Katolikpedia.id

Novena Kepada St Kayetanus, Doakan Saat Kamu Sedang Mencari Pekerjaan

novena kepada st kayetanus

Katolikpedia.id – St Kayetanus atau St Cajetan merupakan santo pelindung pencari kerja, pekerja, dan pengangguran. Ia mengabdikan diri untuk melayani orang sakit dan orang miskin.

Bila kamu sedang mencari kerja atau ada dan teman yang sedang berjuang mencari kerja, doakanlah doa kepada St Kayetanus dan Novena kepada St Kayetanus.

Novena kepada St Kayetanus ini juga untuk mohon bimbingan agar bisa meneladan hidup St Kayetanus yang mau berbagi dengan orang lain, khususnya yang sakit dan miskin.

Novena Kepada St Kayetanus

Hari ke-1

Engkau adalah teladan kebajikan di antara para imam di zamanmu, oh St Kayetanus. Engkau berusaha untuk tidak menerima imbalan dari pelayananmu serta mengajarkan bagaimana berdoa Rosario dan mengembangkan devosi kepada orang-orang kudus. Engkau benar-benar seorang gembala rohani dan perhatianmu selalu terfokus pada keselamatan jiwa-jiwa.

Namun terlepas dari itu, engkau juga sadar bahwa dengan perut lapar, umat beriman akan mengalami kesulitan dalam memahami Firman Tuhan. Engkau membantu mereka, tidak hanya dengan memberi mereka roti tetapi juga membantu mereka mencari nafkah dengan bekerja.

Lihatlah kami dengan penuh belas kasih. Kami memiliki banyak orang yang menganggur dan keluarga mereka kelaparan. Kami mohon bimbinganmu bagi mereka yang mencari pekerjaan. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus

St Kayetanus yang mulia, engkau belajar menjadi pengacara, tetapi ketika engkau merasa bahwa Tuhan memanggilmu untuk melayani-Nya, engkau meninggalkan segalanya dan menjadi seorang imam. Engkau unggul dalam kebajikan, tidak mau menerima semua imbalan materi atas kerja kerasmu, membantu banyak orang yang belum memiliki pekerjaan atau menganggur. Engkau memberikan pinjaman tanpa bunga dan mencari para donatur yang mau membantu sehingga pelayananmu dapat terus berjalan.

Lihatlah kami dengan penuh belas kasih. Kami ingin mencari pekerjaan yang dapat membantu kami dan keluarga kami hidup dengan bermartabat. Dengarkanlah permohonan kami; Santo, yang rela berbagi makanan yang engkau miliki untuk mereka yang membutuhkan, sampaikanlah permohonan kami kepada Yesus … (Sebutkan permohonanmu). Amin.

Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-2

Meskipun engkau sibuk, Santo, engkau tetap menyediakan waktu 8 jam sehari untuk berdoa. Kebahagiaanmu adalah persatuan dengan Yesus, merasakan kehadiran-Nya dalam Ekaristi.

Bimbinglah kami agar menjadi sepertimu dengan mengutamakan doa dalam kehidupan kami, merasakan kehadiran Yesus, dan membantu kami menjadi kontemplatif sepertimu.

Engkau memberikan teladan kepada kami bahwa doa bukan hanya meminta kepada Yesus apa yang kita butuhkan, melainkan juga ada dalam Dia, bahagia dengan kehadiran-Nya. Kami mohon kepadamu, St Kayetanus terkasih, bimbinglah kami sehingga kami bisa belajar untuk bersukacita di hadirat Yesus. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-3

Sejak kematianmu, St Kayetanus terkasih, orang-orang yang menganggur di dunia telah mencari syafaatmu. Bekerja adalah kunci menuju kehidupan yang bahagia. Kasihanilah jutaan orang di negara kami yang bangun setiap pagi tanpa kepastian menemukan makanan karena mereka tak punya pekerjaan. Orang-orang ini menjadi korban keputusasaan dan beberapa bahkan menggunakan kejahatan untuk bertahan hidup.

Bantulah para pemimpin pemerintahan kami untuk merumuskan kebijakan yang bisa membuka lapangan pekerjaan. Engkau yang mendirikan bank untuk orang miskin mengilhami para pemimpin kami untuk memberikan pinjaman bagi orang miskin sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-4

St Kayetanus yang mulia, seperti masyarakat di daerahmu, kami juga dilanda kondisi ekonomi yang sama di mana orang miskin menjadi semakin miskin dan yang kaya semakin kaya.

Engkau berpuasa sehingga uang yang kau tabung dapat digunakan untuk membeli makanan bagi orang miskin, engkau tidak menerima bayaran untuk pelayananmu karena ingin orang membantu orang yang membutuhkan. Engkau hidup sangat hemat karena ingin mengajari orang kaya tentang perlunya berbagi.

