Katolikpedia.id

Sejumlah Tempat Mukjizat Ekaristi Ini Bisa Menjadi Tujuan Ziarah Rohanimu. Dimana Saja?

mukjizat ekaristi

Katolikpedia.id – Mukjizat Ekaristi terjadi di sejumlah tempat di dunia. Keajaiban ini terjadi dalam Ekaristi kudus, dimana roti dan anggur berubah menjadi daging dan darah.

Peristiwa mukjizat Ekaristi ini tersebar selama berabad-abad di berbagai belahan dunia. Tak sekedar menjadi cerita yang dibicarakan orang, mukjizat Ekaristi juga meningkatkan penghormatan umat terhadap Tubuh dan Darah Kristus yang mulia.

Tempat terjadinya mukjizat Ekaristi pun menjadi tempat ziarah rohani umat Katolik dari berbagai negara. Dimana saja tempat itu?

MOHON DUKUNGAN:

# Mukjizat Ekaristi Lanciano, Italia

Baca Juga: 3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik

Mukjizat Ekaristi Lanciano, Italia merupakan salah satu mukjizat Ekaristi yang populer di kalangan umat kristiani. Peristiwa ini terjadi pada abad ke-8.

Waktu itu, seorang imam di Lanciano memiliki keraguan tentang kehadiran nyata Kristus dalam Ekaristi. Saat ia mengucapkan kata-kata dalam konsekrasi, dia melihat roti dan anggur berubah menjadi daging dan darah manusia.

Darah menggumpal menjadi lima gumpalan. Hal ini kemudian diyakini mewakili lima luka Kristus.

Daging dan darah itu tersimpan di Gereja San Francesco Lanciano, Italia dan tidak membusuk. Tahun 1971, penelitian terhadap daging dan darah itu dilakukan dan dinyatakan bahwa daging itu adalah jaringan jantung dan darah manusia.

Bila kamu melakukan ziarah rohani ke Gereja San Francesco Lanciano, Italia, kamu bisa melihat daging dan darah ini.

# Mukjizat Ekaristi Santarém, Portugal

mukjizat ekaristi di santarém portugal
Mukjizat Ekaristi di Santarém Portugal (Foto: scross.co.za)

Pada abad ke-13, seorang perempuan meminta nasihat dari seorang perempuan yang bisa sihir karena suaminya tidak setia. Perempuan yang bisa sihir itu akan mengubah perilaku suami perempuan itu jika doa membawa sebuah hosti yang sudah dikonsekrasi.

Perempuan itu pun mengikuti Misa dan menerima Komuni. Tapi dia tidak menyantap Tubuh Kristus itu. Dia mengeluarkan hosti dari mulutnya dan membungkusnya dengan kain.

Hosti itu berdarah dan perempuan itu buru-buru pulang ke rumah untuk menyembunyikannya. Malam itu, cahaya memancar dari tempat hosti disembunyikan. Perempuan itu menceritakan kepada sang suami apa yang terjasi. Kemudian mereka memanggil seorang imam, mengakui dosanya. Lalu imam itu mengembalikan hosti ke gereja.

Tahun 1340, ketika tabernakel dibuka, didapati bahwa hosti ini dalam keadaan pecah di luar wadah lilinnya dan terlihat berada pada sebuah piksis kristal. Pembuluh darah terlihat di hosti tersebut, dari bagian atas hingga bawah serta nampak ada darah di sana.

Pada beberapa kesempatan Hosti ini mengeluarkan darah segar. Gereja itu kemudian diberi nama Gereja Mukjizat Kudus.

# Gereja St Christina Bolsena, Italia

Mukjizat Ekaristi juga terjadi di Bolsena, Italia tahun 1263. Mirip dengan mukjizat Ekaristi di Lanciano, ada seorang imam yang tengah menempuh perjalanan ke Roma dan singgah di Bolsena. Imam ini sulit mempercayai kehadiran nyata Kristus dalam Ekaristi.

Setelah dia melakukan konsekrasi, hosti di tangannya mulai berdarah hingga ke korporal di altar. Mengetahui peristiwa itu, sang imam pun pergi ke kota Orvieto dimana Paus Urbanus IV sedang berkunjung. Dia mengakui dosanya.

