Katolikpedia.id

Mgr Peter Baldacchino Menjual Rumah Keuskupan dan Pindah Ke Paroki agar Dekat dengan Umat

Mgr Peter Baldacchino Membagikan Komuni

Katolikpedia.id – Belum lama ini, Uskup Keuskupan Las Cruces, New Mexico, Amerika Serikat, Mgr Peter Baldacchino menjual rumah keuskupannya dan pindah ke Paroki Hati Maria Tak Bernoda Katedral Las Cruces.

Mgr Baldacchino menjual rumah keuskupan yang selama ini menjadi tempat tinggalnya untuk menghimpun dana bagi keuskupannya. Uang hasil penjualan tersebut digunakan untuk menjalankan roda pelayanan di keuskupannya selama masa pandemi covid-19.

Di Paroki Katedral Las Cruces, ia menempati sebuah kamar tamu yang cukup sederhana.

Mgr Peter Baldacchino mengaku bahwa pertimbangan ia pindah ke Paroki Katedral adalah ia ingin dekat dengan umat dan para romo-romonya.

“Saya ingin menjadi lebih dekat dengan para imam dan umat. Di situlah seorang uskup harusnya berada. Saya ingin kita semua menjadi lebih dekat,” ujarnya saat dalam sebuah wawancara dengan CNA, Senin, 16 April 2020.

BACA: Gereja dan Booming Live Streaming

Keinginannya untuk dekat dengan umat ia buktikan pada Minggu, 15 April 2020 lalu. Ia membuat sebuah panggung di halaman Gereja Katedral Las Cruces untuk memimpin Misa dari atas panggung itu. Sementara umat mengikuti Misa tersebut dari atas mobil masing-masing di halaman Gereja Katedral.

Saat komuni, Mgr Baldacchino berkeliling dari mobil ke mobil dan membagikan komuni. Ia mengenakan masker dan sarung tangan saat membagikan komuni kepada umat.

Atas tindakannya itu, seseorang melaporkannya kepada pihak kepolisian. Si pelapor menilai, Mgr Peter Baldacchino mengumpulkan massa di gereja, padahal pemerintah melarang orang-orang berkumpul lebih dari lima orang.

Lantas polisi datang ke gereja untuk mengecek kebenaran laporan tersebut. Dan apa yang terjadi?

Ketika polisi datang dan melihat secara langsung apa yang dilakukan oleh Mgr Baldacchino, mereka terkejut.

“Mereka datang dan melihat apa yang kami lakukan. Kami menjelaskan semuanya dan mereka berkata, ‘Bapa, ini baik-baik saja. Kami tidak dapat melihat masalah. Kami minta maaf’,” ujar Mgr Baldacchino.

BACA JUGA: Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik

Tak sampai di situ saja. Di hari yang sama, uskup kelahiran Sliema, Malta, 15 Desember 1960 itu menerbitkan surat edaran yang meminta semua romo di keuskupannya agar aktif dalam melayani umat Katolik selama masa sulit karena pandemi covid-19.

Ia meminta para imamnya untuk membawa Komuni Suci dan dibagikan kepada umat. Pelayanan Misa requiem dan Misa pernikahan boleh tetap diadakan, dengan tetap memperhatikan protokoler covid-19 yang diterbitkan pemerintah.

“Kita harus membawa terang Kristus ke dalam kegelapan ini. Kita tidak dapat menutup diri. Kedekatan pada saat ini adalah sesuatu hal yang dilarang, namun inilah yang kita sebut sebagai imam: dekat dengan umat kita,” tulisnya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Doa Katolik dalam Kesulitan Hidup, Terutama Anda yang Menghadapi Masalah Berat

Admin

Tuhan Pimpinlah Langkahku Ini ke Jalan yang Benar

Edeltrudizh

Di Sini Kamu Bisa Temukan Cerita Masa Kecil Kardinal Ignatius Suharyo Hingga Dia Jadi Uskup

Steve Elu

Leave a Comment