Lihatlah dengan penuh belas kasih kepada masyarakat kami di mana banyak orang membeli barang-barang tak berguna, sementara orang miskin dan yang membutuhkan di antara kami belum bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka. Bimbinglah kami agar kami mau berbagi sehingga tak seorang pun di antara kami kelaparan dan bahwa setiap orang dapat hidup dengan bermartabat. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

doa kepada st kayetanus
St Kayetanus (Foto: stpetersbasilica.info)

Hari ke-5

St Kayetanus yang mulia, engkau menghabiskan waktu berjam-jam untuk membantu orang sakit dan bekerja keras untuk membantu para korban wabah pada masamu. Engkau merawat orang sakit, tak hanya menyembuhkan mereka, tapi membimbing mereka hingga beroleh kebahagiaan di akhir hayatnya. Engkau menginginkan jiwa mereka, bukan tubuh mereka.

Bantulah kami untuk memahami bahwa kami harus mempersiapkan diri untuk kematian yang bahagia. Semoga kami juga melihat bahwa penyakit yang paling mengerikan adalah keberdosaan kami dan kami harus selalu memeriksa diri kami sendiri atas dosa-dosa yang kami lakukan setiap hari. Bimbinglah kami agar memiliki hati yang bertobat dan selalu siap untuk bertemu Tuhan. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-6

St Kayetanus yang rendah hati, engkau berbicara dengan para penguasa dan raja, tetapi engkau tidak mendewakan mereka. Engkau tahu bahwa prestise, kehormatan, dan posisi dalam masyarakat hanya bisa baik jika mereka mau membantu yang membutuhkan dan yang miskin. Karena alasan ini, engkau juga menghadapi tiran dan berdiri melawan tentara yang menjarah, membunuh, dan memperkosa.

Kerendahan hatimu tak menghalangimu menjadi seorang kudus. Engkau hanya takut kepada Yesus. Bantulah kami agar tetap rendah hati dan tidak menonjolkan diri, mengetahui bahwa di hadapan Tuhan, kami bukan apa-apa. Kami hanya bisa menjadi seseorang jika kami bersama Yesus.

Bimbinglah kami untuk mengikuti jejakmu sehingga kami juga dapat memperjuangkan keadilan dan membantu menghentikan korupsi di pemerintahan kami. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

st kayetanus santo pelindung pencari kerja
St Kayetanus, santo pelindung pencari kerja (Foto: vermontcatholic.org)

Hari ke-7

St Kayetanus yang mulia, puasa dan penebusan dosamu yang tak henti-hentinya membantu orang-orang memahami bahwa Allah harus dikasihi di atas segalanya dan di atas semua orang. Engkau mengorbankan apa pun atau siapa saja yang dapat menghalangimu untuk mengasihi Allah dengan segenap jiwa, pikiran, hati, dan tubuhmu.

Dengan makan sedikit, engkau menunjukkan kepada orang lain bahwa manusia tidak hidup dari roti saja. Engkau memperbarui iman banyak orang, menyentuh hati mereka, dan banyak membantu dalam reformasi Gereja.

Bimbinglah kami untuk berpuasa dan melakukan silih atas dosa-dosa kami. Tanamkan pada kami semangat pengorbanan agar kami juga dapat sangat mencintai Allah sepertimu. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-8

St Kayetanus yang mulia, sangat menyedihkan engkau melihat Gereja Katolik terbagi menjadi kelompok-kelompok yang bermusuhan. Engkau selalu berdoa untuk persatuan Gereja, meminta umat awam, imam, dan uskup untuk mendukung Paus melalui khotbah, doa, dan pengorbanan.

Engkau melihat Gereja sebagai mempelai wanita Kristus, sakramen yang dengannya laki-laki dan perempuan dapat menjadi kudus. Engkau bekerja keras untuk mengembalikan orang-orang Protestan ke Gereja Katolik, dan engkau berkhotbah melawan para reformis Protestan yang menyerang jantung ajaran-ajaran Katolik.

Ajari kami untuk mengupayakan persatuan Gereja dan membelanya dari sekte dan gerakan keagamaan yang menyerangnya. Bimbinglah kami agar mengikuti jalanmu. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Hari ke-9

St Kayetanus yang mulia, engkau menerima banyak berkat khusus dari Yesus, penglihatan dan pengalaman mistik karena persatuanmu dengan-Nya. Sambil merenungkan misteri inkarnasi, Maria menampakkan diri kepadamu dan meletakkan bayimu di pangkuan Yesus.

Yesus benar-benar mencintaimu dan ibu-Nya mempercayaimu. Dengarkanlah permohonan kami pada hari terakhir novena kami dan bawalah permohonan kami kepada Yesus. Amin.

Doa Kepada St Kayetanus
Bapa Kami… Salam Maria… Kemuliaan… St Kayetanus, doakanlah kami.

Itulah Novena kepada St Kayetanus yang bisa kamu doakan saat mencari pekerjaan dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

Teladanlah juga St Kayetanus yang berbagi dan melayani orang sakit dan miskin.

Sumber: catholicculture.org

Artikel Terkait:

Bukalah Kitab Suci Sesering Kamu Membuka Handphone

Fr Andreas Anggit W.

Merenungkan Sabda Tuhan, Daraskan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Kitab Suci Ini

Tiwie Pert

Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapan, Berdoalah Doa Ini…

Tiwie Pert

Leave a Comment