Katolikpedia.id

Puji Tuhan! Gereja Kembali Dibuka, Umat di Keuskupan Bogor Bisa Pergi ke Gereja

Mgr Bruno Syukur OFM Gereja Kembali Dibuka

Katolikpedia.id – Umat Katolik Keuskupan Bogor patut mengucap syukur kepada Tuhan, sebab gereja-gereja kembali dibuka untuk Misa.

Pihak Keuskupan Bogor memutuskan untuk “mengaktifkan kembali” kegiatan kegerejaan di gereja. Salah satunya ialah Misa.

Seperti yang kita ketahui, sejak Maret 2020, Misa di gereja di seluruh Indonesia ditiadakan. Ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang beredar luas hampir di seluruh Indonesia.

Misa yang biasa diadakan pada Sabtu sore dan Minggu di Gereja diganti dengan Misa online. Umat mengikuti Misa dari rumah masing-masing, melalui siaran langsung di YouTube atau media sosial lainnya.

BACA: Tugas Orang Muda Katolik Menurut Paus Fransiskus. Lakukan Agar Masa Depanmu Cerah

Setelah menanti hampir tiga bulan, akhirnya Keuskupan Bogor memutuskan untuk memulai kembali menggelar Misa di gereja. Gereja-gereja di seluruh Keuskupan Bogor pun diperbolehkan mengadakan Misa.

Pengumuman tentang gereja kembali dibuka untuk Misa hari Minggu ini diumumkan oleh Uskup Keuskupan Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM, melalui surat edaran.

Dalam surat bernomor 039/SKB/VI/2020 tersebut diumumkan bahwa Misa di gereja-gereja sudah boleh diadakan, mulai Sabtu, 20 Juni 2020.

“Disepakati bahwa Perayaan Ekaristi dibuka untuk umat (dengan batasan-batasan khusus diatur oleh Paroki Masing-masing) mulai pada tanggal 20 Juni 2020 (Sabtu) dan seterusnya,” demikian bunyi salah satu kutipan dari surat edaran tersebut.

Di sana juga disertakan anjuran-anjuran yang hendaknya diperhatikan oleh setiap gereja saat menyelenggarakan perayaan Ekaristi, sesuai dengan aturan physical distancing yang ditetapkan pemerintah.

BACA JUGA: Panduan Novena Kepada Santo Yudas Tadeus untuk Menghadapi Masalah Besar

Umat pun diimbau untuk memperhatikan hal-hal berikut: membawa hand-sanitizer sendiri; memakai masker dari rumah; siap akan dites suhu tubuh oleh petugas di gereja; yang sedang flu, sakit diminta untuk tidak ikut ke gereja (kerumunan); menjaga jarak; orang yang usia lanjut dianjurkan untuk tinggal di rumah, namun bila sehat dan kuat tidak dilarang untuk ikuti Ekaristi; selesai perayaan umat langsung pulang.

Untuk selengkapnya, silakan dibaca pada gambar di bawah ini.

Gereja Kembali Dibuka Keuskupan Bogor
Gereja Kembali Dibuka Keuskupan Bogor 2

Kita bersyukur bahwa akhirnya gereja kembali dibuka untuk umat bisa mengikuti Misa secara langsung. Meski ini baru berlaku di Keuskupan Bogor, kita berharap banyak agar keuskupan-keuskupan lain segera mengikuti, sambil mempertimbangkan persebaran covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Mgr Pezzoli yang Tinggal Satu Rumah dengan Paus, Positif Corona. Berdoalah untuk Paus Fransiskus

Steve Elu

Hai OMK, Manfaatkan Potensimu, Beranilah Melangkah dan Yakinlah kepada Tuhan

Fr Andreas Anggit W.

Paus Fransiskus : Hanya Orang Munafik yang Ketika Berdoa, Ia Ingin Dilihat dan Dikagumi

Edeltrudizh

1 comment

Corona Menyebabkan 24 Romo Meninggal Dunia, Termasuk 4 Diakon dan 2 Suster | Katolikpedia.id June 24, 2020 at 1:22 am

[…] BACA JUGA: Puji Tuhan! Gereja Kembali Dibuka, Umat di Keuskupan Bogor Bisa Pergi ke Gereja […]

Reply

Leave a Comment