Rayakan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman, Coba Lakukan 7 Hal Ini Bersama Keluarga

Katolikpedia.id – Gereja Katolik merayakan peringatan arwah semua orang beriman atau hari arwah setiap 2 November. Hari arwah menjadi kesempatan untuk mengenang dan mendoakan orang-orang terkasih yang sudah meninggal.

Selain itu, peringatan arwah semua orang beriman menegaskan kembali iman dan harapan kita akan kehidupan kekal. Hal apa yang bisa kita lakukan bersama keluarga untuk merayakan hari arwah?

Ini 7 hal yang bisa kamu lakukan bersama keluarga untuk merayakan peringatan arwah semua orang beriman:

# Berdoa

Mulailah hari peringatan arwah semua orang beriman dengan berdoa. Kamu bisa berdoa dan mengikuti misa bersama anggota keluargamu yang lain.

Ajaklah anggota keluarga untuk mendoakan keluarga, saudara, kerabat yang telah meninggal dunia. Jangan lupa ajak anak-anak.

# Lilin kasih

Kamu dapat menyalakan lilin di rumah atau di gereja dan berdoa khusus untuk orang-orang terkasih yang sudah meninggal. Hening sejenak untuk mengenang sosok orang terkasih dan kebersamaan yang pernah dilalui.

Ungkapkan juga rasa syukur atas kesempatan dan pengalaman perjumpaan dengan orang atau anggota keluarga tersebut selama ia masih hidup.

# Persembahkan bunga

Kunjungilah makam anggota keluarga yang sudah meninggal dan bawalah bunga indah. Ajaklah anak-anak untuk membuat buket bunga cantik. Kamu bisa memanfaatkan bunga di kebunmu jika ada.

# Berziarah

Kamu dan keluargamu bisa berziarah ke tempat-tempat yang memiliki sejarah bagi hidupmu dan keluargamu. Atau mungkin juga pergi ke tempat yang punya kenangan khusus dengan anggota keluarga yang sudah meninggal.

Kamu bisa bercerita tentang tempat itu dan pengalaman kebersamaanmu kepada anak-anak yang mungkin tidak mengalami pengalaman itu.

# Berbagi cerita dan melihat foto

Kegiatan lain bersama keluarga di peringatan arwah orang beriman adalah berbagi cerita tentang kenangan bersama anggot a keluarga yang sudah meninggal.

Misal kamu bisa bercerita tentang orangtua, saudara, kakek atau nenek yang sudah wafat. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk melihat album foto keluarga.

# Makan bersama

Makan bersama dengan keluarga bisa kamu pilih. Kebersamaan dengan keluarga ini dapat semakin meneguhkan keluargamu.

Bisa juga saat makan bersama ini kamu memasak makanan kesukaan anggota keluarga yang sudah meninggal. Ini hanya salah satu cara untuk mengenang mereka selain mengirim doa tentunya.

# Berdoa sebelum tidur

Ajaklah anak-anak dan anggota keluarga yang lain untuk berdoa bagi keluarga yang sudah meninggal sebelum tidur.

Itulah cara atau hal yang bisa kamu lakukan dalam keluarga untuk mengenang saudara yang sudah meninggal dan merayakan peringatan arwah orang beriman.

Sumber: aleteia.org

2,905 total views, 2 views today

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *