Katolikpedia.id

Roh Kudus adalah Jaminan Kita untuk Tinggal di dalam Allah dan Tidak Korupsi

Paus Fransiskus dan Roh Kudus bagi Gereja

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus menegaskan, Roh Kudus adalah jaminan kita sebagai umat Katolik untuk tetap tinggal di dalam Allah. Ia membimbing kita untuk terhindar dari segala macam bentuk godaan korupsi.

“Roh Kudus adalah jaminan bahwa Allah tetap ada di dalam diri kita. Kehidupan umat kristiani mesti mengikuti Roh Kudus dan bukan roh dunia,” kata Paus Fransiskus di kediamannya, Casa Santa Martha, Vatikan, Italia.

Sebab, menurut Bapa Suci, semangat dunia bisa membuat kita tidak sadar diri. Karena itu, kita membutuhkan peran Roh Kudus dalam ziarah hidup kita.

BACA: 5 Kisah Masa Kecil Paus Fransiskus yang Jarang Diketahui; Diungkap oleh Sepupunya

Ia menjelaskan, pada Perjamuan Terakhir Yesus tidak meminta Bapa untuk mengeluarkan para murid dari dunia, karena kehidupan Kristen ada di dunia. Melainkan Ia meminta Bapa untuk melindungi kita.

Perlindungan dari Tuhan terwujud dalam kehadiran Roh Kudus. Maka, untuk tetap tinggal di dalam Allah, kita harus meminta karunia ini dari Roh Kudus, yang merupakan jaminan kita. Dengan demikian, kita tahu bahwa kita tetap di dalam Tuhan.

Korupsi lebih buruk dari dosa

Paus Fransiskus kemudian menyoroti pesta tahun baru yang baru saja lewat. Ia menyindir sebagian masyarakat kita yang menghambur-hamburkan uang untuk merayakan pesta pergantian tahun 2019 ke 2020.

Katanya, merayakan Tahun Baru dengan keduniawian yang mengerikan, membuang-buang uang adalah sebuah bentuk korupsi. Dan korupsi lebih buruk dari dosa.

Pernyataan Sri Paus ini, seperti dilansir dari Vaticannews.va (8/1/2020), merujuk pada sebuah pesta perayaan Tahun Baru oleh sebuah komunitas Kristen di sebuah kota wisata, yang menurut Paus pesta tersebut berlebihan.

“Roh Kudus menuntun Anda kepada Allah, dan jika Anda berdosa, Roh Kudus melindungi Anda dan membantu Anda untuk bangkit, tetapi roh dunia membawa Anda kepada kerusakan, sampai-sampai Anda tidak tahu apa yang baik dan apa yang ada,” ujarnya tegas.

Lantas, bagaimana mengenali itu Roh Kudus atau roh dunia? Menurut Paus, ini sederhana. Cobalah untuk menganalisa: roh dunia membawa kita kepada ketidaksadaran, tidak membedakan dosa. Sementara Roh Kudus mengantar kita kepada sukacita ilahi.

Paus Fransiskus menyarankan kepada setiap kita untuk bertanya pada diri sendiri sekali atau dua kali sehari, apakah ide atau perbuatan kita benar-benar datang dari Tuhan atau dari dunia.

Selamat memasuki retret panjang selama tahun 2020 ini. Paus Fransiskus sudah mengingatkan kita sejak awal untuk sadar bahwa Roh Kudus adalah jaminan untuk tetap tinggal dalam kasih-Nya. Tinggal bagaimana kita berjuang agar tidak berpaling dari jalan Allah.

Artikel Terkait:

Jadwal Misa Kenaikan dan Penutupan Bulan Maria di Area Jakarta

Edeltrudizh

Di Tengah Kesibukan Bekerja, Kita Tetap Bisa Berdoa dengan Tenang. Kapan dan Di mana?

Steve Elu

Transportasi Menuju Gua Maria Rangkasbitung, Mudah Terjangkau dari Jakarta

Steve Elu

Leave a Comment