Katolikpedia.id

Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik

mukjizat-ekaristi

Katolikpedia.id – Dalam catatan sejarah banyak sekali terjadi mukjizat yang terkait dengan Ekarisiti atau hosti kudus. Namun tidak semua peristiwa luar biasa tersebut serta-merta langsung diakui Gereja Katolik.

Ketika sebuah peristiwa luar biasa terjadi, Gereja Katolik selalu mengambil langkah hati-hati, sebelum mengamininya sebagai sebuah mukjizat.

Salah satu cara yang biasa ditempuh adalah, melakukan kajian ilmiah selengkap mungkin bahkan berulang-ulang, dalam waktu yang panjang, sampai Gereja betul-betul yakin untuk mengklaim sebuah peristiwa luar biasa sebagai mukjizat.

Di sini kita akan membahas 5 mukjizat Ekaristi yang paling terbaru. Kelima mukjizat tersebut sudah diakui oleh Paus sebagai pimpinan tertinggi Gereja Katolik atau otoritas Gereja yang memiliki wewenang untuk itu.

# Mukjizat Ekaristi Betania

Dari sumber yang Tim Katolikpedia telusuri, mukjizat Ekaristi yang kejadiannya belum terlalu lampau dari waktu kita saat ini adalah, mukjizat Ekaristi yang terjadi di Betania pada 8 Desember 1991.

mukjizat-ekaristi-di-betania
(Foto : therealpresence.org)

Mukjizat ini terjadi dalam Misa, Pesta St Maria Dikandung Tanpa Dosa di Betania, Venezuela yang dipersembahkan oleh Pastor Otty Ossa Aristizabal.

Ketika itu, Hosti Kudus yang sudah dikonsekrir mengalirkan darah. Tim Medis yang memeriksa darah tersebut mengkonfirmasi bahwa darah tersebut adalah darah manusia.

Uskup setempat memaklumkan peristiwa tersebut sebagai tanda trans-substansiasi, dengan mengatakan Tuhan hendak menyatakan kepada kita bahwa iman kita akan Hosti yang telah dikonsekrir adalah benar.

Baca Juga : Mujizat! Suster Ini Sembuh Setelah Berziarah ke Lourdes

# Mukjizat Ekaristi Bordeaux

Mukjizat ini terjadi di sebuah biara suster di Bordeaux, sebuah kota pelabuhan di tepi Sungai Garone, Prancis Barat Daya.

Pasca revolisi Prancis tahun 1789 sampai 1799, kehidupan religus di Bordeaux tumbuh subur. Biara-biara baru untuk calon suster dan pastor bermunculan. Salah satunya ialah Komunitas Keluarga Kudus yang didirikan oleh Pastor Pierre Noaille.

Suatu hari di tahun 1822, saat seorang imam mentakhtakan Sakramen Maha Kudus di Gereja St. Eulalia Rue Mazarin, Bordeaux ia melihat kepala, dada, dan lengan Yesus berada di tengah sebuah lingkaran seperti lukisan dalam bingkai namun terlihat seperti hidup.

mujizat-ekaristi-di-Bordeaux
(Foto : therealpresence.org)

Peristiwa itu kemudian segera dilaporkan ke uskup setempat. Selanjutnya, Uskup Agung Bordeaux mengumumkan pengakuan Gereja atas mukjizat ekaristi tersebut.

Lalu, Paus Leo XII (1760-1829) mengakui peristiwa itu sebagai sebuah mukjizat dan menetapkan Pesta Keluarga Kudus untuk mengenangnya. Sejak saat itu, setiap tahun di biara-biara Kongregasi Keluarga Kudus diadakan perayaan khusus untuk menghormati mukjizat Ekaristi ini. Monstran yang dipakai pada hari terjadinya mukjizat masih tersimpan di biara Bordeaux.

# Mukjizat Ekaristi Pezilla-La-Riviere

Pada 1793, sebuah mukjizat Ekaristi terjadi di Pezilla-la-Riviere, Prancis. Mukjizat ini tercatat sebagai salah satu mukjizat yang terjadi bersamaan dengan revolusi Prancis.

Saat revolusi Prancis terjadi gelombang anti Katolik menyebar. Para romo, suster dan biarawan-biarawati diusir hingga terancam dibunuh. Gereja-gereja pun terancam dihancurkan.

