Katolikpedia.id

Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. Kamu harus Tahu!

patung-bunda-maria-tertinggi-di-indonesia

Katolikpedia.id – Tak terasa kita segera memasuki bulan Mei Bulan Maria. Gereja Katolik menetapkan Bulan Mei sebagai bulan Maria, di mana umat Katolik mengambil waktu khusus ini untuk menghormati Bunda Maria yang punya peran khusus dalam sejarah keselamatan umat manusia.

Penghormatan kepada Bunda Maria tersebut mewujud dalam banyak rupa. Di antaranya doa Rosario ziarah ke Gua Maria dan devosi-devosi Maria lainnya. Di rumah-rumah keluarga Katolik pun dengan sangat mudah kita temukan patung Bunda Maria.

Ngomong-ngomong soal Patung Bunda Maria nih… riset tim Katolikpedia menemukan bahwa setidaknya ada 5 patung Bunda Maria tertinggi di Indonesia. Kelima patung tersebut berdiri di berbagai tempat di Indonesia mulai dari pulau Jawa hingga pulau Timor,di Nusa Tenggara Timur.

Berikut adalah 5 patung Bunda Maria yang kami maksud!

1. Patung Bunda Maria Kerep Ambarawa

Umat Katolik Indonesia pasti familiar dengan Gua Maria Kerep Ambarawa, Jawa Tengah. Gua Maria yang berdiri sejak tahun 1950-an itu, jadi salah satu tempat favorit untuk ziarah dan berdoa.

Tak jauh dari lokasi Gua Maria ini, terdapat Patung Maria Asumpta. Patung ini memiliki tinggi 23 meter, dengan penopang 19 meter, total tinggi 42 meter.

patung-bunda-maria-tertinggi-di-indonesia
(Foto: @mi_9678)

Awal berdiri, patung ini disebut-sebut sebagai salah satu patung tertinggi di Indonesia, Asia Tenggara, bahkan mendapatkan penghargaan sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia oleh Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID).

Patung karya pelukis dan pematung Ambarawa, R.A. Nugroho Adi P. ini diresmikan pada 15 Agustus 2015, oleh Uskup Agung Semarang kala itu, Mgr Johannes Pujasumarta.

Peresmiannya bertepatan dengan hari raya St Maria Diangkat ke Surga dan perayaan ulang tahun ke-61 Gua Maria Kerep Ambarawa.

Kini, patung Maria Asumpta jadi ikon Gua Maria Kerep Ambarawa. Kehadirannya menjadi daya tarik bagi peziarah, juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan dunia.

Bagi umat Katolik, patung Maria Asumpta dan Gua Maria Kerep Ambarawa selalu jadi salah satu tempat ziarah yang paling diminati.

Pada Bulan Maria dan Bulan Rosario, banyak umat Katolik yang mengadakan ziarah ke sana. Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk ziarah ke sana?

2. Patung Bunda Maria Pulau Galang

Teman-teman pernah mendengar nama jembatan Barelang? Kalau belum, sini saya kasih tahu. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang.

Jembatan Barelang ini menghubungkan enam pulau yakni Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Lalu apa hubungannya dengan Patung Bunda Maria?

Tenang-tenang, ini mau saja jelaskan. Pulau Galang adalah salah satu pulau yang pernah jadi tempat tinggal para pengungsi Vietnam.

Jadi, waktu perang Vietnam atau yang disebut Perang Indocina Kedua, yang terjadi sekitar tahun 1975, banyak orang Vietnam yang mengungsi.

patung-bunda-maria-tertinggi-di-indonesia
(Foto: spinaclaban.blogspot.com)

Salah satu tujuan pengungsian mereka adalah Pulau Galang. Banyak dari mereka yang tinggal di pulau ini hingga tahun 1997.

Setelah ditinggal pergi oleh para pengungsi pulau ini diubah jadi tempat wisata sejarah termasuk wisata rohani.

Salah satu anggota tim Katolikpedia.id pernah mengunjungi Pulau Galang pada 2013. Tak jauh setelah memasuki pintu masuk pulau ini terdapat Patung Bunda Maria dengan tinggi sekitar satu meter. Kalau digabung dengan penopangnya, sekitar 3 meter.

