Katolikpedia.id

Sedih! Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFMCap Tutup Usia

Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFM.Cap

Katolikpedia.id – Umat Katolik mengawali bulan November ini dengan suasana duka. Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFM.Cap meninggal dunia.

Dilansir dari katoliknews.com, Mgr. Anicetus Sinaga mulai dirawat di RS Sta. Elisabeth, Medan, sejak 16 Oktober 2020 lalu. Hasil tes swab menyatakan Mgr. Anicetus positif Covid-19.

Beberapa hari lalu sebelum tutup usia, beredar foto-foto Mgr. Anicetus di media sosial. Dalam sejumlah foto tersebut, terlihat kondisi bapak Uskup semakin memburuk. Sabtu, 7 November 2020, perjalanan hidupnya di dunia berakhir.

MOHON DUKUNGAN:

Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFM.Cap
Mgr. Anicetus Sinaga, di RS

Kabar duka ini disampaikan melalui fanpage Keuskupan Sibolga, sesaat setelah kepergian bapak Uskup.

“Berita dukacita! Telah meninggal dengan tenang Mgr Anicetus B Sinaga, OFM Cap Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, tadi sore sekitar pukul 18.00 WIB di RS Elisabeth Medan.

Marilah kita umat Keuskupan Sibolga berdoa untuk keselamatan jiwa Mgr dan semua rencana pemakaman berjalan lancar. Informasi selanjutnya, akan dikeluarkan ordinariat Keuskupan Sibolga dan Uskup Agung Medan.”

Pastor Borta Rumapea, O.Carm juga membenarkan kabar duka tersebut melalui pesan singkat yang dibagikan via whatsapp.  

“Berita Duka. Telah Meninggal dunia dengan tenang hari ini, pkl.18.00. Yang Mulia Mgr. Emeritus B. Sinaga, OFM.Cap, di Rumah Sakit St. Elisabeth Medan. Malam ini dan besok akan disemayamkan di Gereja Katedral Medan. Para LHB n umat Allah terdekat dipersilahkan datang berdoa. RIP. Informasi selanjutnya akan kami sampaikan. Terimaksih”

Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, O.F.M. Cap. lahir di Naga Dolok, Tapian Dolok, Simalungun, Sumatra Utara, 25 September 1941. Ini berarti sebulan yang lalu, bapak Uskup baru merayakan ulang tahunnya yang ke-79.

Selang dua puluh hari setelah perayaan ulang tahunnya, Mgr. Anicetus dirawat di RS. Sta. Elisabeth Medan. 22 hari kemudian, ia meninggal dunia.  

Baca Juga: 15 Quotes Carlo Acutis ini Sangat Inspiratif. Umat Katolik Harus Tahu

Mgr. Anicetus ditahbiskan sebagai Uskup pertama Keuskupan Sibolga pada 6 Januari 1981, oleh Santo Paus Yohanes Paulus II di Basilika Santo Petrus Vatikan.

Pada 22 Februari 2009, ia dilantik sebagai Uskup Agung Medan, menggantikan pendahulunya, Mgr. Alfred Gonti Pius Datubara, O.F.M. Cap.

Selama 9 tahun, Mgr. Anicetus menggembalakan umat Katolik di Keuskupan Agung Medan. Ia pensiun pada 8 Desember 2018.

Pasca Mgr. Ludovikus Simanullang, O.F.M. Cap tutup usia, Uskup Emeritus ini ditunjuk sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga. Jabatan tersebut diembannya hingga wafat.

Selamat jalan Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, terima kasih sudah menjadi panutan bagi kami. Mari, kita mengiringi perjalanan pulang bapak Uskup dengan doa.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Wow! 10 Orang Ini Terima Stigmata dari Yesus. No.1 Masih Hidup!

Steve Elu

Fakta Umat Katolik Inggris Percaya Bunda Maria dapat Melindungi Mereka dari Covid-19

Tiwie Pert

Kabar Gembira! Di Italia, Misa di Gereja Sudah Diperbolehkan

Tiwie Pert

Leave a Comment