Katolikpedia.id

5 Hal Penting dalam Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus Awal September Nanti. Apa Saja?

Kunjungan Apostolik Paus Fransikus September 2019

Katolikpedia.id – Awal bulan depan, September 2019, Paus akan mengadakan perjalanan ke luar kota Vatikan. Dalam perjalanan Apostolik Paus Fransiskus tersebut, ia akan bertemu dengan sejumlah toko penting.

Tak hanya itu, Bapa Suci juga akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di beberapa negara. Seperti perjalanan-perjalanan apostolik sebelumnya, Paus juga akan bertemu dengan orang sakit, orang miskin dan tersingkir.

Kantor berita Vatikan, melalui Vaticannews.va (6/8/2019), sudah merilis secara rinci daftar kegiatan selama perjalanan Apostolik Paus Fransiskus. Beberapa kegiatan tampak seperti biasa, namun beberapa di antaranya mempunyai pesan yang kuat.

Dari list panjang kegiatan Paus itu, kami membuat klasifikasi menjadi 5 hal penting yang akan terwujud dalam kunjungan Apostolik Paus Fransiskus kali ini.

Jadwal Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus

Tiga negara sekaligus

Tak tanggung-tanggung, perjalanan Apostolik Paus Fransiskus kali ini akan mengunjungi tiga negara sekaligus. Ketiga negara tersebut adalah Mozambiq, Madagaskar, dan Mauritius. Tiga negara ini merupakan bagian dari Indian Ocean Islands.

Kota-kota dari kegiata negara tersebut yang bakal disambangi oleh pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu adalah Maputo di Mozambiq, Antananarivo di Madagaskar dan Port Louis di Mauritius.

Bertemu Pemimpin Negara dan Gereja

Selain menjabat sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik seluruh dunia, Paus Fransiskus juga merupakan kepala negara Vatikan. Maka ketika ia datang mengunjungi sebuah negara, ia memikul dua tugas sekaligus: sebagai pemimpin Gereja dan Kepala Negara.

BACA: Sejumlah Tempat Mukjizat Ekaristi Ini Bisa Menjadi Tujuan Ziarah Rohanimu. Dimana Saja?

Dalam kunjungan ini, ia dijadwalkan untuk bertemu dengan para presiden di ketiga negara tersebut.

Selain itu, Paus juga akan bertemu dengan Nunsius, para uskup, imam, biarawan-biarawati dan para seminaris di ketiga negara itu.

Bertemu dengan kaum muda

Satu hal yang perlu dicatat, dan bisa jadi ini salah satu kekhasan Paus Fransiskus adalah bertemu dengan orang muda di setiap kunjungan Apostoliknya. Orang muda yang dimaksud bukan hanya orang muda Katolik tapi juga orang muda dari berbagai agama dan kepercayaan.

Misalnya saja, di Mozambiq, Paus Fransiskus akan mengadakan pertemuan antaragama dengan kaum muda di Maxaquene Pavilion. Sementara di Madagaskar, Paus dijadwalkan bertemu dengan orang muda di ladang Keuskupan Soamandrakizay.

Kunjungi tempat bersejarah

Selain itu Bapa Suci juga akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yakni biara Karmel, Nunsiatura Apostolik, Katedral Andohalo dan makam Victoire Rasoamanarivo. Tempat-tempat yang disebutkan ini ada di Madagaskar.

Sementara di dua negara lain, beberapa tempat penting juga tak luput dari persinggahan Paus Fransiskus.

Kunjungan pribadi

Yang paling menarik, jelang akhir perjalanan Apostolik Paus Fransiskus akan diisi dengan kunjungan pribadi ke makam Jacques-Desire Laval (18 September 1803 – 9 September 1864). Jacques-Desire Laval adalah seorang imam Katolik asal Perancis yang lama bertugas di Mauritius.

Dengan keahliannya sebagai dokter, ia merasul tanpa kenal lelah di Mauritius hingga wafat. Namanya sangat terkenal di negara itu sampai ia dijuluki “rasul Mauritius”. Jacques-Desire Laval dibeatifikasi pada 29 April 1979.

Inilah lima peristiwa penting yang akan menjadi bagian dari perjalanan Apostolik Paus Fransiskus kali ini. Silakan ikuti terus update informasi seputar kunjungan ini melalui Katolikpedia.id.

Saksikan Program #TravelRohani Katolikpedia:
Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Terkenal Pintar dan Sudah Bekerja di Amerika, Pria Ini Malah Memilih Menjadi Imam. Ini Kisahnya!

Steve Elu

Hal Apa yang Harus Dilakukan Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan Tuhan?

Tiwie Pert

Ini 5 Inner Beauty Seorang Gadis Katolik, Idaman Seorang Laki-Laki. Kamu Sudah Memilikinya?

Edeltrudizh

Leave a Comment