Katolikpedia.id

Kakak Kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, Monsinyur Georg Ratzinger, Meninggal Dunia

monsinyur georg ratzinger meninggal

Katolikpedia.id – Kabar duka menyelimuti Gereja Katolik. Kakak kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, monsinyur Georg Ratzinger, meninggal dunia.

Monsinyur Georg meninggal di rumah sakit Regensburg, Jerman, pada Rabu, 1 Juli 2020. Ia meninggal di usia 96 tahun.

Imam sekaligus konduktor ternama di Jerman itu jatuh sakit sejak beberapa waktu lalu. Sang adik, Paus Emeritus Benediktus XVI sempat datang menjenguknya di rumah sakit tempat ia dirawat.

Sejak kunjungan itu, banyak orang menduga bahwa ini adalah perjumpaan terakhir. Dan benarlah demikian. Sulung dalam keluarga Ratzinger itu akhirnya dipanggil pulang ke rumah Bapa.

BACA: Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus

Georg Ratzinger lahir di Pleiskirchen, Bavaria, pada 15 Januari 1924. Sempat mengalami masa sulit saat Perang Dunua II, Georg dan adiknya Joseph Ratzinger, kini Paus Emeritus Benediktus XVI, sama-sama memulai panggilan imamat dengan masuk seminari pada akhir 1945.

Keduanya lalu ditahbiskan secara bersamaan pada 27 Juni 1951, oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Munich masa itu, Kardinal Michael von Faulhaber.

Usai ditahbiskan, Romo Joseph Ratzinger muda meneruskan studi teologi hingga menjadi profesor dan teolog, sementara Georg mendalami musik. Kemampuan bermain piano itu sudah ia punyai sejak usia remaja. Bahkan ia sudah mengiringi kor di parokinya saat masih berusia 11 tahun.

Karir musik Romo Georg terus ia asah, baik dari studi formal maupun studi non formal. Bakatnya itu mengantarkan dia menjadi salah satu musikus paling dikagumi di Jerman. Gelar monsinyur di depan namanya adalah sebuah penghargaan untuk jasa-jasanya itu.

Monsinyur Georg Ratzinger pernah menggelar tur konser hingga ke daratan Asia, dimana ia bertindak sebagai konduktor. Ia juga mengemban tugas itu saat Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Jerman pada 1980.

Waktu adiknya Mgr Joseph Ratzinger dilantik menjadi kardinal pun ia didaulat menjadi konduktor untuk kor dalam Misa pelantikan.

BACA JUGA: Dua Ratzinger Bertemu, yang Satu Sedang Sakit. Kita Bawa dalam Doa.

Kakak-adik dari keluarga Ratzinger ini memang terkenal dekat. Hingga usia sepuh pun mereka tetap saling mendukung. Waktu mendengar kabar kakaknya sedang sakit parah beberapa minggu lalu, Paus Emeritus Benediktus XVI bela-belain datang ke Jerman untuk menjenguk sang kakaknya.

Sebelumnya, saat ulang tahun, Natal, juga liburan musim panas, monsinyur Georg-lah yang selalu datang ke Vatikan untuk menemani adiknya, Paus Emeritus Benediktus XVI.

Kini, dalam keluarga inti Ratzinger, hanya tinggal Paus Emeritus Benediktus XVI. Mari kita mendoakannya agar ia tetap kuat dalam menjalani hari-harinya.

Sementara bagi mendiang monsinyur Georg, semoga ia diberi tempat yang layak di sisi Tuhan. Dan bawalah keluarga dan kenalan kita yang sudah meninggal atau sedang sakit ke dalam doa-doa kita.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Pembohong Besar Kalau Kamu Bilang: Mencintai Allah Tapi Tidak Mencintai Sesama

Tiwie Pert

Romo Kembar Ditahbiskan, Kesaksian Orangtuanya Sangat Menyentuh Hati

Edeltrudizh

Kreatif! Pastor-pastor Ini Memberkati Keuskupannya dari Helikopter agar Bebas dari Corona

Tiwie Pert

Leave a Comment