Katolikpedia.id

Sadis! Lantaran Mabuk, Pria Ini Menghina Pastor hingga Ingin Menikamnya

tus-moruk-pelaku-penikaman-pater-gabriel-bahan-paroki-nurobo

Katolikpedia.id – Seorang pria bernama Tus Moruk diketahui melakukan penghinaan dan ancaman penikaman terhadap Pastor Gabriel Yosef Nammaolla Bahan CMF, pada 29 Januari 2020.

#Kronologi kejadian

Tindakan pengancaman ini terjadi di Dusun Auktuik A, Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Belu, Nusa Tenggara Timur. Kejadian bermula saat Pastor Gabriel ingin melerai pelaku yang saat itu tengah memukul dua pemuda penjual ikan di jalan umum.

Menurut pengakuan Pastor Gabriel, saat menyaksikan aksi pemukulan itu, ia hanya berniat untuk membuat suasana kondusif tanpa bermaksud membela korban dan menghakimi pelaku. Tapi sayang sekali, niat baik itu tidak disambut baik oleh lawan bicaranya.

Tus Moruk merasa terganggu dan tidak suka dengan teguran sang pastor. Ia lalu beralih dan mulai menyerang Pastor Gabriel dengan kata-kata yang tidak senonoh.

tus-moruk-pelaku-pengancam-pater-gabriel-bahan
(Foto : kupang.tribunnews.com)

lu (kamu) mau apa? Apa urusanmu?,” ujar pelaku dilanjut dengan serentetan kata makian kepada Pastor Gabriel, yang tak pantas didengar. Tak puas menghina, pelaku lalu mencoba untuk menikam Imam tersebut.

Dari pengakuan yang dibeberkan Pastor Gabriel Bahan kepada gardamalaka.com, peristiwa ini berlangsung sekitar pukul 18.15 hingga 18.30 waktu setempat.

Aksi bejat pelaku langsung dicegah beberapa warga yang jadi saksi mata di lokasi kejadian. Tapi, tetap saja, pria tersebut terus berusaha untuk menikam Pastor Gabriel. Pencobaan penikaman ini diulanginya hingga tiga kali, sebelum akhirnya ia melarikan diri.

Baca Juga : Sadis! Pria Ini Menyiram Minuman ke Altar Saat Konsekrasi

#Pelaku mengakui perbuatannya dan menyesal

Selama 5 hari, pria tersebut menjadi buronan polisi setempat.  Rabu, 05/02/2020, pelaku akhirnya menyerah dan menyerahkan diri.

Berdasarkan keterangan yang dibeberkan pihak Polres Belu, pelaku nekat melakukan tindakan fatal itu lantaran sedang dalam kondisi mabuk.

AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar, selaku Kasat Reskrim Polres Belu, menyampaikan bahwa pelaku merasa bersalah atas tindakannya itu dan pasrah untuk menjalani proses hukum ke depannya. Ia mengakui bahwa saat itu kondisinya tidak stabil, sehingga tak mampu mengendalikan emosi.

tus-moruk-diamankan-polisi
(Foto : kupang.tribunnews.com)

Meski sudah meminta maaf, kasus tersebut masih berlanjut dan sedang ditangani oleh pihak kepolisian. Jika dilihat dari segi hukum, aksi yang dilakukan Tus Moruk ini tergolong dalam 3 bentuk pelanggaran yakni : penyalahgunaan kepemilikan senjata tajam, ancaman penikaman dan penghinaan.

#Mengenal Pastor Gabriel Bahan

Sebagai informasi tambahan, Pastor Gabriel Yosef Nammaolla Bahan, CMF merupakan Pastor Paroki di  Gereja St. Maria Fatima, Paroki Nurobo. Paroki ini termasuk dalam wilayah Keuskupan Atambua, Nusa Tenggara Timur.

Keuskupan ini berada di daerah perbatasan Indonesia dan Negara Timor Leste. Wilayah Keuskupan digembalai oleh Uskup Dominikus Saku, Pr.

Mari kita doakan bersama, agar kasus serupa tak terjadi lagi di lingkungan Gereja Katolik lainnya. Dan pesan kami, yuk maafkan pelaku dengan tidak menghujatnya, karena kita sesama manusia pasti punya banyak salah. Biarkanlah ini menjadi pelajaran bagi kita semua, agar lebih berhati-hati dalam bertutur kata dan bertindak.

Sumber : kupang.tribunnews.com, gardamalaka.com

NB : Ikuti program #TravelRohani Tim Katolikpedia di youtube ya. Jangan lupa klik Like, Share dan Subscribe ya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Seputar Kasus-Kasus Pelecehan Perempuan oleh Pastor Tertahbis

John Mansford Prior SVD

Paus Fransiskus Umumkan Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal Baru Indonesia

Tiwie Pert

Berdoa Rosario Di Bulan Mei Ini? Pahami Dulu 7 Hal Penting tentang Doa Rosario

Tiwie Pert

Leave a Comment