Katolikpedia.id

List Nama Baptis Katolik Bulan Desember. Sangat Recomended

nama-baptis-katolik-bulan-desember

Katolikpedia.id – Dalam Gereja Katolik, salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum seseorang hendak dipermandikan atau dibaptis adalah pemilihan nama baptis.

Pemilihan nama baptis Katolik tak bisa sesuka hati. Orangtua yang hendak menamai putranya atau putrinya, perlu mencari referensi nama baptis yang cocok dan pas.

Referensi tersebut diambil dari kalender liturgi yang memuat nama-nama orang kudus atau santo/a yang sudah ditetapkan dan diakui Gereja Katolik.

MOHON DUKUNGAN:

Kelak, nama santo atau santa yang dipilih bisa menjadi panutan juga pelindung bagi si pemilik nama tersebut.

Berikut ini kami merekomendasikan sejumlah nama baptis Katolik untuk bayi atau orang dewasa yang hendak dibaptis di bulan Desember.

Nama Baptis Katolik Bulan Desember

1 Desember

Beato Charles de Foucauld

Beato Charles de Foucauld merupakan turunan bangsawan dan seorang perwira. Merasa tidak nyaman dengan jabatannya itu, Beato Charles de Foucauld meninggalkan jabatan dan kemewahannya lalu memilih menjadi pengikut Kristus. Awalnya, ia adalah seoarang Bruder, namun pada tahun 1901 ia ditahbiskan menjadi Imam dan ditugaskan di Afrika Utara. Salah satu pelayananya yang paling berkesan adalah keberaniannya untuk membebaskan dan membela hak-hak para budak.

Santo Edmundus Campion

Santo Edmund (Edmundus) Campion seorang Imam Katolik yang pemberani. Ia berani menolak tawaran Ratu Elizabeth I yang ingin menjadikannya sebagai seorang Diakon di dalam Gereja Anglikan Inggris. Pada 1 Desember 1581, ia wafat pada sebagai martir karena dianiaya secara sadis oleh suruhan Ratu Elizabeth 1.

Santo Eligius

Santo Eligius merupakan seorang uskup yang saleh, bijaksana dan berani. Seperti Beato Charles de Foucauld, ia juga banyak taktik untuk menyelamatkan para budak. Salah seorang budak yang dibebaskannya adalah Santo Tilo dari Solignac.

Santa Natalia dari Nikomedia

Natalia adalah istri dari santo Adrianus, seorang perwira yang mati dianiaya demi Kristus. Hidup Santa Natalia sangat saleh. Saat suaminya ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara, hingga dieksekusi mati, Natalia selalu menjadi pendamping setia dan tak pernah menyalahkan Tuhan atas kejadian buruk yang menimpa suaminya. Justru imannya semakin tangguh dalam mencintai Kristus.

2 Desember

Santa Bibiana

Santa Bibiana merupakan perawan dan martir Gereja yang meninggal pada abad ke-4. Santa Bibiana dihukum dengan cambuk timah sampai mati karena menolak untuk menyangkal imannya sebagai pengikut Kristus.

Santo Paus Silverius

Santo Paus Silverius merupakan Paus Gereja Katolik yang ke-58 yang sangat saleh dan rendah hati. Karena ketidakadilan Paus Silverius ditangkap di diasingkan di tempat pembuangan hingga meninggal.

3 Desember

Santo Cassianus

Santo Cassianus adalah seorang martir asal Maroko. Keberaniannya dalam menunjukan iman Katoliknya di hadapan publik membawanya pada hukuman mati.

Santo Fransiskus Xaverius

Santo Fransiskus Xaverius punya jiwa kepimpinan dan sangat cerdas. Imam Jesuit ini juga merupakan salah satu santo yang memberitakan ajaran Kristus hingga Indonesia. Tepat pada 1 Januari 1546 Fransiskus Xaverius tiba di Ambon, Indonesia.

4 Desember

Santa Barbara

Santa Barbara dikenal sebagai sosok pemberani. Ayah Barbara yang seorang kafir. Dia sangat tidak menyukai keyakinannya putrinya. Karena itu, ia meminta Barbara untuk meninggalkan Kristus. Karena menolak dengan keras, Barbara yang dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri.

