Katolikpedia.id

Pesan Paus Fransiskus Untukmu: Jangan Pernah Berhenti Berdoa

quotes-paus-fransiskus

Katolikpedia.id – Dalam audiensi umum, Paus Fransiskus membahas tiga perumpamaan Yesus yang menekankan pentingnya berdoa secara konstan yang sering dilakukan Yesus.

Yesus sudah memberikan contoh nyata bahwa doa adalah salah satu hal yang tak boleh terpisahkan dari aktivitas keseharian kita.

“Yesus telah memberikan contoh untuk terus berdoa dengan tekun,” kata Paus Fransiskus.

MOHON DUKUNGAN:

Paus mencatat bahwa Katekismus Gereja Katolik (KGK) melihat tiga perumpamaan yang secara khusus menyoroti karakteristik doa bagi umat Katolik.

#Perumpamaan tentang tamu tak terduga

Dalam perumpamaan tamu tak terduga yang datang di tengah malam, kita belajar bahwa doa haruslah ulet.

“Keuletan diperlukan bukan untuk menginformasikan atau meyakinkan Bapa, tetapi untuk memupuk keinginan dan harapan dalam diri kita, karena Bapa kita tahu betul apa yang kita butuhkan”

#Perumpamaan tentang hakim yang tidak adil

Perumpamaan tentang hakim yang tidak adil membantu kita memahami bahwa memilih menjadi seorang Katolik bukan pilihan yang temporer.

“Iman bukanlah pilihan sesaat, tetapi sebuah keputusan hati yang teguh untuk mengundang Tuhan hadir dalam hidup kita. Meski terkadang kita sering melawan-Nya, tapi yang utama adalah jangan menyerahkan diri kita pada kejahatan dan ketidakadilan.”

#Perumpamaan tentang orang Farisi dan pemungut cukai

Dan dalam perumpamaan tentang orang Farisi dan pemungut cukai, Yesus menunjukkan bahwa Tuhan tidak mendengarkan doa orang yang sombong.

“Dia mengabulkan doa orang yang rendah hati. Tidak ada doa yang benar tanpa semangat kerendahan hati.”

Lebih dalam lagi, Paus Fransiskus berpesan bahwa berdoa bukan saja dilakukan saat kita dalam suasana bahagia, tapi dalam suasana duka sekalipun.

Bapa Suci juga menyematkan 3 pesan penting yang perlu diperhatikan umat Katolik.

#1 Jangan pernah berhenti berdoa

“Apa yang dikatakan dalam Injil itu jelas,” kata Paus Fransiskus. Berdoa harus dilakukan dari hati. Dan jika kondisi hati sedang tidak baik-baik saja pun kita harus tetap berdoa.

Baca Juga: Paus Fransiskus : Hanya Tuhan yang Mencintai Kita dengan Sempurna

“Jangan pernah berhenti berdoa, bahkan ketika segala sesuatu tampak sia-sia. Bahkan ketika sulit untuk berdoa, dan bahkan ketika tampaknya Tuhan tidak mendengarkan, tetaplah bertahan dalam doa.”

#2 Orang yang tekun berdoa tidak akan pernah sendirian

Yesus selalu hadir di antara mereka yang berdoa dan Dia selalu menyambut doa-doa kita.

“Orang yang berdoa tidak pernah sendirian karena Yesus selalu menyambut kita. Kita berdoa di dalam Dia dan melalui Dia. Dan ini adalah pekerjaan Roh Kudus. “

#3 Orang yang tekun berdoa tidak takut akan apapun

Bapa Suci mengingatkan kita tentang pesan yang tertuang dalam Mazmur 91. Secara keseluruhan mazmur ini mengungkapkan keamanan orang yang sepenuhnya mengandalkan Allah dalam hidupnya.

 “Di dalam Kristus-lah, pesan yang tertuang dalam kita Mazmur ini digenapi. Di dalam Dia kita menemukan kebenaran yang sesungguhnya.

Yesus Kristus, kata Paus Fransiskus, “adalah segalanya bagi kita, bahkan dalam kehidupan doa kita.” Paus lalu mengutip pesan St Augustinus:

“Yesus berdoa bagi kita sebagai imam kita. Ia berdoa sebagai pemimpin kita, dan Dia adalah Tuhan kita.

quotes-paus-fransiskus-dan-santo-agustinus
Quotes St. Agustinus (Foto: Katolikpedia)

Oleh karena itu, Paus mangajak semua umat beriman untuk menyatukan doa-doa di dalam Yesus karena Dia selalu ada bersama kita. Inilah yang dimaksud Paus, “Mengapa orang Katolik yang tekun berdoa, tidak takut akan apa pun.”

Sumber: vaticannews.va

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Jadwal Misa Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Paroki-paroki di Jakarta Timur dan Bekasi

Admin

Siapa yang Pertama Kali Mendoakan Doa Rosario? Simak Faktanya!

Admin

Doa Katolik Sebelum Ujian. Sertakan Tuhan dalam Perjuanganmu!

Tiwie Pert

Leave a Comment