Katolikpedia.id

10 Quotes Katolik ini Bisa Meredakan Hatimu Ketika sedang Marah

quotes-tentang-kemarahan

Katolikpedia.id – Perasaan marah bisa menghampiri siapa saja, tapi itu tidak bisa dijadikan sebagai sebuah alasan untuk melampiaskannya pada teman, atau orang-orang di sekitar kita.

Kita perlu mengontrol rasa marah itu dengan sebaik mungkin, sehingga kejadian menjengkelkan yang terjadi, tidak mengubah suasana hati kita.

Sebagai umat katolik, ada banyak tips untuk meredakan hati ketika sedang marah. Selain berdoa dan menghayati ayat-ayat Alkitab, kita juga bisa merenungkan sejumlah quotes katolik ini.

Quotes Katolik tentang kemarahan ini berasal dari sejumlah santo dan santa dan juga dari Paus Fransiskus.

Sejumlah quotes katolik ini jika direnungkan dengan baik, maka kita bisa memanejemen perasaan emosi atau amarah dengan tenang, meski menerima perlakuan buruk.

Yuk, simak 7 quotes tentang kemarahan ini dan praktikkan dalam hidupmu sehari-hari!

#Quotes tentang kemarahan dari St. Paulus dari Salib

Salah satu quotes dari St. Paulus ini mengajarkan kita untuk meneladani sikap Yesus dalam jalan salib-Nya. Yesus tak banyak bicara. Ia lebih banyak merenungkan setiap penderitaan itu dalam hati-Nya.

St.Paulus ingin agar kita mengerti bahwa perasaan sakit atau emosi yang kita rasakan tidak sebanding dengan penderitaan Yesus.  Karena itu, cobalah menata hati sebaik mungkin agar tidak terpancing emosi. 

Quotes-tentang-kemarahan-st-paulus-dari-salib
(Foto: Katolikpedia.id)

Baca Juga: 6 Kutipan Inspiratif tentang Kekuatan Berdoa Rosario

#Quotes tentang kemarahan dari St. Efrem

St. Efrem dulunya dikenal sebagai seorang pemarah. Ia mudah sekali terpancing emosi. Untuk merubah kebiasaan buruknya itu, St. Efrem rutin berdoa dan bermatiraga hingga akhirnya berubah menjadi pribadi yang lemah lembut.

Bertolak dari pengalaman pribadi inilah, santo yang kerap dikenal dengan nama St. Efrem dari Siria ini mengajak kita untuk mencoba meredakan kemarahan dalam hati dengan cara berdoa.

quotes-tentang-kemarahan-st-efrem-dari-siria
(Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari St. Fransiskus de Paola

Santo Fransiskus de Paola merupakan seorang pertapa yang dikenal akan sikap lemah lembutnya. Maka tak jarang jika ia memberi pandangan kepada para pengikutnya agar punya sikap rendah hati dan lemah lembut.

Menurut St. Fransiskus de Paola, kemarahan hanya akan mendatangkan dosa bagi jiwa kita. Apalagi perasaan marah itu disertai dengan kata-kata umpatan kepada lawan bicara kita. So, belajarlah untuk menahan diri dan memanajemen emosi sebaik mungkin.

quotes-katolik-marah-st-fransiskus-de-paola
Quotes Katolik tentang kemarahan (Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari St.Teresa dari Avila

Mengendalikan kemarahan dalam diri memang tidak mudah. Sebagian orang mampu melakukannya dengan mudah, tapi tidak untuk yang lainnya.

Karena itu, St Teresa dari Avila mengajarkan kita untuk tegas dengan diri sendiri ketika sedang berhadapan dengan teman atau saudara yang memancing perasaan amarah. Tegas pada diri sendiri untuk tidak meluapkan aramah dan berkata kasar pada sesama.

quotes-katolik-marah-st-teresa-dari-avila
Tips mengatasi kemarahan (Foto: katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari St. Agustine

St.Agustine mengibaratkan amarah dalam hati itu seperti tanaman kecil. Jika kita menanamnya dalam hati dan terus memupuknya, maka kemarahan itu akan semakin besar mendiami hati kita.

quotes-katolik-tentang-kemarahan-st-agustine
(Foto: katolikpedia.id)

Baca Juga: 14 Ayat Alkitab tentang Amarah Ini Bisa Membantu Menenangkan Hatimu

#Quotes tentang kemarahan dari St.Fransiskus de Sales

Uskup dan Pujangga Gereja ini sangat tegas mengingatkan kepada semua pengikut Kristus untuk tidak menyimpan kemarahan dalam hati dengan alasan apa pun.

quotes-tentang-kemarahan-st-fransiskus-de-sales
(Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari Paus Fransiskus

Paus Fransiskus menganjurkan kita sebagai umat Katolik untuk mengutamakan kasih, seperti yang Yesus ajarkan.

Ketika sedang marah dengan sesama atau siapa pun itu, mendoakannya adalah cara terbaik, bukan menghujaninya dengan kata-kata kasar.

quotes-paus-fransiskus-tentang-kemarahan
Quotes Paus Fransiskus (Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari St.Fransiskus de Sales

Kalau kamu adalah pribadi yang mudah marah, maka quotes st. Fransiskus de Sales ini sangat cocok kamu renungkan. Ingat, jangan terburu-buru tapi cobalah untuk menenangkan dirimu!

quotes-tentang-kemarahan
(Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari St. Thomas dari Villanova

Santo Thomas dari Villanova menganggap semua orang dalam hidupnya sebagai saudara, bukan musuh. Dari katakombe.org, dikatakan bahwa st. Thomas adalah Uskup yang sangat rendah hati.

Saking rendah hatinya, ia justru menyalahkan dirinya sendiri jika ada orang yang berkata kasar atau memarahinya. Menurutnya, karena sikapnya yang mungkin kurang baik, sehingga lawan bicaranya marah padanya.

quotes-katolik-amarah
(Foto: Katolikpedia.id)

#Quotes tentang kemarahan dari Bunda Teresa

Bunda Teresa adalah sosok yang sangat mengagumkan dan terkenal. Bahkan popularitasnya bukan hanya di kalangan Katolik, tapi di seluruh dunia.

Banyak kata bijak yang datang darinya. Salah satunya, adalah tentang perasaan amarah yang sering kita alami.

Ia sangat tidak setuju jika kemarahan itu berujung pada teriakan kata kasar kepada lawan bicara. Baginya bila dua orang sedang bermarahan, itu artinya hati mereka sedang berjauhan.

quotes-katolik-tentang-kemarahan-bunda-teresa
(Foto: Katolikpedia.id)

Itulah sejumlah quotes Katolik yang bisa kita jadikan pedoman untuk mengendalikan perasaan amarah dalam hati kita. Yuk, coba terapkan dalam keseharian kita!

Sumber: pinterest.com, staugny.org, whitelilyoftrinity.com

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Sandra Dewi : “Jangan Putus Asa Jika Doamu Belum Dikabulkan Tuhan”

Admin

Hai OMK, Manfaatkan Potensimu, Beranilah Melangkah dan Yakinlah kepada Tuhan

Fr Andreas Anggit W.

Paus Fransiskus : Tetaplah Tersenyum, Meski Hidupmu Terasa Sulit

Edeltrudizh

Leave a Comment