Katolikpedia.id

Paus Fransiskus : Gereja Adalah Rumah dan Tempat Ternyaman

gereja-adalah-rumah-pesan-paus-fransiskus

Katolikpedia.id – Beberapa waktu lalu, Paus Fransiskus memberikan pesan singkat kepada seluruh umat Katolik tentang makna gereja yang sesungguhnya.

Berikut adalah poin-poin penting yang disampaikan Paus Fransiskus :
#Gereja adalah tempat ternyaman

Gereja adalah rumah dari segala rumah, yang artinya selain rumah yang adalah tempat tinggal kita, gereja adalah rumah yang nyaman bagi umat Katolik.

 “Tuhan ingin Gereja-Nya menjadi rumah di antara rumah-rumah. Gereja adalah sebuah ‘tenda’ yang nyaman di mana setiap orang, bisa berjumpa dengan Dia yang telah datang untuk tinggal di antara kita,” kata Paus Fransiskus.

#Gereja adalah rumah bagi semua orang

Bapa Suci juga mengajak kita untuk melihat gereja sebagai rumah bagi semua orang, bukan milik kita sendiri atau milik orang kaya, atau sekelompok orang elit lainnya.

“Alangkah indahnya jika tetangga dan kenalan kita merasakan Gereja sebagai rumah mereka!” tegas Paus dalam homilinya itu.

Karena itulah, kita tidak perlu menghakimi mereka yang kadang menjauh atau jarang ke gereja selama ini. Sebagai umat Katolik, kita harus mengayomi dan memandang sesama umat sebagai saudara, bukan sebagai musuh.

“Jika kita menghindari mereka yang tampaknya hilang, maka kita bukan bagian dari Yesus. Kita diberi rahmat untuk bertemu semua orang sebagai saudara dan tidak memandang siapapun sebagai musuh.” ungkap Paus asal Argentina itu.

Paus mengajak kita untuk merenungkan kembali kisah Zakheus, seorang pemungut cukai, yang diingat Yesus, dicari, dan diundang untuk makan bersamanya.

Dari kisah Zakeus ini, kita tahu bahwa Yesus tidak akan membiarkan domba-dombanya hilang dan tersesat.

“Tidak ada seorang pun yang hilang dari Yesus,” lanjutnya.

#Gereja adalah tempat berbagi cinta

Dalam homilinya itu, Paus ingin agar semua umat Katolik tak hanya memandang gereja sebagai tempat ibadah, tapi juga sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang saling mencintai.

Mencintai dalam hal ini adalah memberikan kasih sayang yang tulus kepada mereka yang lemah, cacat, atau agak lemah dalam bidang ekonomi.

“Kita mesti mencintai yang miskin tanpa meminta balasan karena kita akan berharga di mata Tuhan.” Ujar Bapa Suci.

Sumber : catholicnewsagency.com

NB : Tim Katolikpedia.id sedang menjalankan program #travelrohani. Silakan tonton salah satu videonya di bawah ini. Jangan lupa Like, Share, Comment dan Subscribe ya.

Artikel Terkait:

Teladan Hidup dari Seorang Awam SS.CC yang Menyentuh Hati. Ia Telah Berpulang…

Admin

Setiap Hari, Dua Gereja Ini Merelakan Sebagian Bangku Gereja sebagai Tempat Tidur Orang Miskin

Steve Elu

5 Fakta yang Mengungkap Perbedaan Bulan Maria dan Bulan Rosario. Apa Saja?

Steve Elu

Leave a Comment