Santo Christianus

Christianus punya jiwa kepemimpinan yang besar. Ia mendirikan banyak Gereja dan pandai memberitakan Injil. Misionaris ini meninggal karena dibunuh oleh orang-orang kafir

Santo Osmundus

Salah satu sikap yang melekat pada sosok Osmundus adalah kejujuran. Bukan saja itu, ia juga punya jiwa kepemimpinan, sehingga pada tahun 1078 ia ditahbiskan sebagai Uskup.

Santo Yohanes dari Damaskus

Dulunya, Santo Yohanes dari Damaskus menjabat sebagai seorang Gubernur. Tapi, perlahan-lahan, ia menjual semua kekayaannya dan memilih menjadi seorang rahib. Alasannya adalah, ia ingin meneladani hidup Yesus yang adalah Putra Allah tapi lahir di kandang yang hina.

5 Desember

Santo Sabas

Rahib asal Turki ini sangat terkenal karena kesalehannya. Sejak kecil, keinginannya adalah menjadi pelayan Kristus. Ayahnya yang seorang militer berulang kali menawarkan berbagai kekayaan kepadanya agar ia tidak menjadi rahib, tapi Sabas menolak. Kesalehan dan kerendahan hatinya menarik perhatian banyak orang yang ingin menjadi rahib seperti dirinya.

6 Desember

Santo Nikolas dari Myra

Santo Nicholas merupakan seorang uskup yang sangat saleh, lugu dan penuh semangat. Kegigihannya adalah, membela orang miskin dan tertindas. Ia juga sangat terkenal karena mukjizat-mujizat yang dilakukan Tuhan melalui perantaraannya.

7 Desember

Santo Ambrosius

Santo Ambrosius dibesarkan dalam keluarga yang sangat saleh. Ambrosius kecil dikaruniai kecerdasan yang luar biasa dan pandai berbicara layaknya seorang pemimpin. Sejumlah talentanya ini membuatnya dipilih sebagai seorang Uskup. Semenjak itu, seluruh cinta dan pengorbanannya ia berikan untuk umatnya.

Santo Charles Garnier

Meski dilahirkan sebagai anak keluarga bangsawan, santo Charles Garnier tak menginginkan kedudukan itu. Ia memilih mengabdikan hidupnya sebagai Imam. Suatu hari, ketika ia sedang menolong salah satu umatnya yang sedang sekarat, suku Iroqouis mendapatinya lalu membunuhnya dengan cara yang sangat sadis.

Santo Sabinus

Santo Sabinus menjabat sebagai Uskup Asisi pada awal abad ke-4. Suatu hari ia dianiaya dan dipaksa oleh Venustian, Gubernur Asisi waktu itu, untuk mengkhianati Yesus dan menyembah patung dewa Yupiter. Tentu saja tawaran itu ditolak dengan tegas. Akhrinya, Uskup Sabinus dijebloskan ke penjara. Di tengah penderitaan itu, Sabinus mendapat rahmat dari Tuhan dan ia bisa menyembuhkan salah satu tahanan yang berada bersamanya. Kisah itu menyentuh hati Gubernur Venustian sehingga ia berubah dan meminta untuk dibaptis.

Baca Juga: Rekomendasi Nama Baptis Katolik Bulan November. Keren dan Unik

8 Desember

Santo Noel Chabanel

Mimpi terbesar santo Noel sejak kecil adalah menjadi misionaris yang berani mati demi imannya. Tekad itu dikabulkan Tuhan. Usai menjadi Imam dan ditugaskan di Inggris, Romo Noel tewas dibunuh di tempat misinya.

9 Desember

Santa Gorgonia

“Imanmu menyelamatkanmu”. Pepatah ini sangat cocok disematkan pada Santa Gorgonia. Doa dan iman yang tangguh berhasil menyelamatkan nyawa Gorgonia dari penyakit mematikan yang hampir dua kali merenggut nyawanya.

Santo Juan Diego

Santo Juan Diego bukan seorang Imam, tapi kesalehannya perlu diacungi jempol. Setelah istrinya meninggal, Juan Diego mengabdikan seluruh hidupnya untuk Tuhan. Suatu hari saat sedang berjalan kaki menuju Gereja, ia mendapat penampakan dari Bunda Maria. Buah dari penampakan itu yang sampai saat ini kita kenal dengan istilah Bunda Maria dari Guadalupe.

