8 Pesan Paus Yohanes Paulus II tentang Pentingnya Doa

Katolikpedia.id – St. Yohanes Paulus II selain dikenal sebagai Paus, ia juga dikenal sebagai pribadi yang taat dalam doa. Paus asal Polandia ini bahkan menghabiskan tak bisa untuk menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari hanya untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Sebagai umat Katolik, terkadang kita juga punya keinginan untuk meneladani sikap doa yang diterapkan Paus Yohanes Paulus II ini dalam hidupnya.

Tapi, semua itu tidak mudah kan? Banyak sekali tantangan yang menghalangi keinginan kita itu. Misalnya, saat dilanda rasa letih akibat aktivitas yang menumpuk, kita cenderung malas dan kehilangan semangat untuk berdoa.

Sebagai manusia, Paus Yohanes Paulus II mengerti dengan kondisi kita ini. Karena itulah, ia memberikan pesan-pesan penting atau tips agar keseharian kita selalu diliputi semangat doa yang tinggi.

Inilah sejumlah pesan Paus Yohanes Paulus II tentang doa :
1. Jangan menjauh dari Tuhan

“Ingatlah bahwa kamu tidak pernah sendirian! Kristus akan selalu menyertai sepanjang perjalanan hidupmu!”

“Dia telah memanggil dan memilih kamu sebagai anak-anak Allah untuk hidup dalam kebebasan. Berbaliklah kepada-Nya dalam doa dan cinta. Minta Dia untuk memberikanmu keberanian dan kekuatan untuk hidup. Berjalanlah bersama Dia yang adalah ‘Jalan, Kebenaran, dan Hidup. ‘”.

ayat-kitab-suci(1)
Quotes kitab suci (Foto : Katolikpedia.id)
2. Berdoalah doa Rosario

“Rosario adalah doa favorit saya. Doa yang luar biasa! Luar biasa dalam kesederhanaan dan punya makna yang mendalam.”

3. Bangun dialog intim dengan Tuhan

“Doa adalah dialog intim dengan Tuhan yang memanggilmu untuk menjadi murid-Nya. Maka kamu harus mendahulukan kepentingan Tuhan dari kepentinganmu.”

“Jadilah pribadi yang dermawan dalam kehidupanmu. Renungkanlah setiap misteri Tuhan. Jadikan Ekaristi sebagai sumber dan puncak seluruh kehidupanmu.”

4. Berdoa dan berkorban

“Berdoa dan berkorban adalah kekuatan yang paling hakiki dalam sejarah hidup manusia.”

5. Harus setia

“Jika kamu benar-benar ingin mengikuti Kristus, jika kamu ingin cintamu bertumbuh dan bertahan, maka kamu harus setia dalam doa. Itu adalah kunci untuk bertahan hidup sebagai pengikut Kristus.”

“Tanpa doa, iman dan cintamu kepada Tuhan akan mati. Jika kamu terus-menerus berdoa setiap hari dan mengikuti Misa hari Minggu, cinta dan kasihmu kepada Yesus akan meningkat. Dan hatimu akan dipenuhi sukacita dan kedamaian yang mendalam yang tidak pernah kamu temukan di dunia ini. “

kutipan-paus-yohanes
Quotes Paus Yohanes II (Foto : Katolikpedia.id)
6. Harus punya semangat doa

“Belajarlah dari cara ketika Yesus sedang berdoa. Kita tahu bahwa doa-Nya ditandai dengan semangat sukacita dan pujian. ”

7. Jangan pernah berhenti berdoa

“Ketika sedang kesulitan, hal yang paling penting yang perlu dilakukan adalah jangan berhenti berdoa. Jangan menyerah!.”

“Beralihlah ke Alkitab dan Ekarisi. Renungkan ajaran dan kisah sengsara Yesus sebagaimana dicatat dalam Injil. Renungkan kebijaksanaan dan nasihat para rasul dan pesan-pesan dari para nabi. Cobalah untuk membaca doa-doa yang tersedia dalam kitab Mazmur. ”

8. Doa harus disertai hati yang lapang

“Ketika sedang berdoa, kamu harus menyadari bahwa doa bukan hanya meminta sesuatu kepada Tuhan atau mencari bantuan khusus, meskipun doa permohonan adalah cara berdoa yang benar. Tetapi doa juga harus ditandai dengan ucapan syukur, pujian, dan pemujaan. Mintalah pengampunan yang tiada hentinya dari Tuhan.”

“Jika kamu mengikuti nasihat Yesus, dan berdoa kepada-Nya terus-menerus, maka kamu akan belajar untuk berdoa dengan baik. Tuhan sendiri yang akan mengajarimu. ”

Pesan-pesan Paus Yohanes Paulus II ini akan selalu abadi hingga kapanpun, meskipun saat ini beliau sudah tiada. Jadi, maukah kamu menerapkan pesan-pesan ini dalam hidupmu?

Sumber : aleteia.org

NB : Tim katolikpedia sedang menjalankan program traverlrohani. Ini adalah salah satu video tentang program tersebut. Maukan sahabat Katolikpedia mendukung kami dengan cara LIKE, SHARE, COMMENT dan SUBSCRIBE? Terima kasih.

25,189 total views, 2 views today

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *