Katolikpedia.id

Sadis! Pria Ini Menyiram Minuman ke Altar Saat Konsekrasi

penyerangan-gereja-saat-misa-di-brooklyn

Katolikpedia.id – Sebuah video yang diunggah oleh Keuskupan Brooklyn, New York, beberapa hari lalu cukup menghebohkan publik, khususnya umat Katolik di dunia.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria berusaha untuk menyerang gereja dengan menyiram cairan ke atas altar. Parahnya, proses penyiraman itu terjadi saat Misa tengah berlangsung.

Insiden penyerangan ini terekam jelas oleh kamera yang terpasang pada bagian panti imam Gereja. Pria yang belum dikonfirmasi namanya itu berjalan mendekati altar dari sisi kiri, lalu menumpahkan cairan berwarna pink di atas altar, saat imam sedang memimpin Misa.

Pastor Jossy Vattothu yang saat itu memimpin Misa juga tidak sempat mencegah kejadian tersebut. Usai melakukan tindakan tak terpuji itu, pria itu kemudian berbalik dan berjalan menyusuri lorong utama, sebelum dihalangi umat yang hadir.

Tak membutuhkan waktu lama, pelaku langsung ditangkap dan diamankan oleh Departemen Kepolisian New York.

Polisi setempat lalu membawa pria misterius ini ke Rumah Sakit Woodhull, Brooklyn untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Menurut pernyataan yang disampaikan oleh pihak Keuskupan Brooklyn, insiden itu terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat, saat Misa Hari Minggu di paroki St. Antonius Padua, yang terletak di Lingkungan Greenpoint, Brooklyn.

Bentuk penyerangan ini dinilai pihak Keuskupan setempat sebagai bentuk ‘penodaan’ terhadap altar dan bagian dari ‘tindakan keji intoleransi agama.’

Menanggapi kejadian ini, Pastor Vattothu yang menyaksikan penyerangan itu mengatakan bahwa sepanjang perjalanan panggilannya selama sepuluh tahun sebagai seorang imam, ia tak pernah menyaksikan kejadian seperti itu.

Awalnya ia berpikir, pria itu ingin mengutarakan sesuatu kepadanya, sehingga ia membiarkannya mendekati altar, tapi dugaannya meleset.

Pastor Vattothu sangat bersyukur karena insiden penumpahan cairan itu tidak mengenai roti dan anggur yang ada di atas altar saat itu.

“Ini sebuah mukjizat, karena roti dan anggur tidak rusak, dan saya dapat melanjutkan Misa, menguduskan roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus,” terang pastor Jossy Vattothu.

Imam fransiskan itupun menambahkan, “Saya berdoa untuk orang ini dan tidak tahu apa yang ada dalam pikirannya.”

Kejadian ini membuat perwakilan keuskupan meminta perhatian pihak keamanan untuk meningkatkan pengamanan di lingkungan gereja.

“Benar-benar mengerikan bahwa seseorang akan melakukan itu di bagian paling suci dari Misa, yang merupakan tempat konsekrasi,” kata Mgr. Anthony Hernandez, mewakili Keuskupan Brooklyn.

Mengingat insiden ini, Pastor Vattothu meminta umat Katolik, agar saat berada dalam gereja, sebaiknya memilih tempat duduk di dekat altar, sehingga umat pun bisa ikut mengawasi kejadian serupa yang mungkin bisa terjadi kapan saja.  

“Duduk lebih dekat ke altar saat Misa agar kita sebagai komunitas yang beriman dapat lebih bersama dan membuat imam merasa lebih nyaman,” Himbau Pastor Vattothu.

Himbauan yang diberikan Pastor Vattothu ini tentunya tidak hanya berlaku untuk umat Katolik di paroki St. Antonius Padua, Brooklyn saja, tapi berlaku pula untuk kita semua agar kita selalu waspada terhadap berbagai bentuk penyerangan yang bisa terjadi kapan saja di lingkungan gereja kita masing-masing.

Sumber : catholicnewsagency.com/

NB : Tim Katolikpedia sedang menjalankan program Travel Rohani di youtube. Mohon dukungan dari sahabat pembaca Katolikpedia.id untuk mendukung program ini dengan cara klik Like, Share, Subscribe dan Comment ya. Tentang apa itu program Travel Rohani, bisa ditonton di video berikut :

Artikel Terkait:

Paus Fransiskus : Tetaplah Tersenyum, Meski Hidupmu Terasa Sulit

Edeltrudizh

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua

Edeltrudizh

Yuk, Mari Melayani Tuhan Lewat Kegiatan Pesparani

Fr Andreas Anggit W.

Leave a Comment