Katolikpedia.id

Ini Pesan Utama Paus Kepada Para Kardinal Baru, Termasuk Kardinal Ignatius Suharyo

Pelantikan Para Kardinal Baru di Vatican

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus resmi melantik Kardinal Ignatius Suharyo kemarin sore atau tadi malam waktu Indonesia. Kardinal Suharyo dilantik bersama para kardinal baru lainnya; total 13 kardinal baru.

Misa pelantikan para kardinal baru yang berlangsung di Basilika St Petrus Vatikan tersebut, dihadiri oleh semua Kardinal, utusan dari berbagai benua, biarawan-biarawati dan umat.

Dalam homilinya, Paus Fransiskus menegaskan satu kata kunci yang hendaknya menjadi ciri pelayanan para kardinal baru, termasuk Kardinal Ignatius Suharyo. Kata kunci tersebut adalah “Belas Kasih”.

BACA: Doa Indah dari Paus Fransiskus Saat Kita Kehilangan Harapan. Cuma 14 Kata!

Bapa Suci kemudian menjabarkan kata kunci tersebut ke dalam tiga poin penting yakni:

# Sikap hati Allah

“Belas kasih adalah kata kunci dalam Injil. Dan itu selamanya tertulis di dalam hati Allah,” kata Paus Fransiskus.

Bukti belas kasih Allah, kata Paus, dapat kita temukan dalam sikap yang ditunjukan oleh Yesus, yang senantiasa berbelas kasih kepada mereka yang menderita.

“Semakin kita membaca Kitab Suci dan merenungkannya, semakin kita sadari bahwa tampaknya belas kasih adalah sikap hati-Nya,” ujar Bapa Suci.

Misa Pelantikan Kardinal Ignatius Suharyo

# Yesus adalah belas kasih

Menurut Paus asal Argentina ini, Yesus menjelma kehendak Allah untuk memurnikan pria dan wanita yang menderita oleh bencana dosa; Dia adalah ‘tangan Allah yang terulur’, yang menyentuh daging kita yang sakit-sakitan dan menyelesaikan pekerjaan ini dengan menjembatani jurang pemisah antara kita dengan Allah.

“Yesus pergi mencari orang yang terbuang, mereka yang tanpa harapan”.

# Hambatan untuk berbelas kasih

Paus Fransiskus menyoroti sikap dan pertimbangan-pertimbangan manusiawi kita yang terkadang menjadi penghalang bagi terwujudnya tindakan kasih.

Ia merujuk pada sikap para murid yang tampak ragu ketika Yesus meminta mereka untuk memberi makan lima ribu orang.

Kata Paus, ketika dihadapkan pada masalah harus memberi makan orang banyak, para murid merasa khawatir. Ini adalah sikap umum di antara kita yang selalu punya pembenaran atau terkadang terlampau teguh pada aturan sehingga menghasilkan struktur yang kurang berbelas kasih.

Dari tiga hal pokok tersebut, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu minta kepada para kardinal baru, juga semua kardinal agar sadar diri bahwa mereka adalah perantara belas kasih Allah kepada umat-Nya.

Untuk itu, para kardinal harus terlebih dahulu merasa dikasih oleh Allah agar punya alasan untuk membagikannya kepada orang lain.

“Jika saya tidak merasakannya, bagaimana saya bisa membagikannya, memberikan kesaksian untuk itu, memberikan belas kasih itu kepada orang lain?” tanya Paus Fransiskus.

Ia melanjutkan, kesiapan seorang Kardinal untuk menumpahkan darahnya sendiri, sebagaimana ditandai oleh warna merah jubahnya, berakar pada kesadaran bahwa ia telah dikasihi oleh Allah sehingga mampu membagikannya.

Sebagai umat Katolik, kita mendoakan semua kardinal yang baru dilantik, termasuk Kardinal Ignatius Suharyo, agar pelayanan mereka semakin memperlihatkan kasih Allah yang tak berkesudahan.

Sumber: Vaticannews.va

NB: Katolikpedia.id sedang menjalankan Program #TravelRohani yakni mendokumentasikan arsitektur gereja, tempat ziarah dan kegiatan-kegiatan lintas iman di channel youtube “Katolik Pedia”. Jika Anda tertarik untuk mendukung program ini, silakan membantu kami dengan SUBSCRIBE, LIKE, SHARE dan COMMENT. Ini salah satu videonya:

Artikel Terkait:

Terpilih sebagai Kardinal, Ini Poin Penting yang Disampaikan Mgr. Suharyo

Edeltrudizh

Romo Ini Diculik Saat Pulang Pimpin Misa, Lalu Ditinggal Pergi oleh Penculiknya

Steve Elu

Ini Cara Menjadi Keluarga Katolik Berhikmat Seperti Kata Alkitab

Tiwie Pert

Leave a Comment