Di Pezilla-La-Riviere terdapat sebuah gereja kecil. Hari Minggu 15 September 1793, Pastor Jacques Pérone datang ke gereja kecil itu untuk merayakan Ekaristi. Setelah itu ia menyimpan empat hosti kecil dan satu hosti besar yang sudah dikonsekrasikan, untuk kepentingan pelayanan sakramen kepada orang sakit.

Dua hari kemudian 17 September 1793 para tentara revolusi tahu keberadaan Pastor Parone. Mereka pun datang untuk menangkapnya. Dengan bantuan umat Katolik yang ada saat itu, Pastor Parone lari meninggalkan gereja.

Di tengah pelariannya, ia baru teringat akan hosti suci yang tersimpan di tabernakel. Ia tidak bisa kembali ke gereja karena gereja sudah dalam penjagaan ketat para tentara revolusi. Hosti-hosti itu dibiarkan di dalam gereja.

Beberapa waktu kemudian setelah situasi lebih kondusif, dua umat yang cukup berpengaruh di Pezilla-La-Riviere, Tuan Jean Bonafas dan TUAN  Rose Llorens minta izin kepada walikota untuk masuk dan mengecek gereja. Diam-diam mereka mengambil hosti-hosti itu untuk diselamatkan.

Hosti besar dibawa dan disimpan oleh Jean Bonafas. Sementara keempat Hosti yang kecil disembunyikan Rose Llorens. Jean menempatkan Hosti Kudus itu dalam sebuah kotak kayu dan disembunyikan di bawah lantai rumahnya.

Sementara Rose menempatkan Hosti Kudus dalam sebuah cawan gelas bertutup dan kemudian menempatkannya dalam sebuah tas sutera merah.

Tahun 1800 saat revolusi berakhir beberapa romo bersama dua umat tadi mengeluarkan hosti-hosti yang disembunyikan itu. Maka terlihat dengan sangat jelas sebuah segel berwarna coklat tua terbentuk di sekeliling bagian luar cawan.

Tujuh hari kemudian kotak kayu yang berisi hosti besar di rumah Jean dibuka dan Hosti itu masih terletak di dalam Monstran, sama indah dan sama putih bersihnya seperti saat ditempatkan di sana, hampir tujuh tahun silam.

Hosti-hosti Kudus itu dalam keadaan utuh dan tidak rusak hingga tahun 1930. Lalu Hosti Kudus tersebut  ditempatkan dalam sebuah tabernakel yang baru dibangun, yang terletak di belakang altar utama gereja.

# Mukjizat Ekaristi Siena

Di Siena, Italia tahun 1730 sebuah mukjizat terjadi dan masih tercatat sampai hari ini. Mukjizat itu terjadi pada 14 Agustus 1730, sehari sebelum Pesta Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga.

Waktu itu terjadi perampokan di Gereja (sekarang basilika) St Fransiskus Siena. Para pencuri berhasil masuk ke dalam gereja dan mencuri sibori emas berisi 351 Hosti yang sudah dikonsekrir.

Ketika para petinggi Gereja menyadari apa yang telah terjadi segala kegiatan pada hari itu dihentikan dan doa-doa pun dipanjatkan oleh semua umat Katolik di Siena, agar hosti-hosti kudus itu dikembalikan.

Tiga hari kemudian Hosti Kudus ditemukan di kotak dana gereja bagi orang-orang miskin dan jumlahnya masih utuh.

Hosti-hosti itu dibersihkan dan diarak kembali ke dalam gereja. Pada waktu itu, keluar kebijakan agar hosti-hosti tersebut hanya disimpan dan tidak boleh digunakan dalam perayaan Ekaristi. Tahun demi tahun berlalu hosti-hosti itu tampak tetap baru seperti pada mulanya.

Pada 1914, Paus St. Pius X memberi instruksi untuk diadakan ujian ilmiah yang melibatkan sejumlah professor, termasuk profesor terkenal Siro Grimaldi dan sejumlah tenaga kesehatan dan farmasi.

#mukjizat-ekaristi-di-siena-italia
(Foto : traditionalcatholic.co)

Hasil tes menyimpulkan hosti tersebut tak beragi, sama seperti hosti yang selama ini digunakan oleh Gereja Katolik.

