Katolikpedia.id

Belum Bisa Ikut Novena Natal Karena Sibuk? Doakan Doa Ini sebagai Gantinya

Novena Natal dan Triduum Persiapan Natal

Katolikpedia.id – Natal 2019 sudah di depan mata. Salah satu persiapan kita sebagai umat Katolik untuk menyambut Natal adalah Novena Natal. Persiapan ini sangat penting agar kita bisa menyambut Natal dengan hati yang betul-betul siap.

Mengingat Novena Natal ini akan berlangsung selama 9 hari, maka persiapan Natal dengan doa novena sudah dimulai pada tanggal 11 Desember, dengan tidak menghitung Sabtu & Minggu.

Jika rujukan kita adalah hitungan ini, maka hari ini adalah hari kedua Novena Natal.

Di beberpa paroki di Keuskupan Agung Jakarta, devosi persiapan Natal tersebut sudah dimulai. Umat diharapkan dapat memanfaatkan momen ini untuk mempersiapkan diri menyambut Natal.

BACA: Selain St Kayetanus, Kamu Bisa Berdoa Kepada Santo Ini Saat Mencari Pekerjaan

Namun, bagaimana jadinya kalau kita belum bisa ikut? Misalnya karena kesibukan kerja atau jadwal novena yang tidak cocok dengan jam kantor.

Jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa melakukan persiapan Natal 2019 secara pribadi. Atau kamu juga bisa mengikuti triduum Natal yang biasanya hanya berlangsung selama tiga hari sebelum hari Natal.

Kata triduum berasal dari bahasa Latin yang berarti Tiga Hari. Dalam kebiasaan Gereja Katolik, triduum merupakan waktu khusus (selama tiga hari) yang dipilih untuk “PERSIAPAN”, terutama persiapan batin, menjelang suatu hajatan besar atau perayaan tertentu.

Bentuk dan isi baku dari masa persiapan/triduum tersebut tidaklah ditentukan oleh Gereja, namun yang jelas tujuannya adalah agar perayaan yang disiapkan semakin dihayati dengan baik dan benar oleh segenap umat.

Kegiatan triduum ini bisa dilakukan baik secara individu atau pun bersama-sama sebagai suatu komunitas. Misalnya dilakukan oleh umat di suatu wilayah tertentu, organisasi gereja, seminari, sekolah dan sebagainya. Bahkan dalam satu keluarga juga sangat bisa.

Sebagai “persiapan singkat” menyambut Natal, umat Katolik dapat mengikuti triduum tersebut. Apalagi, kalau tidak sempat mengikuti triduum di gereja, kamu juga dapat mengadakannya sendiri atau bersama keluarga di rumah.

Kalau pada akhirnya harus mengadakan triduum Natal sendiri atau bersama keluarga, bagaimana melakukannya?

Prinsip dan urutannya hampir sama dengan ibadat Katolik pada umumnya. Namun ujud atau tekanan dalam permenungan selama triduum tersebut diarahkan untuk persiapan menyambut Natal.

Bacaan-bacaan yang direnungkan pun sudah pasti mengarahkan hati dan pikiran kita untuk menatap Sang Penebus yang akan segera lahir. Ia akan datang untuk menyelamatkan kita. Karena itu kita pantas menyambut-Nya dengan penuh sukacita.

Lakukanlah triduum tersebut sebagai pengganti novena Natal. Dengan begitu kita berharap agar hati kita dalam keadaan siap sedia ketika bayi Yesus datang dan mengetuk pintu hati kita.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Merenungkan Sabda Tuhan, Daraskan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Kitab Suci Ini

Tiwie Pert

Mengapa Bunda Maria Dijuluki Ratu Rosario? Begini Ceritanya …

Tiwie Pert

Doa kepada Bunda Maria. Cocok untuk Keluarga Katolik

Admin

Leave a Comment