Katolikpedia.id

Jumpa Kardinal yang Terpapar Covid, Paus Fransiskus Ikutan Positif?

Paus-fransiskus

Katolikpedia.id – Pada 29 Agustus lalu, Paus Fransiskus mengadakan pertemuan privat dengan Kardinal Tagle di Vatikan. Kurang lebih seminggu selepas pertemuan itu, Kardinal asal Filipina ini dinyatakan positif covid-19. Ia menjalankan tes covid setelah tiba di Manila.

Jenjang waktu perjumpaan yang tidak begitu lama, menyebabkan pihak Vatikan merasa was-was dan khawatir dengan kesehatan Paus Fransiskus. Ia bisa saja terjangkit virus mematikan ini.

Apalagi saat ini, Paus Fransiskus hanya hidup dengan satu paru-paru saja. Paus asal Argentina itu kehilangan salah satu organ tubuhnya saat masih remaja.

Menurut keterangan yang dibeberkan Sekertaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, usai mendengar kabar soal Kardinal Tagle, mereka secara rutin memeriksa dan terus memantau keadaan Paus Fransiskus.

Paus-fransiskus dan Kardinal Luis Antonio Tagle
(Foto: ibtimes.com)

Baca Juga: Kardinal Tagle Positif Covid-19. Mohon Dukungan Doa dari Umat

“Tidak ada peringatan khusus di Vatikan, tapi kami akan terus memantau, ” ujar Kardinal Pietro Parolin

Selain faktor pertemuan itu, Paus yang lahir dengan nama asli Jorge Bergoglio ini juga jarang terlihat mengenakan masker selama menjalankan beberapa aktivitasnya. Salah satunya, audiensi umum yang biasa dilakukan di halaman Basilika St. Petrus.

Dari hasil rekaman kamera, Paus lebih rutin menggunakan hand sinitizer ketimbang mengenakan masker. Pilihan sikap ini bisa dibilang sangat beresiko.

Minggu lalu ketika menyapa peziarah, Paus berusia 83 tahun itu baru pertama kali terlihat mengenakan masker sejak pandemi mulai merebak di Vatikan. Itu pun tidak berlangsung lama.

Jelang bertukar sapa dengan umat yang hadir, maskernya dilepaskan. Karena hal inilah, Paus asal Argentina ini dinilai kurang peka dan peduli dengan kesehatannya.

Meski begitu, Paus Fransiskus  tetap menjaga jarak dengan audiens. Ia menghindari praktik jabat tangan dan mencium bayi, sebagaimana yang sering ia lakoni kala menyapa umat yang hendak bersalaman.

Hingga saat ini kesehatan Paus Fransiskus normal dan masih dalam status negatif. Harapannya, Bapa Suci tetap sehat dan tidak terjangkit covid-19.

Sumber: manilabulettin

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Terbaru: Romo Meninggal Karena Virus Corona di Italia, Puluhan Lain Masih Dirawat

Steve Elu

Hargai Umat Nasrani yang ke Gereja, Waktu Pelantikan Presiden Diundur

Edeltrudizh

Dua Suster Ini Tempuh Cara Unik untuk Ikut dalam Demo Mengutuk Rasisme

Admin

Leave a Comment