Katolikpedia.id

Paus Fransiskus : Manfaatkan Masa Adven Untuk Membantu Sesamamu!

pesan-paus-fransiskus-masa-adven

Katolikpedia.id – Seperti biasanya, dalam momen masa Adven seperti ini Paus Fransiskus memberikan pesan-pesan singkat yang menarik untuk kita telusuri. Belum lama ini, ia memberikan refleksi singkat tentang makna Adven dan tak lupa untuk mengajak seluruh umat Katolik agar ikut mereflesksikannya.

Dan, kami merangkum pesan-pesan Paus Fransiskus ini dalam beberapa poin. Pastikan kamu yang sudah membaca pesan positif ini tergerak untuk mepraktekannya dalam hidupmu.

#Kamu harus punya harapan

Dalam katekese singkatnya, Paus menghimbau kepada seluruh umat Katolik bahwa, masa Adven mengingatkan kita akan kehadiran Yesus di dunia. Bahwa Yesus itu selalu hadir dan akan selalu menyertai perjalanan hidup kita.

Tak hanya itu, Paus juga mengingatkan kita akan kedatangan Yesus pada akhir zaman nanti. Karena itu, ia ingin agar kita fokus pada masa depan dengan penuh keyakinan dan harapan.

#Kamu perlu mempersiapkan diri

Bukan saja harapan yang harus kita miliki tapi juga persiapan. Kesiapan hati dengan sungguh-sungguh adalah yang utama untuk menyambut Yesus, karena kedatangan-Nya untuk menyelamatkan kita.

“Adven adalah waktu untuk menyambut kedatangan Yesus, karena Ia datang sebagai utusan perdamaian untuk menunjukkan kepada kita jalan-jalan Allah,” pesan paus Fransiskus.

#Kamu harus berjaga-jaga

Sebagai manusia, kadang kita disibukkan dengan urusan duniawi, sehingga kita lupa bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi. Paus tak ingin kita terlena seperti itu. Maka dia ingin agar kita selalu berjaga-jaga sepanjang ziarah hidup kita di dunia ini. Seruan tentang berjaga-jaga ini pun sudah tertulis dalam kitab suci.

“Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri  akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

Matius 24:42-44
ayat-alkitab
(Photo : Design by Katolikpedia.id)

Gambaran untuk tetap berjaga yang dimaksudkan di siini tidak berarti menjaga mata seseorang agar benar-benar terbuka setiap saat, tapi yang dimaksudkan ialah memiliki hati yang peduli. Mau untuk melayani dan menawarkan diri untuk menolong sesama dengan penuh ketulusan.

“Kita harus selalu terjaga dari sikap ketidakpedulian, kesombongan, dan ketidakmampuan. Kita perlu untuk membangun hubungan yang baik dengan sesama manusia dan bersedia untuk merawat saudara-saudari kita yang sedang menderita sakit, lapar, depresi, dan sebagainya,” jelas Paus Fransiskus.

#Belajarlah untuk peka terhadap sesama

Allah selalu punya kejutan-kejutan dalam hidup kita yang tidak kita ketahui. Dalam katekese yang berlangsung di Vatikan itu, Paus pun berharap agar kita selalu memiliki sikap kepekaan dan siap sedia setiap waktu.

Kepekaan ini mengarah pada kebiasaan melatih diri untuk selalu peduli dengan kesulitan yang mungkin sedang dialami oleh tetangga kita, sahabat, teman kerja, dan yang lainnya.

“Kita harus selalu peka dan siap sedia untuk menolong tetangga kita atau mereka yang sedang dalam kesulitan tanpa harus menunggu mereka meminta bahkan memohon bantuan kita.” Tegas Paus Fransiskus yang akan segera berulang tahun pada 17 Desember nanti.

Di akhir katekese singkatnya itu, Paus Fransiskus menutupnya dengan doa. Ia meminta petunjuk kepada Perawan Maria agar kita semua mampu menjalani masa Adven ini dalam bimbingan sang Bunda.

“Semoga Perawan Maria, membantu kita untuk mengalihkan pandangan kita kepada Yesus Kristus”.

Yuk, teman pembaca Katolikpedia.id, mari merenungkan pesan Paus Fransiskus di masa Adven ini dan mari belajar untuk meningkatkan sikap kepedulian kita kepada sesama yang membutuhkan uluran tangan kita.

Sumber : vaticannews.va

NB : Dukung program #TravelRohani Katolikpedia di youtube dengan cara klik Like, Comment, Subcribe dan Share ya.

Artikel Terkait:

Apakah Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam Sudah Ada Sejak Gereja Katolik Berdiri?

Tiwie Pert

Bukalah Kitab Suci Sesering Kamu Membuka Handphone

Fr Andreas Anggit W.

Pernah Berjaga Di Pintu Kamar Tidur Paus, Beginilah Kesaksian Mantan Pengawal Paus Fransiskus

Steve Elu

Leave a Comment