Katolikpedia.id

Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu!

Gosip Bisa Memecah Belah Gereja dan Kita

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus kembali mengingatkan kita umat Katolik akan bahaya gosip. Menurutnya, gosip bisa memecah belah komunitas kita, yakni komunitas Katolik atau Gereja.

Peringatan Paus akan bahaya gosip ini adalah yang kedua. Peringatan pertama ia kemukakan pertengahan tahun lalu. Hampir sama dengan yang pertama, di sini Bapa Suci kembali menyadarkan kita akan akibat buruk dari kebiasaan bergosip.

Secara umum Paus menyebut tiga hal yang berpotensi memecah belah kehidupan komunitas, keluarga dan Gereja yakni gosip, angkuh, dan uang.

BACA: Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik

Gosip bisa memecah belah kita karena ia melawan kerja Roh Kudus. Gosip membuat kita terpecah belah, sementara Roh Kudus adalah sumber keharmonisan. Roh Kudus mampu menciptakan keharmonisan dalam hidup kita.

“Maka kita harus menyerahkan diri dengan rendah hati kepada kuasa Roh Kudus sehingga Ia membawa keharmonisan ke dalam diri dan komunitas kita,” ujar Paus Fransiskus dalam Misa di kediamanannya kemarin, seperti dilasir dari Catholicherald.co.uk (22/4/2020).

Periode yang kita lalui sekarang, lanjut Paus Fransiskus, adalah periode yang penuh dengan keheningan. Waktu di mana kita lebih banyak berdiam diri dan belajar untuk mendengarkan dalam keheningan.

“Ada banyak kesunyian di periode ini. Anda bahkan dapat mendengar keheningan, yang mungkin merupakan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang dikatakan orang. Semoga keheningan ini mengajarkan kita untuk mendengarkan, membuat kita tumbuh dalam kemampuan kita untuk mendengarkan”.

Dalam keheningan ini, kita menyendengkan telinga untuk mendengarkan bisikan Roh Kudus. Itulah salah satu jalan kita menjaga diri dan komunitas kita agar tetap bersatu.

BACA JUGA: Pesan Paus Fransiskus : Maafkanlah dan Kasihi Musuhmu

Pempinan tertinggi Gereja Katolik Dunia ini menegaskan, ada banyak hal yang dapat memecah-belah komunitas kita, baik itu keuskupan, paroki, pastor, maupun para religius. Namun, merujuk pada Kitab Suci Perjanjian Baru, ada tiga hal yang paling berpotensi untuk memecah belah yakni gosip, kesombongan, dan uang.

Membicarakan orang lain, apalagi menjelek-jelekan orang lain, adalah tindakan yang berasal dari iblis.

Demikian pula halnya kesombongan. Kesombongan dapat dilihat pada orang yang memamerkan gaya hidup mereka, cara mereka berpakaian – termasuk pilihan jubah liturgi – dan dalam keinginan mereka untuk selalu tampak lebih baik daripada yang lain.

“Sementara uang bisa membelah komunitas, membelah gereja,” kata Paus.

“Mari kita meminta kepada Tuhan agar kita patuh kepada bisikan Roh sehingga Dia dapat mengubah kita dan mengubah komunitas kita. Dengan demikian kita dapat melangkah bersama menuju harmoni yang Yesus inginkan”.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Inilah 3 Kesalahan Saat Berdoa Pribadi yang Harus Kamu Hindari, Agar Doamu Tidak Sia-sia

Steve Elu

Sejumlah Tempat Mukjizat Ekaristi Ini Bisa Menjadi Tujuan Ziarah Rohanimu. Dimana Saja?

Tiwie Pert

Bareng Mgr John Philip Saklil Ke Korea Selatan dan Inilah Sosok Mgr John yang Sebenarnya

Steve Elu

3 comments

Gereja adalah Ibu dan Saudari | Katolikpedia.id April 25, 2020 at 8:08 am

[…] BACA JUGA: Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu! […]

Reply
Hubungan Para Uskup dan Pemerintah Italia Memanas, Nasip Perayaan Ekaristi Belum Jelas | Katolikpedia.id April 29, 2020 at 3:14 am

[…] BACA: Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu! […]

Reply
Tersentuh! Ini Isi Surat Tulisan Tangan Paus Fransiskus untuk Negeri Asalnya | Katolikpedia.id May 4, 2020 at 11:53 am

[…] BACA: Paus Fransiskus: Gosip Bisa Memecah Belah Komunitasmu. Jangan Lakukan Itu! […]

Reply

Leave a Comment