Katolikpedia.id

Rencananya, Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia Tahun Ini

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia

Kotolikpedia.id – Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia tahun ini, 2020. Hal itu diungkapkan oleh Katib Aam PBNU, Yahya Cholil Staquf, usai bertemu Paus Fransiskus di Vatikan.

Gus Yahya, demikian biasa ia disapa, berada di Vatikan pada 14-17 Januari 2020. Ia berada di pusat agama Katolik seluruh dunia itu untuk menghadiri pertemuan Forum Inisiatif Agama-agama Ibrahim atau Abrahamic Faiths Initiative.

Forum itu dihadiri 18 tokoh dari agama-agama Ibrahim, salah salah satunya dari Indonesia yakni Gus Yahya. Pertemuan ini berlangsung di Universitas Gregoriana Roma.

Di sela-sela pertemuan itu, seperti dilansir dari Catholic News Agency, (18/1/2020), Gus Yahya bertemu dengan Paus Fransiskus pada 15 Januari 2020. Usai tatap muka itu, kepada Catholic News Agency, Gus Yahya mengatakan bahwa Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia pada tahun ini.

Kunjungi tiga negara

Dalam rencana perjalanan tersebut, pimpinan tertinggi umat Katolik seluruh dunia itu akan mengunjungi tiga negara sekaligus yakni Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Rencananya, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia itu dijadwalkan terlaksana pada September 2020. Sejauh ini, pihak Vatikan belum mengonfirmasi rencana perjalanan Paus Fransiskus itu.

BACA: Tugas Orang Muda Katolik Menurut Paus Fransiskus. Lakukan Agar Masa Depanmu Cerah

Namun, rencana kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini tersebut merupakan hal yang menarik dan sangat spesial. Sebab, ketiga negara ini memiliki ciri khas masing-masing.

Indonesia adalah rumah bagi populasi Muslim terbesar di dunia. Sedikitnya 229 juta umat Muslim ada di Indonesia; lebih dari 12% dari populasi Muslim global. Meski demikian, Indonesia mampu menjaga toleransi antar umat beragama. Bahkan, enam agama bisa hidup dan berkembang di Indonesia.

Fakta ini yang disinyalir sebagai salah satu alasan bagi Paus Paulus VI dan Paus St Yohanes Paulus II mengunjungi Indonesia. Paus Paulus VI mengunjungi ke Indonesia pada 1970 dan Paus St Yohanes Paulus II pada 1989.

Sementara Timor Leste merupakan negara baru setelah resmi pisah dari Indonesia pada 1999. Lebih dari 1 juta orang tinggal di Timor Timur; lebih dari 98% dari mereka adalah Katolik. Ini adalah salah satu dari sedikit negara mayoritas Katolik di Asia Tenggara.

Paus St. Yohanes Paulus II mengunjungi Timor Timur, waktu itu masih menjadi bagian dari Indonesia pada 1989.

Dan Papua Nugini adalah negara dengan keanekaragaman budaya yang cukup besar, terdiri dari komunitas tradisional kecil dari berbagai kelompok. Hampir semua warga Papua Nugini beragama Kristen, dan 26 persen penduduknya beragama Katolik. Paus St. Yohanes Paulus II mengunjungi Papua Nugini pada tahun 1984.

Berita tentang rencana Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia ini sudah berkembang beberapa tahun terakhir. Kita berharap agar rencana kunjungan itu bisa segera terwujud.

Artikel Terkait:

Taman Doa Regina Rosari, Wisata Rohani Katolik Favorit di Kota Cirebon

Edeltrudizh

Serahkan Anak-anakmu Kepada Bunda Maria Melalui Doa Ini

Admin

Setiap Hari, Dua Gereja Ini Merelakan Sebagian Bangku Gereja sebagai Tempat Tidur Orang Miskin

Steve Elu

3 comments

Ini Tanggapan Kardinal Suharyo tentang Rencana Paus Fransiskus Datang Ke Indonesia | Katolikpedia.id January 20, 2020 at 12:23 pm

[…] BACA: Rencananya, Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia Tahun Ini […]

Reply
Puji Tuhan! Jokowi Akhirnya Undang Paus Fransiskus ke Indonesia January 26, 2020 at 8:40 pm

[…] Baca Juga : Rencananya, Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia Tahun Ini […]

Reply
Maukah Kita Terapkan Belas Kasih Injil dalam Hidup Sehari-hari? Jawabanmu… | Katolikpedia.id February 19, 2020 at 6:29 pm

[…] BACA: Rencananya, Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia Tahun Ini […]

Reply

Leave a Comment