Kabar peristiwa mukjizat Ekaristi di Bolsena menyebar luas. Banyak orang berziarah ke tempat mukjizat Ekaristi terjadi yakni di Gereja St Christina Bolsena.

# Mukjizat Ekaristi Blanot, Perancis

Pada hari Minggu Paskah, 31 Maret 1331, sebuah hosti jatuh dari mulut seorang wanita saat Komuni di gereja Blanot. Ketika pastor diberitahu mengenai kejadian ini, mereka melihat ke tempat hosti jatuh. Mereka menemukan darah di tempat seharusnya hosti berada.

Pastor itu pun kemudian membersihkan darah itu dengan kain. Alih-alih noda darah menjadi kecil, justru noda menjadi lebih besar dan gelap. Kain dengan noda darah itu masih di simpan hingga sekarang.

Baca Juga: Ini 10 Fakta Penting tentang Ekaristi. Umat Katolik Harus Tahu

# Gereja St Fransiskus Siena, Italia

Menjelang perayaan Maria Diangkat ke Surga, pada 14 Agustus 1730, seorang pencuri masuk ke Gereja St Fransiskus di Siena. Dia mencuri sibori emas yang berisi hosti yang sudah dikonsekrasi.

Beberapa hari kemudian, hosti-hosti itu ditemukan di di kotak persembahan di gereja, tertutup debu. Setelah dibersihkan, hosti disimpan di sibori. Hosti itu tetap baik meski sudah disimpan dalam waktu yang sangat lama. Hosti kudus disimpan di Basilika St Fransiskus Siena, Italia.

# Mukjizat Ekaristi di Buenos Aires

Mukjizat Ekaristi terjadi di Gereja Santa Maria Buenos Aires, Argentina. Pada 15 Agustus 1996, seorang umat menerima hosti kudus. Hosti itu kemudian jatuh dan dibiarkan begitu saja. Ada umat lain yang melihat hal itu , kemudian memberitahu imam.

Mereka mengambil hosti itu dan meletakkannya di bejana berisi air serta menyimpan di tabernakel. Beberapa waktu berselang mereka memeriksa hosti dan melihat hosti menjadi gumpalan daging yang berdarah.

Tahun 1999, gumpalan daging berdarah ini diperiksa, setelah dilaporkan kepada Uskup saat itu Mgr Jorge Bergoglio (Paus Fransiskus, sekarang). Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bahwa daging itu adalah bagian fragmen otot jantung dan darah manusia golongan AB. Peristiwa hosti menjadi warna kemerahan seperti darah ternyata pernah terjadi di Gereja Santa Maria pada 1992 dan 1994.

# Mukjizat Ekaristi Chirattakonam, India

Saat adorasi Ekaristi di Paroki Santa Maria Chirattakonam, India, noda merah muncul pada hosti. Peristiwa ini terjadi pada 28 April 2001.

Melihat noda merah, imam meletakkan kembali hosti di tabernakel. Beberapa hari kemudian, imam itu memeriksa hosti tersebut.

Waktu itu, sang imam melihat noda membentuk gambar seorang laki-laki bermahkota duri. Monstran dan hosti tersebut masih disimpan di Gereja Santa Maria Chirattakonam, India hingga saat ini.

Itulah sejumlah tempat mukjizat Ekaristi terjadi yang bisa kamu kunjungi. Banyak umat mengunjungi gereja-gereja tersebut untuk berziarah dan berdoa.

Sumber: aleteia.org, catholicherald.co.uk, therealpresence.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Paus Mendoakan 5 Ketakutan yang Kita Hadapi Sekarang. Semoga Tuhan Menolong Kita

Tiwie Pert

Roh Kudus adalah Jaminan Kita untuk Tinggal di dalam Allah dan Tidak Korupsi

Steve Elu

Begini Reaksi Gereja Katolik atas Kematian George Floyd dan Rasisme

Steve Elu

1 comment

Impian- Impian dalam Querida Amazonia, Eksortasi Apostolik Kelima Paus Fransiskus | Katolikpedia.id March 6, 2020 at 1:23 am

[…] Sejumlah Tempat Mukjizat Ekaristi Ini Bisa Menjadi Tujuan Ziarah Rohanimu. Dimana Saja? […]

Reply

Leave a Comment