Katolikpedia.id

Akhirnya Arsip Apostolik Vatikan Dibuka untuk Diteliti. Ini Terkait Perang Dunia II

Pembukaan Arsip Vatikan

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus membuat langkah penting dengan membuka akses kepada Arsip Apostolik Vatikan, salah satunya terkait dengan Perang Dunia II. Perang Dunia II terjadi dari 1 September 1939 sampai 2 September 1945.

Ketika Perang Dunia Kedua pecah Gereja Katolik dipimpin oleh Paus Pius XII. Paus dengan nama asli Eugenio Maria Giuseppe Giovanni Pacelli ini menduduki Takhta Petrus mulai dari 2 Maret 1939 hingga 9 Oktober 1958.

Diperkirakan ada sekitar 16 juta dokumen yang dihasilkan selama periode kepemimpinan Paus Pius XII. Dan dokumen-dokumen ini tersimpan di arsip apostolik Vatikan.

Pada 2 Maret 2020 lalu, Paus Fransiskus mengeluarkan dekrit yang memberikan izin kepada para peneliti untuk melakukan penelitian terhadap arsip-arsip tersebut, termasuk untuk mengetahui sikap Gereja Katolik terkait Perang Dunia Kedua.

BACA: 7 Fakta tentang Kapel Sistina Vatikan yang Jarang Diketahui Umat Katolik

Akses kepada dokumen-dokumen Paus XII ini adalah yang pertama kali, dan para peneliti sudah menanti-nantikan kesempatan langka tersebut. Para peneliti berharap bisa mempelajari file-file tersebut untuk mendapatkan informasi baru tentang tindakan dan sikap Gereja Katolik di bawah kepemimpinan Paus Pius XII selama Perang Dunia II.

Namun, pemberian izin akan dilakukan secara bertahap mengingat situasi belum sepenuhnya normal pasca lockdown akibat covid-19. Pihak Vatikan, sebagaimana disiarkan Vaticannews.va (29/5/2020), sudah mengumumkan bahwa kantor arsip apostolik Vatikan dibuka kembali kepada para peneliti pada 1 Juni 2020.

Akses “tahap pertama” ke kantor arsip Vatikan ini hanya akan berlangsung selama empat Minggu, untuk 15 peneliti. Jumlah ini sengaja dibatasi untuk mengikuti aturan pemerintah Italia pasca pandemi.

Setelah empat minggu, arsip Vatikan akan ditutup karena liburan musim panas. Penelitian “tahap kedua” baru bisa kembali dilanjutkan setelah 30 Agustus 2020.

BACA JUGA: Ini 5 Fakta Penting tentang Paus Yohanes Paulus II. Kamu Harus Tahu!

Arsip Apostolik Vatikan, yang sebelumnya disebut “arsip rahasia Vatikan” adalah kantor yang menyimpan dokumen dan buku-buku yang penting secara historis dan budaya bagi Gereja dan dunia. Sejak 1881, arsip ini telah dibuka untuk peneliti yang memenuhi syarat, berdasarkan permintaan.

Jadi, bagi mereka yang ingin melakukan penelitian di kantor arsip Vatikan, harus mengajukan permintaan terlebih dahulu. Mereka yang lulus seleksi baru boleh melakukan penelitian di sana.

Sejauh ini, arsip Vatikan selalu jadi magnet untuk para peneliti dari berbagai belahan dunia. Para peneliti berlomba-lomba mengajukan permintaan untuk bisa meneliti dokumen-dokumen Gereja Katolik tersebut.

Kita berharap agar hasil penelitian terhadap arsip Vatikan ini semakin memperkaya iman kita kepada Allah.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario

Tiwie Pert

Apa Perbedaan Peringatan, Pesta, dan Hari Raya dalam Gereja Katolik?

Tiwie Pert

Meski Sedang Kesulitan, Mari Mengucap Syukur melalui Doa Ini

Edeltrudizh

Leave a Comment