Saat mengunjungi kota Siena pada 14 September 1980, Paus Yohanes Paulus mengunjungi Basilika St Fransiskus Siena dan berdoa di depan Hosti Kudus yang dicatat sebagai salah satu mukjizat Ekaristi itu.

# Mukjizat Ekaristi Faverney

Mukjizat Ekaristi selanjutnya terjadi pada 1608 di Faverney, Prancis. Mukjizat ini terjadi pada Hari Pentakosta,  tanggal 25 Mei.

Di hari itu umat berkumpul untuk merayakan Hari Raya Pentakosta. Sore harinya diadakan pentakhtaan Sakramen Mahakudus di altar gereja. Dua lampu minyak ditempatkan di situ sebagai penerang.

Pagi hari selanjutnya saat petugas gereja membuka pintu-pintu gereja, ia melihat asap hitam menyelimuti altar dan seisi gedung gereja.Terjadi kebakaran.

Ia bersama para romo dan umat yang ada berusaha memadamkan api. dan tampak kepada mereka  monstrans berisi Hosti Kudus melayang-layang sementara altar dan taplak altar habis terbakar.

mujizat-ekaristi-di-Faverney
(Foto : therealpresence.org)

Banyak umat berdatangan untuk melihat peristiwa itu sementara para biarawan segera mempersembahkan altar baru untuk mempersembahkan Misa. Baru pada keesokan harinya saat konsekrasi dalam Perayaan Ekaristi, monstrans itu turun dan dalam keadaan utuh.

Penyelidikan terhadap peristiwa ini dilakukan dengan melibatkan sedikitnya 54 orang dari kalangan imam, suster dan umat. Mereka memberikan kesaksian dengan membuat surat pernyataan. Pernyataan-pernyataan para saksi di bawah sumpah ini masih tersimpan di dalam gereja  hingga kini.

Pada 30 Juli 1608 uskup setempat menyatakan bahwa peristiwa tersebut adalah mukjizat. Lantas,  sebuah prasasti marmer dipasang di bawah lokasi di mana Hosti melayang, dengan tulisan “Lieu Du Miracle” yang artinya : “Tempat terjadinya Mukjizat.”

Inilah 5 mukjizat yang dikenang Gereja Katolik hingga sekarang. Masih akan ada ulasan tentang mukjizat-mukjizat Ekaristi pada postingan selanjutnya. Perlu dicatat bahwa mukjizat-mukjizat ini disajikan bukan bertujuan untuk menyombongkan diri apalagi mencari sensasi.

Mukjizat-mukjizat Ekaristi ini diangkat untuk semakin menguatkan iman kita sehingga kita selalu mencintai Ekaristi yang adalah puncak perayan iman kita.

NB : Silakan simak juga informasi tentang #MukjizatEkaristi ini di channel youtube Katolik Pedia, dan berikan komentar positifmu.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Misteri Paskah adalah Dasar Pertobatan Kita sebagai Orang Katolik

Tiwie Pert

Kreatif! Pastor-pastor Ini Memberkati Keuskupannya dari Helikopter agar Bebas dari Corona

Tiwie Pert

Tak Usah Dendam, Renungkan Ayat Kitab Suci Tentang Pengampunan Ini

Tiwie Pert

5 comments

Unik! Naik Helikopter, Uskup Agung Panama Berkati Daun Palma dan Umat dari Udara | Katolikpedia.id April 6, 2020 at 5:18 pm

[…] BACA: 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik […]

Reply
Ini Deretan Aktor Pemeran Tokoh Yesus. Ada Juga yang Muslim April 10, 2020 at 2:56 am

[…] Baca Juga : Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik […]

Reply
Mgr Peter Baldacchino Menjual Rumah Keuskupan dan Pindah Ke Paroki agar Dekat dengan Umat | Katolikpedia.id April 17, 2020 at 12:10 pm

[…] BACA JUGA: Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik […]

Reply
Fakta! Ini 5 Mukjizat Ekaristi dalam Gereja Katolik. Masih Dikenang Hingga Kini April 25, 2020 at 6:00 am

[…] Baca Juga: Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik […]

Reply
Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu! | Katolikpedia.id May 1, 2020 at 7:07 pm

[…] BACA: Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik […]

Reply

Leave a Comment