Katolikpedia.id

Peringatan Paus Fransiskus: Selamatkan Anakmu dari Pengaruh Buruk Teknologi Digital

Paus Fransiskus dan Pengaruh Buruk Teknologi Digital

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus memperingatkan kita untuk sama-sama berusaha menyelamatkan anak-anak kita dari pengaruh buruk teknologi digital.

Peringatan Paus asal Argentina itu bahkan tidak sebatas imbauan, tapi mendesak kita untuk melakukan tindakan nyata.

Ia bahkan menyebut para pakar di bidang sains dan teknologi, pengelola media, pebisnis, legislator, orang tua, pemuka agama, dan semua pihak untuk bergandengan tangan menyelamatkan anak-anak di bawah umur dari kekerasan dan tindakan kriminal lainnya, di dunia digital.

BACA: Doa Kepada Malaikat Pelindung yang Bisa Kamu Doakan Setiap Hari

“Kita harus menghapus segala bentuk pelecehan terhadap anak-anak dari muka bumi ini,” kata Paus Fransiskus dalam kongres yang diadakan oleh Vatican’s Pontifical Academy of Social Sciences, the Child Dignity Alliance and the United Arab Emirates Government.

Kongres tersebut berlangsung selama dua hari, 14-15 November 2019.

Kongres yang diagendakan untuk membahas isu-isu terkait teknologi digital tersebut dihadiri oleh para pemimpin agama penting dari berbagai komunitas, para ahli, akademisi, pembuat kebijakan, dan pemimpin industri teknologi.

Kepada mereka semua Bapa Suci menegaskan, “Mari kita lihat mata mereka: mereka adalah putra dan putri Anda; kita harus mencintai mereka sebagai maha karya dan anak-anak Tuhan. Mereka memiliki hak untuk hidup yang baik, dan tugas kita harus bisa memastikan hal itu sungguh ada”.

Di satu sisi, kata Paus, perkembangan media informasi dan komunikasi sangat membantu anak-anak miskin yang hidup jauh dari pusat-pusat kota.

Namun di sisi lain, di sana juga tersedia gambar-gambar dan informasi tak senonoh, yang tidak layak dilihat oleh anak-anak.

Maka tugas kita, termasuk orangtua, adalah memastikan bahwa anak-anak kita memiliki akses yang aman terhadap teknologi komunikasi dan terhindar dari segala jenis pengaruh buruk teknologi digital.

BACA JUGA: Tersentuh! Pria ini Ungkap Kisahnya Saat Disembuhkan Padre Pio

“Penyebaran gambar-gambar pelecehan atau eksploitasi anak di bawah umur meningkat akhir-akhir ini dan melibatkan bentuk-bentuk pelecehan yang lebih serius dan keras kepada anak-anak di bawah umur, tegas Paus Fransiskus.

Segala imbauan normatif dan kecaman harus bisa diterjemahkan ke dalam aksi yang lebih nyata agar kita tidak membiarkan anak-anak kita terjerumus semakin jauh.

Inilah tugas kita bersama. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Vaticannews.va

NB : Tonton informasi seputar profil lengkap Mgr. Siprianus Hormat, Uskup baru Keuskupan Ruteng di bawah ini :

Artikel Terkait:

Jadwal Novena Besar St Antonius Padua di Tiga Gereja sekitar Jakarta

Tiwie Pert

Beginilah Paus Fransiskus Mengatur Jadwal Hariannya. Umat Katolik Bisa Meneladaninya!

Edeltrudizh

Merenungkan Sabda Tuhan, Daraskan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Kitab Suci Ini

Tiwie Pert

Leave a Comment