Katolikpedia.id

OMK Indonesia Rajut Kebersamaan Dalam Acara Natal Bersama

acara-natal-orang-muda-katolik-omk

Katolikpedia.id – Minggu, 19 Januari 2020, sejumlah Orang Muda Katolik (OMK) Indonesia mengikuti acara Natal dan Tahun Baru bersama di Jakarta.

Acara Natal dan Tahun Baru ini digagas oleh beberapa Orang Muda Katolik (OMK), Keuskupan Agung Jakarta. Tujuan utama kegiatan ini adalah, menyatukan sesama orang muda Katolik dari paroki-paroki yang ada di Keuskupan Agung Jakarta dan juga dari keuskupan-keuskupan lainnya.

Momen Natal dan Tahun Baru bersama ini dibagi dalam tiga sesi :

#Misa di gereja St. Kristoforus Grogol

Mengawali acara ini, OMK yang hadir mengikuti misa bersama di Gereja St. Kristoforus Grogol, Jakarta Barat.

Mereka datang dari sejumlah paroki. Ada yang berasal dari Paroki Citra Raya, Paroki Kelapa Gading, Paroki Bintaro, Paroki Bidaracina, Paroki Depok, Paroki Katedral Jakarta, dan sejumlah paroki lainnya. Semuanya, dipersatukan dalam perayaan syukur Natal dan Tahun Baru ini.

orang-muda-katolik-indonesia
(Foto : Katolikpedia.id)

#Sharing Iman

Usai misa hari, momen kebersamaan ini dilanjutkan dengan sesi sharing iman di GigaBites Cyber Cafe & Eatery. Kemasan acara ini bisa dikategorikan sangat sederhana, tapi di balik kesederhanaan itu, ada makna mendalam yang bisa dipetik.

Banyak pengalaman iman yang dibagikan oleh teman-teman orang muda Katolik. Dalam sesi sharing iman, peserta yang hadir diminta untuk membagikan pengalaman rohani yang sudah dilewati sepanjang tahun 2019.

Frans, salah satu panitia dari acara ini, meminta para peserta untuk membagikan pengalaman atau cerita perjalanan hidup yang paling berkesan kepada peserta lainnya.

orang-muda-katolik-indonesia
(Foto : Katolikpedia.id)

Konsep berbagi cerita ini dikemas dalam dua pertanyaan. Pertama, apa yang sudah kamu terima dari Yesus? Di sini mereka ngobrol tentang berkat atau hal-hal baik dan luar biasa yang sudah dialami selama setahun yang lalu.

Agung, seorang peserta asal Bekasi juga membagikan kisahnya. Ia berbagi cerita tentang sebuah kecelakaan yang dialaminya beberapa waktu lalu. Menurutnya, kecelakaan itu bisa saja merenggut nyawanya. Tapi Tuhan masih memberinya kesempatan untuk hidup.

omk-indonesia
(Foto : Katolikpedia.id)

Kedua, apa yang sudah kamu berikan untuk Yesus? Dalam sesi ini, OMK diminta untuk berbagi cerita tentang resolusi apa saja yang hendak dicapai di tahun 2020. Resolusi yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan tindakan nyata iman Katolik.  

Momen sharing iman ini semakin berkesan, saat seorang peserta membagikan kisah imannya ketika pertama kali punya ketertarikan dengan Gereja Katolik, hingga akhirnya memutuskan untuk belajar menjadi Katolik. Dalam gereja Katolik, proses ini dikenal dengan istilah katekumen.

orang-muda-katolik-indonesia
(Foto : Katolikpedia.id)

#Tukar Kado

Momen tukar kado adalah sesi paling akhir dari kegiatan ini. Para peserta yang hadir diperbolehkan membawa kado dengan maksimal harga Rp. 20.000 dengan syarat, bungkusan kado harus dari koran bekas.

acara-natal-orang-muda-katolik-omk
(Foto : Katolikpedia.id)

Tampak semua peserta ikut saran panitia. Hampir semua kado yang terkumpul hari itu, semuanya dibungkus dengan bungkusan koran bekas. Ini merupakan salah satu bukti aksi nyata dari OMK untuk mengurangi sampah plastik.

NB : Tim Katolikpedia.id sedang menjalankan program #TravelRohani di youtube. Mohon dukungannya, dengan cara klik Like, Comment dan Subscribe ya. Tentang apa itu program #TravelRohani, teman-teman bisa menontonnya di video berikut :

Artikel Terkait:

Meski Sedang Kesulitan, Mari Mengucap Syukur melalui Doa Ini

Edeltrudizh

7 Ayat Kitab Suci yang Menguatkan Saat Sakit Ini Memberi Penghiburan dan Pengharapan

Edeltrudizh

Mgr. Riana Prapdi : Hai OMK, Kristus Tidak Pernah Meninggalkanmu

Edeltrudizh

Leave a Comment