salah satu tujuan memasang lilin Adven di rumah ialah, agar kita tak hanya menghayati masa Adven ketika berada di gereja saja, tapi juga di lingkungan tempat tinggal kita.

Selain itu, suasana rumah kita pun akan sedikit berbeda dari biasanya, karena ketika melihat dekorasi tersebut, kita akan selalu diingatkan bawha saat ini kita sedang berada dalam masa penantian.

2. Berdoa dan membaca Alkitab

Jika selama ini kamu lalai dalam doa, maka momen Adven ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membenahi diri.

Kamu bisa mengatur jadwal khusus untuk berdoa secara rutin di rumah, kost, kontrakan, dll. Doa bisa dilaksanakan saat malam hari, atau pagi  hari. Selain berdoa, kamu juga bisa meluangkan waktumu untuk membaca alkitab dan merenungkannya.

3. Berefleksi dan memperbaiki diri

Melakukan refleksi pribadi ini sangat penting sahabat. Selain berdoa, kita juga harus merenungkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini sering kita lakukan.

Misalnya, selama ini kamu adalah pribadi yang suka marah-marah, maka dalam masa penantian ini kamu bisa mencoba sebisa mungkin untuk mengurangi kebiasaan itu.

Buatlah resolusi-resolusi sederhana untuk mengubah prilaku dan meninggalkan kebiasaan buruk itu dan berubah ke arah yang lebih positif.

Misalnya : melayani sesama, lebih sabar dalam menghadapi masalah, berbagi dengan mereka yang kurang mampu, mendoakan orang yang membencimu, dll. Dengan begitu, kita membenahi hati kita untuk menyongsong kelahiran Yesus dengan penuh kesiapan.

4. Mendengarkan lagu rohani

Selain beberapa poin di atas, kamu juga bisa memutar dan mendengarkan lagu-lagu rohani yang bertema Natal. Melalui lagu-lagu tersebut kita selalu diingatkan bahwa Natal akan segera tiba.

Jadi bagaimana? Apakah sahabat Katolikpedia sudah siap untuk memasuki masa Adven? Jangan lupa bahwa masa Adven adalah masa persiapan menyongsong kelahiran Yesus, maka kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Artikel Terkait:

Tuhan Pimpinlah Langkahku Ini ke Jalan yang Benar

Edeltrudizh

Pesan Paus Fransiskus kepada Umat Katolik : “Berhentilah Bergosip”

Edeltrudizh

Kriteria untuk Mengetahui Siapa Tetangga Kita Menurut Paus Fransiskus

Steve Elu

Leave a Comment