Katolikpedia.id

Misteri Paskah adalah Dasar Pertobatan Kita sebagai Orang Katolik

Dasar Pertobatan Kita Selama Prapaskah

Katolikpedia.id – Kita akan segera memasuki masa Prapaskah, yang ditandai dengan penerimaan Abu dalam Rabu Abu. Selama masa Prapaskah kita menyiapkan diri untuk menyambut Paskah, yang merupakan dasar pertobatan kita sebagai orang Katolik.

Prapaskah adalah masa di mana kita merenungkan dan mengusahakan pertobatan diri untuk menyongsong peristiwa Paskah. Misteri keselamatan dalam perayaan Paskah merupakan dasar pertobatan kita.

Paus Fransiskus secara khusus mengundang umat beriman untuk merangkul misteri Paskah sebagai dasar untuk pertobatan diri.

Dalam pesannya untuk Masa Prapaskah 2020, Paus Fransiskus menegaskan bahwa selama masa Prapaskah ini, kita diundang untuk memusatkan perhatian kepada Tuhan yang tersalib, dan membiarkan diri kita “diselamatkan berulang kali”.

BACA: St. Yohanes Bosco : Jangan Menjauh dari Komuni Kudus

“Paskah Yesus bukanlah peristiwa masa lalu; melainkan, melalui kuasa Roh Kudus yang selalu hadir, memungkinkan kita untuk melihat dan menyentuh dengan iman daging Kristus bagi mereka yang menderita,” tulis Paus Fransiskus

Salah satu hal yang tak boleh kita lewatkan dalam masa Prapaskah adalah doa. Doa selama masa Prapaskah, kata Bapa Suci, merupakan cara kita menanggapi kasih Allah yang selalu menopang dan membimbing kita.

“Dan kita juga dipanggil untuk mendengar dan menanggapi Firman Yesus, untuk mengalami “belas kasihan yang Dia berikan dengan bebas kepada kita,” katanya.

BACA: Sandra Dewi : Hidup Harus Beriman

Paus menegaskan, doa mengantar kita untuk mengerti dan memahami misteri Paskah. Dan menempatkan misteri paskah di pusat kehidupan kita berarti ikut merasakan belas kasih terhadap luka-luka Kristus tersalib, yang hadir dalam banyak korban perang, dalam serangan terhadap kehidupan, dan berbagai bentuk kekerasan.

Ia juga mengimbau kita untuk meningkatkan devosi kepada Perawan Maria yang Terberkati agar selama masa Prapaskah ini kita bisa membuka hati supaya mendengar panggilan Tuhan untuk diperdamaikan dengan diri-Nya, memperbaiki pandangan kita tentang misteri Paskah, dan dipertobatkan menjadi pribadi terbuka dan tulus berdialog dengan Allah.

Sumber: Vaticannews.va

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Cemas Karena Covid-19? Yuk, Coba Renungkan 10 Ayat Alkitab Ini!

Edeltrudizh

Kardinal Tagle Positif Covid-19. Mohon Dukungan Doa dari Umat

Edeltrudizh

Sadis! Begini Kronologi Pembunuhan Romo Juan Martin. Dia Imam Ke-27 yang Dibunuh

Steve Elu

2 comments

5 Pertanyaan Tentang Rabu Abu Yang Biasa Ditanyakan Oleh Umat Non Katolik | Katolikpedia.id February 25, 2020 at 8:31 pm

[…] BACA: Misteri Paskah adalah Dasar Pertobatan Kita sebagai Orang Katolik […]

Reply
Jadwal Misa Rabu Abu untuk Pegawai Kantoran di Jabodetabek February 25, 2020 at 9:01 pm

[…] Baca Juga : Misteri Paskah adalah Dasar Pertobatan Kita sebagai Orang Katolik […]

Reply

Leave a Comment