Santo Petrus Fourier

Selain dikenal sebagai pendiri Kongregasi Suster Notre-Dame, Pastor Petrus Fourier juga dikenal sebagai pemimpin yang cerdas dan sangat disegani.

Santo Yohanes Robertus

Seorang Protestan yang diam-diam menganggumi iman Katolik. Ketika dewasa, ia kabur dari Inggris dan nekat menjadi Imam. Saat kembali ke Inggris untuk bertugas di sana, Pastor Yohanes Robertus ditangkap dan dihukum gantung hingga wafat.

10 Desember

Santo Paus Miltiades

Santo Paus Miltiades adalah Paus Gereja Katolik yang ke-32. Karena kebijaksanaannya dalam memimpin, ia sering dijuluki “Betapa mulia Paus ini! Sungguh-sungguh ia seorang tokoh pencinta perdamaian dan Bapa umat Kristiani.”

11 Desember

Santo Paus Damasus I

Santo Paus Damasus I adalah Paus kita yang ke-37. Sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Damasus I dikenal sebagai sosok yang murah hati, suka beramal dan rendah hati.

12 desember

Simon Phan Ðac Hòa

Simon Phan Ðac Hòa adalah seorang dokter sekaligus walikota. Ia sering bekerja sama dengan para misionaris yang berkarya di Vietnam. Karena keberaniannya membantu para misionaris, ia ditangkap dan dipenggal kepalanya pada 12 Desember 1840

13 desember

Santa Lucia

Martir dan perawan gereja ini mengikrarkan janji sucinya bahwa hanya Yesus yang akan memilikinya. Karena itu, ia menolak pria yang ingin meminangnya. Akibatnya ia dilaporkan kepada gubernur dan kemudian disiksa hingga akhirnya ia ditikam mati

Santa Odilia

St Odilia, yang dikenal juga sebagai St Ottilia. Ketika lahir, ia mengalami kebutaan hingga ia dibuang oleh ayahnya. Suatu saat ia mendapat mukjizat kesembuhan dari Tuhan. Sejak saat itu ia membaktikan dirinya kepada Tuhan dan menjadi seorang biarawati.

14 Desember

Santo Nimatullah Kassab al-hardini

Seorang Imam yang kepribadiannya sangat sederhana, sabar dan penuh kerendahan hati. Kehidupannya sangat saleh

Santo Yohanes dari Salib

Seorang santo yang sangat rendah hati. Karena cintanya yang begitu besar kepada Yesus, ia sering kali memohon kepada Tuhan agar ia boleh menderita setiap hari.Yesus lalu menampakkan diri kepadanya sebagai jawaban atas permintaannya.

15 Desember

Beato Charles Steeb

Beato Charles Steeb lahir dari keluarga Protestan yang sangat taat. Suatu hari ia memutuskan untuk menjadi Katolik. Meski keputusannya ditentang orangtuanya bahkan tak lagi diakui sebagai anak, mimpinya untuk menjadi imam tak berkurang.

16 Desember

Santa Adelaide

Seorang ratu yang cantik dan saleh. Meski punya kekuasaan, ia tak pernah menyombongkan diri. Ia mengayomi rakyatnya dengan lemah lembut. Banyak kekayaannya lebih banyak dihabiskan untuk membangun biara.

17 desember

Santa Olympias

Berasal dari keluarga bangsawan yang kaya raya Santa Olympias sama sekali tidak berpakaian megah. Justru pakaiannya sangat sederhana karena hartanya dipakai untuk beramal dan menolong fakir miskin

18 Desember

Santo Flannan

Uskup ini selama hidupnya banyak menghabiskan waktunya untuk bercakap-cakap dengan Tuhan. Ia bisa menghabiskan 36 jam hanya untuk berdoa.

Santo Winebald

Santo Winebald memang berasal dari keluarga bangsawan. Jiwa kepemimpinan yang dimilikinya tak dipakai untuk takhta duniawi tapi untuk Gereja. Ia lebih memilih untuk mengikuti jejak pamannya yang adalah seorang Uskup dan bercita-cita menjadi seorang Imam.