Kisahnya, patung ini dibawa langsung oleh para pengungsi dari negeri asalnya Vietnam. Patung Bunda Maria dengan wajah khas orang Vientam itu, dibuat dengan latar layar perahu.

Ia menjadi simbol perjuangan orang Vietnam yang menumpang perahu layar mengarungi lautan lepas dari negeri asalnya, hingga tiba di pulau Galang.

Sumber lain menyebutkan, patung ini dipersembahkan secara khusus untuk seorang gadis pengungsi yang bunuh diri karena tak tahan menanggung kesedihan dan aib setelah ia diperkosa oleh sesama pengungsi.

Masuk lebih dalam ke bekas bangunan rumah tinggal para pengungsi, ada juga patung Bunda Maria dengan tinggi hampir sama, didirikan di atas sebuah perahu.

Demikian pula pada dinding depan gereja St Maria Imakulata yang ada di pulau galang, terdapat ukiran Bunda Maria.

Saat ini pulau Galang berkembang jadi tempat ziarah, setidaknya bagi umat Katolik. Sambil berziarah kita juga bisa menikmati warisan sejarah, bahwa salah satu pulau di wilayah Indonesia pernah menyelamatkan hidup ratusan orang Vietnam.

Ada juga museum di sana untuk menyimpan karya-karya seni orang Vietnam, selama tinggal di Pulau Galang.

Siapa yang sudah pernah berziarah ke Pulau Galang? Atau setelah menonton video ini, tertarik untuk mengunjungi pulau ini? Kami menantikan cerita-ceritamu di kolom komentar.

3. Patung Bunda Maria Bukit Nilo

Daratan Flores merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang dikenal sangat kental dengan unsur-unsur religius.

Hampir semua masyarakat Indonesia apa pun agamanya, pasti pernah dengar tentang Tuan Ma, sebuah prosesi patung Bunda Maria pada perayaan Paskah. Prosesi ini diadakan setiap tahun dan ribuan wisatawan datang ke Larantuka, Flores untuk berdoa atau sekedar melihat.

Selain Tuan Ma, masih ada banyak tempat ziarah yang tersebar, hampir di seluruh daratan Flores. Salah satu yang kita bahas kali ini adalah Patung Bunda Maria Bukit Nilo.

Baca Juga: 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal di Jawa Barat

Bukit Nilo sendiri terletak di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jarak tempuh ke Bukit Nilo dari Kota Maumere sekitar 7 kilometer.

Di atas bukit ini terdapat patung Bunda Maria Segala Bangsa dengan tinggi kurang lebih 28 meter. Patung ini merupakan hasil karya Kongregasi Carmel dan pembangunannya ditangani oleh Tarekat Pasionis bekerja sama dengan penduduk setempat.

Patung yang terbuat dari perunggu seberat 6 ton ini, mulai dibangun pada 2004. Satu tahun kemudian, tepat pada 31 Mei 2005, patung serta lokasi wisata rohani tersebut diresmikan oleh Uskup Agung Ende waktu itu, Mgr Abdon Longinus da Cunha.

patung-bunda-maria-tertinggi-di-indonesia
(Foto: @barrykusuma)

Patung Bunda Maria berwarna putih itu, menghadap ke kota Maumere yang berada di bawah sana. Ini seakan menjadi simbol bahwa Bunda Maria selalu memandang kota Maumere dan melihat setiap aktivitas putera-puterinya.

Sejak diresmikan hingga hari ini, patung Bunda Maria Bukit Nilo masih jadi salah satu tempat wisata rohani favorit bagi umat Katolik lokal hingga mancanegara.

4. Patung Bunda Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan

Di Bukit Anjongan, Mempawah, Kalimantan Barat, terdapat juga Patung Bunda Maria dikenal dengan nama Patung Bunda Maria Ratu Pencinta Damai. Patung ini berdiri di kompleks wisata rohani Gua Maria Anjungan.

