Katolikpedia.id

Rayakan 7 Tahun Masa Kepausan, Paus Fransiskus Doakan Umat Sedunia

doa-paus-fransiskus-untuk-korban-corona

Katolikpedia.id – Tanpa terasa, sudah 7 tahun Paus Fransiskus menjabat sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik.

Kini, di tahun 2020 ini masa kepemimpinanan Bapa Suci memasuki tahun ke-8. Momen penting ini dirayakan Paus Fransiskus pada 10 Maret 2020 lalu, di Casa Santa Marta.

Perayaan ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ketika ia memasuki tahun kedelapan masa kepausannya, Paus yang adalah seorang pemimpin tertinggi Gereja, juga sebagai seorang kepala Negara, harus dihadapkan dengan kasus virus corona yang menghebohkan dunia.

MOHON DUKUNGAN:

Dampak dari virus tersebut menyebabkan segala aktivitas di Italia dan Vatikan dihentikan, termasuk penutupan gereja-gereja.

Kita sebagai umat Katolik pun turut merasakan dampak dari wabah ini. Meski Indonesia tidak separah negara lainnya, tapi berita tentang penyebaran virus Covid-19 ini sangat meresahkan setiap individu.

Melihat kondisi ini, Paus Fransiskus memilih untuk mendoakan secara khusus seluruh umat di dunia, baik yang terkena virus corona, maupun yang masih sehat, ketimbang merayakan HUT kepemimpinananya itu.

Dia ingin menemani kita semua dalam masa sulit ini dengan doa-doanya. Bapa Suci mempercayakan kondisi sulit ini secara khusus kepada Bunda Maria dan ikut mempersembahkannya dalam Misa harian di Casa Santa Marta.

Lewat homilinya, ia mewartakan firman Tuhan sebagai bentuk motivasi iman. Paus juga secara khusus mempersembahkan kurban Ekaristi dalam HUT kepemimpinannya itu bagi para korban virus corona, para dokter, perawat, relawan, pihak berwenang, dan seluruh pihak yang ikut terlibat dalam upaya pencegahan virus tersebut.

“Pada hari-hari ini, saya akan mempersembahkan Misa bagi mereka yang sakit karena epidemi virus Corona, untuk para dokter, perawat, sukarelawan yang membantu para korban, untuk para lansia di panti jompo dan untuk tahanan,” ujar Paus Fransiskus, seperti dilansir vaticannews.va.

Baca Juga : Cemas dengan Virus Corona? Mohon Perlindungan Tuhan Melalui Doa Ini

Perayaan Ekaristi harian di Casa Santa Marta ini bukan kali pertama dilakukan Paus Fransiskus. Setiap hari, Paus selalu merayakan Misa pagi seperti para pastor pada umumnya. Ini merupakan salah satu ciri kepausannya.

Misa di Casa Santa Marta ini disiarkan secara langsung setiap pagi ke seluruh umat Katolik di dunia, dan sudah dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Inggris.

Jadi, bagi umat yang ingin menyaksikan, bisa menontonnya di vaticannews.va atau di fanpage @vaticannews.

Paus secara khusus meminta kita semua untuk berdoa bersamanya sepanjang situasi ini dengan doa singkat : “Tebuslah aku, ya Tuhan, dan kasihanilah aku. Aku bersimpuh di bawah kaki salib-Mu; Aku akan selalu diberkati Tuhan”.

Dia juga meminta kita untuk menyadari setiap kesalahan dan kelalaian yang sering kita lakukan, dengan mendaraskan doa singkat ini sebagai bentuk penyeselan dari hati kita.

“Kami menyadari bahwa kami telah berdosa, dan sering melakukan kejahatan; kami sering memberontak dan menyimpang dari perintah dan hukum-Mu, ya Tuhan. Kami belum menaati hamba-hambamu, para nabi, yang berbicara atas nama-Mu”.

Bentuk pendampingan dari Paus Fransiskus ini mungkin terlihat sederhana, tapi ini adalah salah satu bukti bahwa Paus tidak meninggalkan kita sendirian untuk berjuang melawan virus tersebut.

Semoga Tuhan memberikan rahmat-Nya kepada kita semua, dalam menghadapi wabah virus corona ini.

NB : Ikuti informasi Katolik lainnya di channel youtube Katolikpedia ya.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Aksi Nyata Kita Hari Ini : Katolik dan Islam Kita Bersaudara

Fr Andreas Anggit W.

Saatnya Dunia Beristirahat, dan Kita Tinggal Di Rumah

Pastor Doddy Sasi CMF

Menghadapi Pandemi Dengan Meneladani Dokter Lie Agustinus Dharmawan

Admin

3 comments

Mari Mendoakan Romo Alex, yang Terbaring Lemah di Rumah Sakit Karena Virus Corona | Katolikpedia.id March 18, 2020 at 1:09 am

[…] BACA: Rayakan 7 Tahun Masa Kepausan, Paus Fransiskus Doakan Umat Sedunia […]

Reply
Saatnya Dunia Beristirahat, dan Kita Tinggal Di Rumah | Katolikpedia.id March 19, 2020 at 12:11 pm

[…] BACA: Rayakan 7 Tahun Masa Kepausan, Paus Fransiskus Doakan Umat Sedunia […]

Reply
Fakta Umat Katolik Inggris Percaya Bunda Maria dapat Melindungi Mereka dari Covid-19 | Katolikpedia.id April 1, 2020 at 2:25 am

[…] Rayakan 7 Tahun Masa Kepausan, Paus Fransiskus Doakan Umat Sedunia […]

Reply

Leave a Comment