19 Desember

Beato Paus Urbanus V

Beato paus Urbanus V adalah Paus yang ke-200. Pemimpin tertinggi Gereja Katolik ini sangat disiplin dan cerdas. Selama masa kepemimpinannya, salah satu konsentrasinya adalah membantu umat dengan memberikan makanan dan penginapan gratis.

20 Desember

Santo Dominikus dari Silo

Dominikus lebih banyak menghabiskan masa kecilnya sebagai seorang gembala domba. Di sela-sela pekerjaannya, ia selalu menyempatkan diri untuk berdoa. Karena cintanya pada kehidupan doa, maka Dominikus kemudian masuk biara Benediktin.

Santo Paus Zepherinus

Santo Paus Zepherinus adalah paus kita yang ke-15. Selama menjadi Paus, ia dihadapkan dengan banyak musuh di mana umat Katolik pada saat itu mengalami penganiayaan dan pembantaian. Ia berusaha dengan keras untuk mengayomi umat-umatnya.

21 Desember

Santo Petrus Kanisius

Walnya, Petrus Kanisius diminta ayahnya untuk menjadi seorang pengacara. Kecerdasan yang dimilikinya memudahkan dia untuk meraih posisi yang bagus dalam bidang hukum. Tapi, lama-kelamaan ia merasa, itu bukan jalannya. Karena itu ia meninggalkan karirnya dan bergabung dalam serikat Jesuit. Prinsip hidupnya adalah “cara terbaik memperjuangkan iman ialah bukan dengan kekerasan, tetapi dengan berdoa dan bekerja keras”

22 Desember

Santo Flavianus dari Acquapendente

Santo Flavianus adalah pengikut Kristus yang sangat taat. Pada masa penganiayaan besar-besar terhadap para pengikut Kristus, Santo Flavianus dan istinya beserta dua anaknya ditangkap dan dipaksa untuk mengkhianati kristus dan menyembah dewa-dewa. Karena menolak ia dan keluarganya dibuang dan disiksa sampai mati.

Santa Fransiska Xaveria Cabrini

Idola terbesar Santa Francesca Xavier Cabrini adalah santo Fransiskus Xaverius.Tekadnya bulat, ia harus menjadi biarawati, tapi sayang ia mengalami penolakan dari dua biara yang diidolakannya. Tak putus asa, Francesca Xavier Cabrini mulai mencoba berbagai hal hingga tekadnya terwujud.

Beato Gratia Cattaro

Gratia Cattaro sangat mencintai Ekaristi. Pada usia 30 tahun, ia meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang nelayan dan masuk biara. Di biara, kehidupan rohani bruder ini lebih mendalam lagi. Tuhan lalu menganugerahi mukjizat kepadanya sehingga ia bisa menyembuhkan penyakit banyak orang dan mampu melihat masa depan.

23 Desember

Santo Antonio Galvão

Biarawan Fransiskan asal brasil ini adalah seorang mistikus, seorang pendoa dan juga penyembuh yang luar biasa.

Santo Yohanes dari Kanty

menjadi doktor dan punya karir yang gemilang membuat Santo Yohanes merasa tidak nyaman. Akhirnya ia sadar bahwa menjadi Imam adalah tujuan hidupnya. Selain sebagai Imam, ia juga seorang profesor yang sangat terkenal karena kecerdasannya. Tapi hidupnya begitu sederhana, ia lebih senang jika meja makannya dihiasi oleh orang-orang miskin yang kelaparan.

24 Desember

Santo Syarbel Makhlouf

Berdoa adalah salah satu aktivitas yang paling digemari Santo Sharbel Makhlouf. hidupnya sangat suci. hampir seluruh hidupnya ia persembahkan kepada Yesus dan lebih banyak berada di tempat pertapaan.

Baca Juga: Nama Baptis Katolik Bulan Oktober. Khusus untuk Umat Katolik

25 Desember

Santo Petrus Nolaskus

Santo Petrus Nolaskus berasal dari keluarga yang cukup berada. Konsentrasi misinya adalah untuk menyelamatkan para budak. Karena itu, ia menggunakan kekayaan ayahnya untuk membeli para budak Kristen dan membebaskan mereka

26 Desember

Santo Stefanus

“Jiwa pemberani dan pemaaf” adalah salah satu julukan yang pas untuk santo yang satu ini. Dengan berani ia mewartakan kabar gembira tentang Kristus, meski di hati kecilnya ia tahu bahwa nyawanya terancam. Hingga tiba saatnya ia dirajam oleh para musuhnya, santo Stefanus masih mendoakan mereka dan memaafkan mereka. Hal serupa yang juga dilakukan Yesus saat ia mengampuni para algojo yang menyalibkan-Nya.

27 Desember

Santa Fabiola

Dokter asal Roma ini mencintai Yesus dengan sepenuh hatinya. Harta kekayaannya dipersembahkan kepada Tuhan sebagai derma. Santa Fabiola lalu mengabdikan diri kepada Kristus dengan banyak melakukan tindakan amal. Ia bermati raga mengikuti teladan Kristus sampai akhir hidupnya

Santo Yohanes Rasul

Menjadi rasul Kristus adalah suatu hal yang luar biasa. Ini yang dialami santo Yohanes. Ia adalah salah satu murid yang paling dikasihi Yesus. Jiwa setianya kepada sang guru, tetap menggebu di hatinya hingga berada bersama Bunda Maria di bawah kaki salib Yesus. Dan hanya Yohanes yang mendapat kepercayaan istimewa dari Yesus untuk menitipkan Maria ibunya.

28 Desember

Santo Domitianus diakon

Domitianus diakon adalah seorang diakon yang mati sebagai martir bersama santo Eutikhus. Tak banyak catatan detail tentang perjalanan hidup orang kudus ini.

Santo Eutikhus

Santo Eutikhus adalah seorang Imam. Bersama dengan santo Domitianus diakon, ia mati sebagai martir. Cerita tentang kisah hidup Santo Eutikhus sangat minim, sehingga tak banyak data yang bisa digali tentang santo yang satu ini.

29 Desember

Santo Thomas Becket

Menjabat sebagai Uskup memang tidak mudah, karena semua tugas yang dilakukan bukan untuk menyenangkan manusia tapi untuk Tuhan. Itulah yang dialami santo Thomas Becket. Saat sahabat baiknya, yang adalah seorang Raja, ingin mengambil sebagian besar uang derma, Uskup Thomas menolak dengan tegas. Penolakan itu berujung pada pembunuhan. Santo Thomas Becket dibunuh oleh sahabatnya sendiri di dalam Katedral, tempat ia berkarya.

30 Desember

Santa Anysia

Lahir dari keluarga yang bergelimang harta dan sangat religius, adalah kehidupan yang cukup membahagiakan. Wajar, jika Santa Anysia sangat dekat dengan Yesus dan bermimpi untuk mati demi Kristus. Kekayaan keluarganya sering ia gunakan untuk membantu orang-orang yang serba kekurangan. Suatu hari, saat dalam perjalanan ke Gereja, Anysia dihadang orang-orang kafir dan dipaksa untuk menyangkal Kristus dan menyembah dewa-dewa. Karena menolak, ia ditebas oleh orang-orang itu dan Anysia tewas seketika.

31 Desember
Santo Paus Silvester I

Dalam hirarki Gereja Katolik, Santo Paus Silvester I adalah Paus yang ke-33. Selain sebagai seorang pemimpin Paus St. Sylvester I adalah seorang yang sangat saleh. Salah satu tindakan yang paling berkesan dalam masa kepempinannya adalah keberhasilan dia dalam menghentikan penganiayaan Kaisar Romawi kepada para pengikut Kristus.

Sumber: katakombe.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Pernyataan Paus Fransiskus tentang Perkawinan Homoseksual: Apa Kata Gereja?

Pastor Doddy Sasi CMF

Dua Misi Utama Paus Fransiskus dalam Kunjungannya Ke Thailand dan Jepang

Steve Elu

Selain St Kayetanus, Kamu Bisa Berdoa Kepada Santo Ini Saat Mencari Pekerjaan

Tiwie Pert

Leave a Comment