Patung yang memiliki tinggi 12 meter dengan berat mencapai tiga ton ini, diberkati oleh Uskup Keuskupan Agung Pontinak, Mgr Agustinus Agus pada 27 Mei 2018.

patung-bunda-maria-tertinggi-di-indonesia
(Foto: @OMK_Stagnes)

Berdiri di atas tanah Dayak, patung yang dikerjakan oleh pematung bernama Ismanto ini didesain dengan ornamen khas Kalimantan.

Busana yang dikenakan Bunda Maria berwarna merah dengan motif suku Dayak. Sementara di bagian dada, terdapat tulisan dalam bahasa Mandarin yang artinya perdamaian.

Makna damai juga terwakili pada enam patung kecil tepat di bawah kaki Patung Bunda Maria. Masing-masing patung berdiri kokoh busana daerah yang menjadi simbol keanekaragaman suku, budaya dan agama di Indonesia.

Mgr Agustinus Agus yang menginisasi berdirinya patung ini mengatakan bahwa pembuatan patung tersebut berawal dari kerinduannya untuk menampilkan wajah Gereja, yang sejatinya adalah pembawa damai khususnya di tengah situasi bangsa Indonesia yang membutuhkan damai.

Kita berharap semoga umat dan siapa pun yang datang ziarah dan berdoa di kompleks wisata rohani Gua Maria Anjungan ini merasakan damai selalu di hatinya.

5. Patung Bunda Maria Teluk Gurita

Awal tahun 2020, media sosial kita ramai berseliweran foto patung Bunda Maria raksasa yang dibangun di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

Nah untuk teman-teman yang belum tahu, patung Bunda Maria Segala Bangsa ini terletak di desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste. Untuk sampai ke lokasi ini kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendera dari kota Atambua.

Patung Bunda Maria yang berdiri kokoh membelakangi lautan biru dan menghadap ke kota Atambua ini, memiliki tinggi 32 meter dan diletakan di atas tatakan setinggi 9 meter.

Baca Juga: Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua

Sejak dibuka untuk pengunjung pada 24 Desember 2019, ratusan ribu orang datang dari berbagai daerah untuk mengunjungi objek wisata reliji ini.

patung-bunda-maria-teluk-gurita-tertinggi
(Foto: florespost.co)

Meski proses penataan lokasi sekitar belum selesai, tiap hari terutama di akhir pecan, Patung Bunda Maria Teluk Gurita ini terus dipadati pengunjung.

Menukil laman belukab.go.id, proses pendirian patung ini diprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Belu. Semula, dana yang dialokasikan untuk pembangunan patung tersebut 16 miliar, kemudian ditambah 9 miliar untuk penataan lokasi sekitar dan finishing.

Jadi total dana untuk pembangunan lokasi wisata rohani ini sebesar 25 miliar. Wow, dana yang cukup fantastis ya. Bagaimana menurutmu? Tuliskan komentar dan tanggapanmu di kolom komentar.

Inilah lima patung Bunda Maria tertinggi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pada bulan Maria kali ini mungkin kita tidak bisa leluasa bepergian ke berbagai tempat ziarah, termasuk ke lokasi lima patung Bunda Maria tertinggi tersebut berada.

Namun, kita tetap bisa berdoa Rosario dari rumah masing-masing agar situasi sulit saat ini lekas barakhir seperti ajakan Paus Fransiskus baru-baru ini.

NB: Ikuti update berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya…

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Perempuan Ini Menyerang Romo Marcelo Rossi Sampai Jatuh dari Panggung [Ada Videonya]

Steve Elu

5 Kisah Masa Kecil Paus Fransiskus yang Jarang Diketahui; Diungkap oleh Sepupunya

Steve Elu

Belum Bisa Ikut Novena Natal Karena Sibuk? Doakan Doa Ini sebagai Gantinya

Tiwie Pert

2 comments

Doa Paus Fransiskus Saat Rosario Bersama, Menyentuh Hati Banyak Orang | Katolikpedia.id May 31, 2020 at 2:59 pm

[…] BACA: Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. Kamu harus Tahu! […]

Reply
Ini 5 Patung Yesus di Sulawesi. Salah Satunya Tertinggi di Seantero Dunia June 26, 2020 at 11:30 am

[…] Baca Juga: Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. Kamu harus Tahu! […]

Reply

Leave a Comment